Home Kesehatan Alat Kesehatan Khusus Yang Digunakan Untuk Pasien Bayi
alat kesehatan khusus untuk pasien bayi

Alat Kesehatan Khusus Yang Digunakan Untuk Pasien Bayi

by Happy Puspa

Pada kesempatan yang telah lalu, kita telah mengenal ada beberapa macam alat kesehatan yang digunakan di pusat – pusat pelayanan medis baik rumah sakit ataupun klinik. Kali ini kita masih akan membahas tentang alat kesehatan atau alat medis, namun secara khusus yang digunakan pada pasien Bayi atau secara bahasa medis disebut Neonatal atau Infant. Apa sajakah alat tersebut ? Silahkan lanjutkan membaca !

Beberapa Contoh Alat Kesehatan Khusus Bayi

1. Infant Warmer

Dari nama yang digunakan kita sudah dapat memastikan bahwa alat ini adalah sebuah alat khusus yang digunakan untuk pasien Bayi. Nama alat ini menggunakan kata – kata “Infant” yang berarti Bayi. “Warmer” berarti penghangat. Ya, alat ini memiliki fungsi untuk menghangatkan bayi yang yang baru lahir apabila kondisinya butuh dihangatkan. Biasanya bayi dengan gangguan hipotermia perlu dilakukan pemberian terapi hangat beberapa waktu hingga suhu tubuhnya dapat menyesuaikan dengan suhu lingkungan.

2. Inkubator Bayi

Selain Infant Warmer, Inkubator Bayi juga merupakan alat kesehatan khusus untuk pasien bayi. Seperti halnya Infant Warmer. Nama alat ini juga mengandung kata “Bayi” oleh sebab itu, alat ini jelas secara khusus digunakan untuk pasien bayi. Infant Incubator atau Inkubator Bayi adalah alat medis yang digunakan untuk merawat bayi yang terlahir prematur dengan cara intensive.

3. Neopuff

Secara umum, alat ini merupakan alat bantu pernafasan. Namun secara khusus, alat ini hanya dibuat dengan spesifikasi yang tepat untuk penggunaan pada pasien bayi atau infant. Pada bayi – bayi prematur dengan gangguan pernapasan yang berat, alat ini dikenakan dengan menggunakan masker khusus atau selang yang dihubungkan dengan saluran pernafasan pasien untuk membantu fungsi pernafasan agar tetap bisa mensuplay oksigen ke seluruh tubuh. Oleh sebab itu, Neopuff sangat penting dan harus ada di rumah sakit ataupun klinik, khususnya untuk rumah sakit yang melayani persalinan dan perawatan bayi.

4. Lampu Fototerapi Bayi Kuning

Sebagian bayi dengan gangguan kadar bilirubin berlebih akan memiliki warna kekuningan pada kulit dan matanya. Bila kadar bilirubin terlalu tinggi maka harus dibantu dikurangi atau dipecah. Menggunakan cahaya biru, lampu ini dapat membantu memecah kadar bilirubin dalam darah bayi sehingga kondisinya stabil kembali. Kondisi ini umumnya terjadi karena fungsi hati yang belum sempurna.

5. Infant Bed

Kita beralih dari alat – alat dengan penanganan emergency ke alat penunjang namun harus ada di rumah sakit ataupun klinik. Yaitu Bed Pasien khusus Bayi atau disebut dengan infant bed. Ranjang ini memiliki ukuran yang hanya cukup untuk ukuran bayi. Dilengkapi dengan pelindung di bagian tepi kanan, kiri, depan dan belakang. Umumnya Infat Bed memiliki ukuran standar ranjang pasien secara umum dan dilengkapi dengn roda untuk memudahkan mobilisasinya.

Related Posts