Home Uncategorized Apa Itu Marketplace di Facebook dan Bagaimana Cara Menggunakannya?
apa itu marketplace di facebook

Apa Itu Marketplace di Facebook dan Bagaimana Cara Menggunakannya?

by Happy Puspa

Apa Itu Marketplace di Facebook?

apa itu marketplace di facebook

Facebook Marketplace merupakan salah satu fitur dari aplikasi Facebook yang bisa mempermudah para pengguna facebook untuk menjual barang secara online. Namun sebelum berjualan, alangkah baiknya pengguna terlebih dahulu mengetahui apa itu Marketplace di Facebook dan cara menggunakan marketplace di facebook sebelum memulai berbisnis online-nya.

Facebook Marketplace (FB Marketplace) sendiri sudah diluncurkan sejak Tahun 2016, namun masih belum banyak para pengguna Facebook yang telah mengetahui adanya fitur marketplace tersebut. Dilansir dari situs resminya, Facebook Marketpace merupakan fitur dari aplikasi facebook yang memungkinkan bagi para pengguna Facebook untuk menjual produk di lokasi sekitar ia tinggal.

Dengan adanya Facebook Marketplace, pengguna juga bisa menelusuri pencarian barang yang berada di wilayah sekitarnya untuk menemukan barang yang diperlukan yang akan dibeli. Pada dasarnya, Facebook Marketplace ini dioperasikan seperti halnya marketplace pada umumnya. Pengguna Facebook hanya perlu mengupload foto produk yang akan di jual dan mengisi detail produk untuk bisa langsung berjualan.

Namun, pengguna tidak perlu repot-repot untuk mengunduh aplikasi pendukung yang lainnya dan juga menyiapkan akun baru untuk bisa memulai menjual atau membeli barang. Pasalnya, penjualan dapat dilakukan di aplikasi Facebook dan komunikasi yang terkait dengan jual beli bisa dilakukan dengan fitur messenger atau bisa download aplikasi Facebook Messenger.

Facebook Marketplace ini juga bisa kamu jumpai di aplikasi maupun website resmi Facebook. Pengguna hanya perlu memencet ikon Marketplace yang bergambar toko di akun Facebook miliknya.

Melihat ketertarikan masyarakat luas dalam berbelanja secara online, saat ini berbagai media sosial juga ikut mengembangkan fitur-fiturnya supaya penggunanya bisa melakukan berjualan di platform tersebut. Seperti aplikasi Facebook dan juga Instagram. Lalu, bagaimana sih cara menggunakan marketplace di Facebook?

Setelah Mengetahui Apa Itu Marketplace di Facebook, Lalu Bagaimana Cara Menggunakan Marketplace di Facebook?

apa itu marketplace di facebook

Membuat Akun Bisnis Khusus Sesuai dengan Ketentuan

Cara Laris Jualan di Marketplace Facebook Untuk Mengembangkan Bisnis tentu saja akan dimulai dengan membuat akun bisnis khusus terlebih dahulu. Membuat akun bisnis khusus di aplikasi Facebook juga sangat mudah untuk dilakukan. Dan tentu bisa kamu lakukan secara gratis dan tanpa biaya sepeserpun. Untuk membuat akun bisnis khusus di Facebook, kamu bisa mengikuti beberapa langkah-langkah dibawah ini.

  1. Buka browser kemudian masuk ke situs web resmi business.facebook.com.
  2. Bila kamu sudah berhasil masuk ke halaman utama, selanjutnya klik opsi Buat Akun.
  3. Isi setiap data yang dibutuhkan, termasuk halaman fanspage. Bila kamu belum memiliki fanspage, kamu bisa membuat fanspage-mu terlebih dahulu.
  4. Bila semua data yang dibutuhkan untuk mendaftar sudah sesuai dan terpenuhi semuanya, kamu bisa menambahkan foto, alamat, dan admin lainnya
  5. Apabila akun bisnis khusus Facebook kamu sudah berhasil dibuat, kamu bisa langsung menggunakan akun tersebut untuk berjualan. Kamu bisa jualan dengan memanfaatkan berbagai fitur yang sudah disediakan oleh pihak Facebook seperti pengelola iklan dan fitur facebook marketplace yang lainnya.

Masuk ke Grup Jual Beli

Cara Laris Jualan di Marketplace Facebook Untuk Mengembangkan Bisnis yang selanjutnya yaitu kamu bisa memanfaatkan grup jual beli yang sudah ada di facebook. Adanya fitur facebook grup menjadi salah satu keunggulan dari aplikasi facebook. Di aplikasi Facebook terdapat banyak sekali grup yang secara spesifik difungsikan oleh para pengguna Facebook untuk berkegiatan jual beli.

Nah, kamu bisa banget memanfaatkan keberadaan group jual beli yang ada di facebook kamu untuk memperluas jangkauan pemasaran produk jualan kamu.

Kamu hanya perlu tinggal bergabung di dalam grup jual beli yang ada. Namun, pastikanlah terlebih dahulu untuk bergabung dengan group jual beli yang sesuai dengan produk yang kamu jual di toko. Contohnya, jika kamu menjual alat elektronik pastikan untuk bergabung dengan grup jual beli akat elektronik atau jual beli perlengkapan listrik dan elektronik.

Karena biasanya anggota dari grup jual beli itu memang berisikan orang-orang yang sedang mencari dan atau membutuhkan barang atau produk yang sering menjadi topik pembahasan di grup jual beli itu. Itu artinya, peluang yang kamu miliki untuk memperoleh konsumen yang lebih banyak untuk produk jualan kamu semakin luas terbuka.

Posting Foto Produk yang Menarik Juga Cara Laris Jualan di Marketplace Facebook Untuk Mengembangkan Bisnis

apa itu marketplace di facebook

Seperti yang sudah kita dibahas di awal tadi, untuk berjualan online di facebook, kamu tidak bisa asal dalam memposting foto produk. Kamu harus benar-benar jeli dan juga teliti dalam memilih foto untuk di posting. Gunakan foto yang jelas dan menarik. Pastikan foto dari produk yang akan dijual menarik. Meliputi kualitas gambar yang jernih dan juga angle yang tepat. Apabila perlu gunakan jasa model supaya foto produk kamu semakin menarik dan juga dilirik banyak orang.

Selain foto, kamu juga bisa menyertakan keterangan yang berisi deskripsi produk yang akan dijual. Jika kamu menyertakan deskripsi produk di foto, maka calon konsumen bisa mengenali lebih banyak detail dan keunggulan dari produk yang kamu jual. Dengan begitu, calon konsumen kamu pasti akan semakin tertarik dan yakin untuk membeli produk kamu.

Kejelasan Judul dan Deskripsi

Cara Laris Jualan di Marketplace Facebook Untuk Mengembangkan Bisnis yang berikutnya yaitu Kejelasan Pemberian Judul dan Deskripsi. Dalam kamu menuliskan sebuah judul dan deskripsi, sangat perlu kamu sematkan teknik copywriting yang mudah dibaca, dipahami, dan tentunya juga bisa mengandung pesan informatif. Bisa juga ditambah dengan penggunaan kalimat promosi yang persuasif. Hal itu akan lebih efektif untuk menjangkau sisi emosional calon pelanggan kamu.

Dari situ, calon pembeli yang potensial pasti akan terpikat untuk menyelesaikan proses belanja ke halaman check out untuk  kemudian melakukan transaksi pembelian. Lalu, bagaimana sih caranya supaya bisa menulis atau membuat judul dan deskripsi yang baik dan benar?

Kamu wajib terlebih dahulu menentukan target personal dari produk yang akan kamu jual di toko kamu sebelum produk di posting. Pakai bahasa yang modern atau bahasa yang lebih kekinian dan juga santai supaya calon pembeli merasa nyaman denganmu. Begitu pula dengan segmen pasar orang yang lebih tua, ada baiknya menggunakan bahasa yang lebih umum, formal, dan tentunya sopan.

Berikan informasi produk kamu sejelas mungkin. Misalnya mulai dari spesifikasi warna, ukuran, material, stok, dan hal yang lain sebagainya. Gunakan foto produk yang akan dijual dengan gambar yang jelas dan juga berkualitas. Dengan kamu menggunakan foto produk yang jelas, orang pun semakin tertarik untuk mencari tahu lebih lanjut mengenai produk jualan kamu.

Apabila informasi yang dicantumkan di produk yang kamu jual kurang atau tidak lengkap, itu artinya calon pembeli harus bertanya terlebih dahulu kepadamu mengenai produk yang dijual. Hal ini sangat jelas akan menyita waktu para calon pelanggan yang tidak hanya sebentar. Apabila kompetitor yang lain memiliki informasi produk yang lebih jelas dan lengkap, calon pembeli bisa saja malah berpaling ke toko kompetitor, dan kabur dari toko kamu.

Melakukan Riset Juga Merupakan Cara Laris Jualan di Marketplace Facebook Untuk Mengembangkan Bisnis

Cara Laris Jualan di Marketplace Facebook Untuk Mengembangkan Bisnis yang berikutnya yaitu melakukan riset. Sebelum kamu memulai untuk berbisnis dengan cara jualan di Facebook Marketplace, alangkah baiknya jika kamu melakukan riset produkmu terlebih dahulu. Lakukan riset dengan cara melihat dan memeriksa barang apa saja yang banyak dicari pada kategori produk yang serupa dengan produk jualan kamu. Coba juga untuk memeriksa halaman toko yang menjual barang atau produk yang sama dengan produk yang kamu jual tersebut.

Cari tahu lebih lanjut apakah sudah ada produk lain yang sama dengan produk yang sudah dijual di Facebook Marketplace oleh penjual yang lain. Selain itu, lihat dan juga bandingkan perbedaan produk lain dengan produk yang akan kamu jual di toko. Usahakan produk milik kamu lebih memiliki keunggulan dibandingkan dengan produk dari toko lain sehingga produkmu lebih menarik minat pembeli.

Selain itu, tinjau juga harga dan deskripsi produk yang persis dengan produk jualan kamu. Apabila memungkinkan, berikan harga produkmu yang sedikit lebih rendah daripada produk milik pesaing. Atau kamu juga bisa menjelaskan mengapa produk yang kamu jual lebih berharga dibandingkan produk milik pesaing.

Dengan mengeksplor Facebook Marketplace sebelum kamu mulai menggunakannya untuk berjualan atau berbisnis, kamu terlebih dahulu bisa mendapatkan gambaran mengenai bagaimana ekosistem jual-belinya, standar harga, dan apa saja yang bisa kamu lakukan supaya bisa lebih menarik minat dan perhatian para calon pembeli. Kamu juga bisa menambah nilai produk kamu setelah menemukan keunggulan produk dari pesaing yang menjual produk semacam dari tokomu.

Gimana nih, setelah kamu mengetahui apa itu marketplace di facebook dan cara menggunakannya, jadi udah paham kan?

Related Posts