Home Bisnis Apa yang Dimaksud dengan Virtual Office

Apa yang Dimaksud dengan Virtual Office

by Happy Puspa

Di kota besar seperti Jakarta, Bandung dsb, biaya sewa kantor atau sewa gedung sangat mahal, hal itu menjadi pertimbangan bagi pengusaha pemula yang baru akan merintis sebuah usaha. Layanan virtual office dapat menjadi solusi pengusaha pemula untuk memiliki kantor impian dengan budget terjangkau.

Kantor sebagai domisili hukum usaha memiliki peran penting bagi perusahaan diantaranya sebagai tempat pusat segala aktivitas yang dilakukan oleh perusahaan baik transaksi, administrasi maupun informasi perusahaan. Selain pusat segala aktivitas, kantor bersifal legal dan melekat pada perusahaan.

Pengertian Virtual Office

Virtual office hadir sebagai solusi bagi perusahaan perusahaan start up atau menengah yang baru merintis usaha atau memiliki usaha dengan budget terbatas.

Virtual office merupakan sebuah kantor perusahaan yang disewakan secara non fisik dan dapat digunakan sebagai alamat resmi kantor perusahaan penyewa virtual office. Layanan virtual office diantaranya adalah fasilitas surat menyurat, telepon kantor, durasi penyewaan kantor dan meeting room.

Adanya virtual office dapat memangkas pengeluaran perusahaan sekitar 90% dari total pengeluaran untuk operasional kantor seperti sewa gedung secara fisik, furniture kantor, karyawan, dsb.

Virtual office cocok digunakan bagi pengusaha pemula atau start up atau pengusaha menengah dengan budget yang minim, selain biaya kantor yang terjangkau, virtual office juga sebagai solusi bagi pengusaha-pengusaha dengan karakter usaha yang mobile, tidak selalu stay dalam kantor.

Dasar Hukum Layanan Virtual Office

Keberadaan virtual office saat ini sudah dianggap lazim dan banyak ditemukan di kota-kota besar selain Jakarta. Ada 2 dasar hukum yang menjadi dasar status virtual office sah dan legal.

1.     Surat Edaran Kepala Badan Pelayanan Terpadu Satu Pintu Provinsi DKI Jakarta

Di dalam Surat edaran Kepala BPTSP No:06 Tahun 2016 tentang Penerbitan Surat Keterangan Domisili dan Izin-Izin Lanjutannya Bagi Pengguna Virtual Office disebutkan perusahaan yang berkantor virtual (virtual office) dan izin-izin lanjutannya dapat diberikan kepada pelaku usaha.

Syarat-syarat pelaku usaha yang dimaksud dalam surat edaran tersebut adalah:

  • Badan usaha yang telah memiliki kantor sesuai dengan zonasi
  • Badan usaha yang beraktivitas di rumah tinggal atau lokasi non permanen

2.     Undang-Undang No:40 Tahun 2007 tentang Perseroan Terbatas

Pasal 5 Undang-Undang tersebut menyatakan perusahaan mempunyai nama dan alamat lengkap sesuai tempat kedudukannya dalam hal surat menyurat.

Dalam peraturan tersebut dinyatakan nama dan alamat lengkap perusahaan dibutuhkan dalam hal surat menyurat berkaitan dengan tempat kedudukan perusahaan di wilayah negara republik Indonesia.

Hal ini menjadi dasar penggunaan virtual office legal dan sah dilakukan di Indonesia.

Layanan Virtual Office Terpercaya di Jakarta

Memulai usaha virtual office sejak tahun 2015, Pri Office berkomitmen menyediakan layanan kantor virtual terpercaya di Jakarta dengan harga sewa bulanan yang bersahabat dan berbagai fasilitas layanan kantor virtual profesional dan nyaman bagi pengusaha pemula, start up maupun menengah.

Related Posts