Home Bisnis 6 Metode Pembuatan Plastic Pallet, Hasil Kuat dan Tahan Lama
pallet plastik b513

6 Metode Pembuatan Plastic Pallet, Hasil Kuat dan Tahan Lama

by Happy Puspa

Tahukah Anda seperti apa metode pembuatan plastic pallet? Ya, mungkin Anda selama ini hanya mengetahui bentuk jadinya, namun tidak mengetahui bagaimana metode pembuatannya yang beragam. Oleh karenanya, melalui artikel ini, kami akan membagikan berbagai metode pembuatan plastic pallet selengkapnya.

Seperti diketahui, belakangan ini pallet plastic lagi diburu banyak industri karena karakternya yang kuat, tahan lama, tahan panas, tahan berbagai cuaca dan anti air. Semua karakter itu dapat terbentuk dari metode pembuatan yang tidak mudah dan membutuhkan teknologi canggih.

Metode Pembuatan Plastic Pallet

Di bawah ini, kami jelaskan sejumlah metode pembuatan plastic pallet agar kuat, tahan lama, tahan panas, tahan berbagai cuaca dan anti air. Simak dengan saksama ya!

1. High Impact Inject Moulding

Pada tahap pertama ini dilakukan pressing pada campuran plastik panas ke dalam cetakan. Proses ini membikin pallet menjadi kokoh dan beratnya dapat direduksi. Sehingga, terbentuklah pallet plastik yang kuat dan tahan lama serta padat.

2. Structural Foam Injection Moulding

Seperti namanya, metode structural foam injection moulding dilakukan dengan menyuntikkan plastik panas ke dalam cetakan, dengan tekanan rendah. Pallet plastik yang dibuat dengan metode ini akan memiliki karakter ringan, fleksibel namun kuat menahan benda yang sangat berat di atasnya.

Menariknya, metode structural foam injection moulding bisa menggunakan bahan daur ulang plastik. Ini penting demi menjaga kelestarian lingkungan.

3. Rotational Moulding

Produsen yang memproduksi plastic pallet tipis biasanya menggunakan metode rotational moulding. Ya, metode ini memang dikhususkan utuk pembuatan plastic pallet tipis dengan kekuatan yang terbatas. Jadi, plastic pallet disarankan untuk menahan beban dengan bobot yang tidak terlalu berat.

Metode rotational moulding tidak membutuhkan biaya produksi yang tinggi. Bahkan, peralatan yang digunakan cenderung lebih murah dibandingkan dua metode yang telah kami paparkan di atas.

4. Vacuum Thermoforming

Metode vacuum thermoforming lebih sering digunakan untuk pembuatan pallet plastik custom. Metode ini dilakukan dengan mengaplikasikan cetakan clamshell yang diisi biji plastik. Lalu, cetakan itu diputar di atas sumber panas.

Proses pemuatan pallet plastik dengan menggunakan vacuum thermoforming cenderung memakan banyak waktu. Namun, biaya yang dikeluarkan cukup murah seperti metode rotation moulding.

5. Twin Sheet Thermoforming

Metode twin sheet thermoforming, secara garis besar, sama dengan vacuum thermoforming. Hanya, metode ini mengaplikasikan dua lempar plastik untuk dijadikan pallet plastik di atas sumber panas.

Pallet plastik yang dibuat dengan metode twin sheet thermoforming akan memiliki karakter yang kuat, Bahkan, sekalipun pallet plastik terkena benturan berkali-kali (misalnya: dengan forklift), kerusakan yang timbul sangat mungkin hanya sedikit. Selain itu, metode ini juga ampuh membikin pallet plastik menjadi tahan lama.

6. Blow Moulding

Metode blow moulding diaplikasikan dengan cara meniupkan atau menghembuskan udara pada plastik panas ke cetakan. Tujuannya, agar plastik panas itu membentuk pallet plastik sesuai dengan cetakan yang ada.

Pada umumnya, pallet plastik yang dibuat dengan metode blow moulding memiliki karakter yang tidak terlalu kuat. Sehingga, dalam penggunaannya, disarankan pallet plastik hanya untuk memuat atau menahan benda-benda yang berbobot ringan. Dengan begitu, tingkat keawetan pallet plastik menjadi lebih lama.

Itulah enam metode pembuatan plastic pallet, mulai dari high impact inject moulding hingga blow moulding. Dari sini, kita dapat mengetahui ternyata ada banyak metode yang dapat diaplikasikan untuk pembuatan plastic pallet.

Related Posts