Home Kesehatan Sekilas Tentang Alat Kejut Jantung (Defibrillator)
alat kejut jantung defibrillator

Sekilas Tentang Alat Kejut Jantung (Defibrillator)

by Happy Puspa

Barangkali anda pernah melihat satu adegan di televisi, seorang dokter sedang melakukan tindakan pada pasien dengan sepasang benda yang mirip dengan setrika. Benda tersebut ditempelkan pada dada pasien kemudian beberapa detik pasien tersentak. Tahukah anda apa yang dilakukan dokter ? dan apa yang digunakan dokter untuk melakukan tindakan tersebut ? Kita akan ketahui sesaat lagi.

Pengertian Alat Kejut Jantung (Defibrillator)

Alat Kejut Jantung atau dalam bahasa medis disebut dengan Defibrillator. Yaitu sebuah alat medis Elektromedik yang berfungsi untuk memberikan stimulus berupa kejutan listrik tegangan tinggi dalam kadar tertentu dengan yang berguna untuk mengembalikan irama jantung yang tidak normal. Bagaimana bisa ?

Prinsip Kerja Alat Kejut Jantung

Perkembangan teknologi dari masa ke masa semakin pesat, tidak jarang banyak penemuan – penemuan teknologi dalam dunia kesehatan yang mengherankan. Begitu juga dengan alat kejut jantung ini. Sengatan listrik yang mematikan malah dapat menolong dan bermanfaat untuk pasien gangguan jantung atau seseorang yang mengalami henti jantung.

Pada prinsipnya adalah kejutan listrik dalam kadar tertentu dengan memperhitungkan analisa detak jantung (EKG) serta impedansi pasien membuat jantung serasa direstart (dimulai ulang). Sehingga akan kembali berdetak dengan normal kembali.

Bagian – Bagian Alat Kejut Jantung

Sebagaimana sudah kita sebutkan dibagian atas bahwa ada satu komponen yang dikenakan oleh dokter berupa benda mirip setrika. Memang ada beberapa macam jenis alat defibrillator namun demikian secara umum alat defibrillator harus memenuhi komponen sebagai berikut :

  • Bantalan Elektroda – Inilah yang disebut dengan benda mirip setrika. Sebuah lempeng logam yang berfungsi untuk mengalirkan Listrik dari mesin defibrillator ke tubuh pasien.
  • Baterai – Berbicara tentang arus listrik dan tegangan, sudah pasti tidak jauh – jauh dari baterai. Defibrillator dibekali dengan baterai yang cukup besar untuk digunakan di lapangan
  • Mesin Defibrillator – Bagian terpenting dari sebuah unit defibrillator. Di dalamnya terdapat berbagai macam modul komponen saling terkait, termasuk sistem analisa ekg, sistem energi selection, dan lain sebagainya.

Harga Defibrillator ?

Sudah menjadi rahasia umum, alat kesehatan yang memiliki peranan penting dalam penanganan pasien pasti cenderung memiliki harga yang mahal. Tidak terkecuali dengan alat Defibrillator ini. Untuk informasi pastinya, anda bisa kunjungi www.jualdefibrillator.com situs toko defibrillator resmi di Indonesia yang menjual berbagai macam model, tipe dan merk alat defibrillator. Sekian, semoga bermanfaat.

Related Posts