Home alat keselamatan kerja 22 Jenis-Jenis Alat Keselamatan Kerja Dan Beberapa Fungsinya
alat keselamatan kerja

22 Jenis-Jenis Alat Keselamatan Kerja Dan Beberapa Fungsinya

by Happy Puspa

22 Jenis-Jenis Alat Keselamatan Kerja Dan Beberapa Fungsinya

Alat Keselamatan Kerja – Setelah kita membahas mengenai definisi K3 sampai undang-undang yang turut mengatur keselamatan pekerja secara singkat. Berikut beberapa  penjabaran tentang peralatan K3 beserta dengan fungsi-fungsinya.

alat keselamatan kerja
  1. Helm Pengaman

Helm pengaman atau topi pelindung akan  berguna untuk melindungi bagian kepala pada pekerja dari berbagai paparan bahaya. Seperti pada contoh dengan kejatuhan benda maupun paparan aliran listrik. Ketika akan menggunakan peralatan K3 yang  satu ini, disarankan sesuai dengan lingkar kepala pekerja agar tetap nyaman ketika digunakan dan efektif dalam melindungi.

2. Kacamata Pengaman (Safety Glasses)

3. Masker

4. Respirator

5. Pelindung Wajah

6. Penutup Telinga (Ear Muff)

7. Penyumbat Telinga (Ear Plug)

Ketika anda ingin menggunakan alat ini akan  dapat menghalau atau menghambat suara rebut yang akan dapat merusak organ dalam telinga. Intensitas suara yang dapat berkurang 10dB hingga 15dB. Dan Ada dua jenis ear plug, untuk beberapa jenis yang pertama dan dapat dipakai berulang kali atau non disposable dan satunya lagi hanya akan dapat digunakan dalam sekali pakai atau disposable.

8. Wearpack atau Coverall

Wearpack merupakan pakaian  yang khusus yang akan digunakan para pekerja saat berada di lingkungan kerja yang memiliki risiko yang tinggi. Biasanya pakaian ini akan menutupi leher sampai mata kaki yang di mana bias untuk  mengamankan dan melindungi seluruh bagian pada tubuh. Bahan yang akan digunakan biasanya drill ataupun katun untuk pekerja yang tidak berhubungan langsung dengan api.

9. Rompi Safety

Peralatan untuk  K3 ini merupakan komponen untuk alat pelindung diri kesehatan untuk  pekerja yang biasanya akan bertugas pada malam hari atau ketika berada di lokasi kerjanya tidak memadai dalam hal penerangan. Rompi yang baik juga biasanya berbahan poliester dan pastinya akan mampu memantulkan cahaya. Itu Dikarenakan telah didesain khusus dengan beberapa tambahan sebuah reflektor.

10. Sepatu Pelindung (Safety Shoes)

Safety Shoes atau Sepatu untuk Pelindung adalah perlengkapan yang akan berguna dalam melindungi bagian kaki dari sebuah bahaya pada benda tajam, kejatuhan benda, larutan kimia ini bahkan aliran listrik. Sepatu dengan jenis ini biasanya akan  lebih tahan lama sehingga akan  dapat digunakan secara optimal dalam waktu yang panjang.

11. Sepatu Karet atau Boots

12. Sarung Tangan (Safety Gloves)

13. Rain Coat

14. Pelampung (Safety Life Vest)

15. Sabuk Pengaman (Safety Belt)

16. Body Harness

Alat Keselamatan Kerja – Body Harness adalah  perlengkapan yang akan berfungsi untuk melakukan pekerjaan yang ada di atas ketinggian. Alat ini juga dapat menghindari kemungkinan bahwa tubuh akan terjatuh. Dan Dipakai di seluruh tubuh dan akan ada tambatan atau pengaman yang terletak dibagian dadanya.

17. Safety APAR

Selain pelindung diri, ada juga alat yang akan berguna sebagai alat perlindungan diri, untuk keselamatan dari adanya bahaya kebakaran yang ada di lokasi proyek. Alat Pemadam untuk Api Ringan atau APAR yang merupakan alat yang dapat mengendalikan api atau akan dapat memadamkan api dalam skala yang ringan. Biasanya dengan berbentuk tabung dengan isi bahan pada pemadam api bertekanan tinggi.

18. Detektor

Detektor merupakan peralatan dari K3 yang akan berfungsi sebagai pendeteksi dari berbagai potensi dengan kecelakaan yang ada. Karena Alat ini juga dapat mendeteksi munculnya gas karbon monoksida, asap yang akan memicu kemunculan api, temperatur dari arus listrik bahkan dalam mendeteksi hambatan.

19. Alarm

20. Relief System

21. Pelindung Fisik (Physical Guard)

Alat untukn keselamatan kerja ini berguna untuk mencegah bebrapa pekerja dalam melakukan kontak fisik langsung dengan beberapa energi atau bahan yang akan berbahaya. Contohnya, pada alat rockwool yang akan dipasang di pipa yang akan dapat mencegah pekerja untuk kontak langsung dengan energi panas yang akan dihasilkan

22. Alat Penyelamat

Alat Keselamatan Kerja – Peralatan untuk K3 terakhir yang pastinya juga harus ada di area kerja atau proyek, yakni kotak penyelamat P3K. Alat ini juga akan dapat digunakan apabila ada suatu kecelakaan serta akan dapat berfungsi untuk mengurangi rasa sakit atau dampak yang akan ditimbulkan dari suatu kecelakaan kerja.

Untuk info tentang Alat Keselamatan Kerja klik di sini