Home Tips Air Sumur mu Kuning ? Begini Cara Jernihkan nya

Air Sumur mu Kuning ? Begini Cara Jernihkan nya

by Happy Puspa

Air merupakan salah satu keperluan penting bagi manusia, mulai dari keperluan untuk minum sampai mencuci. Tak ada air serupa bersama dengan tak ada kehidupan. Oleh sebab itu, air yang bersih sangat dibutuhkan untuk kelangsungan hidup manusia.

Bagi beberapa lokasi yang sudah terjamah oleh perusahaan air minum, air yang bersih dan jernih tentu dapat sangat enteng diperoleh. Lantas, bagaimana bersama dengan lokasi yang belum dijangkau oleh perusahaan air minum dan masih mengandalkan sumber air dari sumur?

Baca juga rekomendasi distributor : water meter amico

Air yang didapat dari sumur cenderung bermasalah. Pada umumnya, air dari sumur tidak sangat bersih, keruh, dan kekuningan. Nah, air bersama dengan persyaratan tersebut tentu tidak aman untuk dikonsumsi. Untuk itu, Bacaterus hendak menambahkan solusi langkah menjernihkan air sumur secara alami dan ekonomis.

Saat ini banyak sumur memiliki kualitas air yang jelek sebab dibuat di tempat atau lingkungan yang tidak cukup sesuai.

Oleh karena itu sebelum menjernihkan air sumur, perhatikan terlebih dahulu beberapa kriteria sumur yang baik berikut ini:

  • Sumur memiliki kedalaman lebih dari 10 meter
  • Jarak antara sumur dengan MCK atau toilet minimal 10 meter, jika melebihi 10 meter akan lebih baik. Ini untuk memastikan air sumur tidak tercemar oleh limbah kamar mandi yang merembes ke dalam sumur
  • Jika ingin menggali sumur, hindari lahan atau tanah yang dulunya pernah digunakan sebagai tempat pembuangan sampah. Meskipun sudah tidak ada sampahnya, tetapi kuman dan bakterinya tetap tertinggal di lahan tersebut
  • Tekstur tanah bercampur pasir merupakan tempat penggalian sumur yang ideal. Pasalnya, pasir bisa menjaga kejernihan air sumur secara alami
  • Hindari membuat sumur di area bekas rawa, sebaiknya buat sumur di dekat tanah yang ditumbuhi tanaman berakar karena jenis tanaman itu banyak mengandung air

Setelah Anda mendapatkan daerah yang tepat untuk sebabkan sumur, maka mulailah menggali sumur baru. Akan tetapi, jikalau sumur sudah tersedia, maka Anda hanya kudu melacak langkah untuk menjernihkan air sumur tersebut. Berikut adalah lebih dari satu bahan alami yang berfaedah untuk menjernihkan air sumur yang menguning dan berminyak:

  1. Tawas

Batuan kecil berwarna putih ini sepintas keluar serupa bersama dengan gula batu. Akan tetapi, gula batu memiliki warna bening, namun tawas berwarna sedikit lebih putih. Untuk mendapatkan tawas, Anda sanggup membelinya di toko bangunan. Cara menjernihkan air sumur bersama dengan tawas adalah:

Hancurkan tawas hingga jadi halus
Masukkan tawas ke di dalam wadah berisi air dan aduk hingga larut
Tuang larutan air dan tawas ke di dalam sumur

Pastikan Anda melarutkan tawas bersama dengan air terlebih dahulu sebelum digunakan untuk menjernihkan air sumur. Selain itu, mengatur jumlah tawas yang digunakan bersama dengan ke di dalam sumur. Sebagai permulaan, cobalah mengfungsikan 1 kg tawas terlebih dahulu. Jika air tak kunjung jernih, tambahkan tawas ½ – 1 kg lagi.

  1. Ijuk

Ijuk merupakan serat pepohonan yang dikenal sebagai bahan baku untuk sebabkan sapu. Faktanya, ijuk juga sanggup digunakan untuk menjernihkan air sumur, lho! Berikut adalah langkah menjernihkan air bersama dengan ijuk:

Gunakan ijuk bersifat lingkaran yang memiliki diameter tidak cukup lebih 1 meter
Ambil 5 rangkaian ijuk, lalu tumpuk dan jalin kelima rangkaian ijuk bersama dengan tali yang ditambah bersama dengan pemberat
Masukkan rangkaian ijuk ke di dalam sumur. Untuk mendorong ijuk hingga ke dasar sumur, dorong bersama dengan sebilah bambu
Agar ijuk tidak mengapung ke atas, tindih bersama dengan lebih dari satu batu bata
Sebagai catatan, proses menjernihkan air sumur bersama dengan mengfungsikan ijuk ini tidak menambahkan hasil secara instan. Anda kudu menunggu lebih dari satu hari lantas untuk menyaksikan kejernihan air di di dalam sumur tersebut.

  1. Arang Tempurung Kelapa

Tahukah Anda bahwa arang tempurung kelapa mempunyai kandungan karbon aktif yang sanggup mengikat kotoran? Kandungan inilah yang sebabkan arang kelapa sanggup menjernihkan air, terlebih air sumur. Cara mengaplikasikan arang kelapa sebagai penjernih air sumur cukup, yaitu:

Bungkus arang kepala mengfungsikan kain
Masukkan ke di dalam sumur

Sesuaikan jumlah arang kelapa bersama dengan kedalaman sumur Anda, jangan terlampau banyak dan jangan pula terlampau sedikit. Arang kelapa ini sanggup Anda dapatkan bersama dengan gampang di warung atau toserba jikalau Anda tidak mendambakan repot membuatnya sendiri.

  1. Menguras Sumur

Apabila ketiga langkah di atas tidak sanggup menjernihkan air di dalam sumur, maka Anda kudu coba untuk menguras sumur itu. Pasalnya, air yang keruh dan kotor juga sanggup disebabkan oleh lumut yang tumbuh di dinding sumur. Di samping itu, mungkin dasar sumur juga sudah dipenuhi bersama dengan lumut supaya air jadi kekuningan dan kotor.

Related Posts