Home Uncategorized apa itu bisnis digital marketing
apa itu bisnis digital marketing

apa itu bisnis digital marketing

by Happy Puspa

Apa itu bisnis digital marketing? jadi, Digital marketing merupakan salah satu strategi pemasaran yang bisa digunakan para pelaku bisnis dengan memanfaatkan teknologi. Seperti yang kita tahui bersama, perkembangan teknologi saat ini memang berjalan sangat pesat. Berbagai teknologi tersebut jika bisa dimanfaatkan secara maksimal, bisa memberikan manfaat besar termasuk untuk pelaku bisnis.

Apa Itu Bisnis Digital Marketing?

Digital marketing adalah salah satu cara yang digunakan untuk mempromosikan dan menjual produk yang dilakukan melalui media digital. Pernahkah anda melihat iklan saat mengunjungi website? Atau melihat iklan di TV? Atau mungkin menerima telepon dari bagian sales sebuah perusahaan? Jika pernah, inilah yang disebut sebagai digital marketing.

Kemudian, digital marketing atau pemasaran digital tentunya memiliki arti yang lebih luas. Pengertian digital marketing menurut para ahli adalah penggunaan teknologi digital dan perangkat yang didukung koneksi internet untuk mencapai target pemasaran (Rob Thompson dari Trendjackers ). Jadi, definisi digital marketing bisa disimpulkan yaitu sebagai kegiatan pemasaran yang melibatkan penggunaan jaringan dan teknologi digital untuk mencapai tujuan pemasaran tertentu.

Kini, berbagai perusahaan mulai menerapkan sistem berbasis internet agar bisa menjangkau pelanggan secara lebih luas.  Pengguna Internet yang kurang lebih mencapai 59,5% di seluruh dunia turut memicu pertumbuhan platform e-commerce dan transaksi online lainnya. Dari sini, Anda pasti sudah mempunyai gambaran mengapa digital marketing strategy kini sangat efektif.

Manfaat Digital Marketing

Setelah menjelaskan apa itu bisnis digital marketing dan pengertian digital marketing, selanjutnya akan membahas faktor-faktor yang memengaruhi efektivitas pemasaran digital. Tentu saja, faktor utama yang mendukung keberhasilan strategi digital marketing adalah banyaknya pengguna internet di seluruh dunia seperti yang sudah dijelaskan di atas. Saat ini, hampir semua orang juga lebih memilih untuk melakukan transaksi secara online, apalagi semenejak merebaknya pandemi Covid-19.

Berikut ini beberapa manfaat digital marketing untuk bisnis Anda:

1. Penargetan Pasar Lebih Sesuai

Menggunakan berbagai tool digital marketing yang sudah didesain sedemikian rupa, Anda akan memperoleh data yang akurat tentang kebiasaan dan preferensi pengguna terkait segmen pasar tertentu, atau terkait produk dan jasa yang Anda tawarkan.

Dari sini, Anda juga bisa menyusun strategi yang paling sesuai untuk pasar yang Anda target sehingga penerapannya bisa lebih efektif.

2. Evaluasi Strategi Berdasarkan Data

Jika strategi digital marketing Anda sudah diterapkan, Anda bisa melihat evaluasi dan analisis pemasaran Anda. Data-data seperti tingkat keberhasilan kampanye, jumlah pengguna yang membuka iklan, dan lain sebagainya bisa dimanfaatkan untuk memperbaiki strategi pemasaran sebelumnya.

Berdasarkan data yang akurat ini, nantinya Anda juga bisa meningkatkan efektivitas campaign agar angka penjualan semakin melesat.

3. Bisa Menjangkau Hampir Semua Pasar

Seperti yang sudah diketahui, dunia online tidak terbatas ruang dan waktu. Hampir 24 jam sehari, 7 hari seminggu, dan sepanjang tahun, jaringan-jaringan digital ini akan selalu terhubung ke berbagai wilayah di dunia. Nah, melalui digital marketing ini, Anda bisa menjangkau dan saling terhubung dengan banyak pelanggan dari berbagai belahan dunia, kapan pun dan di mana pun.

Hasilnya, jasa atau produk yang Anda tawarkan akan selalu tersedia dan bisa dibeli oleh pelanggan kapan saja.

Baca Juga : Traditional Marketing adalah, Tujuan dan Kelebihannya!

4. Biaya Lebih Murah

Budget yang perlu Anda keluarkan untuk pemasaran digital bisa jauh lebih murah dibandingkan strategi pemasaran tradisional. Anda tidak perlu lagi mencetak poster, atau membuang-buang dana untuk iklan yang tidak efektif atau bertarget.

Ada berbagai cara organik yang bisa Anda lakukan tanpa harus mengeluarkan biaya iklan yang cukup besar. Contohnya, jika sudah punya website atau blog menggunakan WordPress, Anda bisa menerapkan cara SEO website.

5. Meningkatkan Reputasi Brand

Dengan semakin banyaknya pengguna Internet dan platform online, sudah pasti Anda bisa meningkatkan reputasi brand melalui pemasaran digital. Umumnya sebagian besar pembeli akan mencari produk atau layanan terlebih dahulu di Internet sebelum memutuskan untuk melakukan transaksi.

Dengan menerapkan pemasaran digital, bisnis Anda bisa mudah ditemukan oleh calon pelanggan, dan mereka akan merasa yakin bahwa merek Anda bisa dipercaya, yang akhirnya akan meningkatkan penghasilan online Anda.

Itu tadi merupakan penejelasan mengenai apa itu bisnis digital marketing dan manfaatnya. Jadi jangan ragu lagi untuk mencoba. Semoga artikel ini bermanfaat!

Related Posts