Home Uncategorized Apa Bedanya Ice Cream dan Gelato, Selain Teksturnya
Apa Bedanya Ice Cream dan Gelato

Apa Bedanya Ice Cream dan Gelato, Selain Teksturnya

by Happy Puspa

Apa Bedanya Ice Cream dan Gelato – Gelato vs ice cream, kira-kira mana yang lebih enak, ya? emangnya beda? Padahal kan sama-sama jenis makanan beku. Dilihat dari bentuknya, gelato dan ice cream memang sangatlah mirip. Jadi, apa perbedaannya? Pertanyaan-pertanyaan seperti itu pasti sering muncul dibenak kalian bukan.

Membahas mengenai gelato vs ice cream, mungkin cukup membuat Anda terheran-heran, bukan? Karena sebagian orang, menganggap gelato dan ice cream itu sama, enggak ada bedanya. Bahkan menurut segelintir orang, perbedaan terletak hanya “namanya” saja

Meski nama berbeda, dari segi bentuk dan rasanya juga hampir sama dan serupa. Meski demikian, ada faktor lain lagi yang membuat gelato dan ice cream tidaklah sama. Diantaranya seperti persenan kandungan bahan dasar, proses pembuatannya bahkan mesin untuk membuatnya juga berbeda.

Kisah Dibalik Gelato dan Ice Cream

Awal mula adanya hidangan beku sudah ada sejak 200 tahun sebelum masehi di China. Pada masa itu, masyarakat China membuat hidangan es menggunakan salju yang diambil langsung dari pegunungan.  Kemudian, salju tersebut disajikan bersama tambahan bahan lainnya seperti buah-buahan dan madu.

Popularitas hidangan dingin tersebut meluas hingga sampai Eropa. Marco Polo juga turut membawa resep hidangan es dari perjalanannya di China. Kemudian seorang koki Italia, bernama Buontaleti mengembangkan resep dan teknik dari makanan beku tersebut.

Kemudian pada tahun 1670, Francisco Procopion dari Sisilia, Italia mulai mempopulerkan ice cream. Tidak hanya itu, Francisco Procopion juga yang membuat mesin ice cream pertama kalinya di dunia. Nah, mulai dari situlah teknik pengolahan ice cream terus berkembang hingga terciptanya gelato.

Awal mula mendaunnya gelato berada di negara Italia. Sedangkan perkembangan ice cream bermula di Amerika Serikat. Dari kedua negara itu, gelato dan ice cream mulai terkenal dan berkembang di seluruh dunia.

Gelato vs ice cream, mempunyai latar belakang cerita dengan alur yang sama. Bisa diumpamakan gelato ialah saudara terdekatnya ice cream. Perkembangan hidangan beku tersebut dari tahun ke tahun, membuat sebuah peningkatan dari resep dan teknik pembuatan.

Perbedaan Antara Gelato VS Ice Cream

1. Penggunaan Bahan Dasar

Gelato vs ice cream, menggunakan bahan dasar yang sama. Yaitu susu, krim, gula, dan kuning telur. Tapi pada penggunaan kadar dari bahan-bahan tersebut juga berbeda. Dalam pembuatan gelato, lebih dominan menggunakan susu sebagai bahan dasar membuat adonan gelato.

Sedangkan dalam pembuatan ice cream, lebih banyak menggunakan krim dalam membuat adonannya.

2. Kandungan Lemak

Gelato adalah makanan beku yang cocok dinikmati bagi Anda yang sedang melakukan proses diet. Mengapa demikian? Karena pada teknik pembuatan gelato, lebih sedikit menggunakan bahan dasar krim. Artinya makanan beku khas Italia itu memiliki sedikit kadar kalori dan juga lemak.

Rendahnya kadar kalori dan lemak pada makanan, sangat membantu dalam menjaga kondisi tubuh agar tetap sehat. Maka dari itu, gelato cukup aman untuk dikonsumsi oleh berbagai golongan seperti anak-anak, dewasa, hingga lanjut usia.

Sedangkan ice cream, lebih banyak menggunakan bahan dasar krim dalam proses pembuatannya. Penggunaan krim dalam jumlah banyak, menyebabkan tingginya kadar kalori dan lemaknya. Gelato memiliki kandungan lemak sekitar 4-8%, sedangkan ice cream memiliki kandungan lemak sekitar 10%.

3. Tekstur

Jika dilihat, bentuk serta tekstur dari gelato dan ice cream memang sekilas mirip. Tetapi tidak demikian, tekstur gelato dan ice cream jelas sangat berbeda. Gelato memiliki tekstur padat dan lembut, sedangkan ice cream memiliki tekstur yang sedikit kasar di lidah.

4. Suhu Pembekuan

Walaupun memiliki persamaan jenis hidangan, yakni makanan beku. Ternyata, gelato dan ice cream menggunakan proses pendinginan yang berbeda loh. Pada gelato, biasanya proses pembekuan dilakukan di -10 derajat celcius. Sedangkan, proses pembekuan ice cream dilakukan di -20 derajat celcius.

5. Kandungan Udara

Kandungan udara yang tersimpan pada gelato vs ice cream juga berbeda. Saat proses pengolahan, udara yang diikat lebih sedikit. Pengikatan udara yang sedikit pada gelato, menghasilkan tekstur gelato yang lebih padat dibanding dengan ice cream.

Sedangkan, saat proses pengolahan ice cream lebih dominan mengikat udara. Banyaknya kandungan udara dalam ice cream, menghasilkan tekstur ice cream bervolume, lebih lembut, dan ringan.

Nah, sekarang Anda jadi tahu perbedaan antara gelato vs ice cream kan. Kalau Anda sendiri, lebih suka menyantap dan menikmati gelato atau ice cream? Atau Anda suka dengan keduanya, karena memiliki rasa yang sama-sama enak untuk dilidah?

Related Posts