Home Bisnis Berbisnis Cocomesh Sabut Kelapa
berbisnis cocomesh sabut kelapa

Berbisnis Cocomesh Sabut Kelapa

by Happy Puspa

Hallo sobat-sobat semuanya, pada kesempatan serta artikel kali ini saya mau membagikan bahasan berbisnis cocomesh sabut kelapa dengan kalian, bagi sobat sekalian yang sedang bingung ingin membuka bisnis mungkin bisnis cocomesh ini bisa dijadikan salah satu opsi untuk kalian.

Diantara sobat-sobat juga mungkin sudah ada yang tertarik ingin memulai berbisnis cocomesh sabut kelapa namun belum mengenal bahkan belum tahu cara buat cocomeshnya, harus simak pembahasan pada artikel kali ini.

Langsung saja ga perlu berlama-lama lagi dengan pembuka serta basa basi sejenisnya, kita langsung masuk ke bahasan dari berbisnis cocomesh sabut kelapa ini.

Berbisnis Cocomesh Sabut Kelapa

berbisnis cocomesh sabut kelapa

Cocomesh adalah jaring yang dibuat hanya dari sabut kelapa bekas tanpa menggunakan campuran apapun, apalagi menggunakan bahan kimia. Cocomesh kerap kali dijadikan sebagai sarana pertanian, perlindungan tanah yang longsor sekaligus juga perlindungan tanah di lahan memiliki kemiringan.

Sabut kelapa bekas digunakan untuk membuat jok mobil, kursi, dan lainnya karena daya serap airnya yang kuat dan kualitasnya yang tidak mudah rusak.

Penggunaan cocomesh dapat dijadikan sebagai solusi untuk menjaga kestabilan tanah pada tanah miring agar dapat meminimalisir terjadinya erosi. Dalam jangka waktu minimal 3 tahun, Cocomesh akan membusuk bersama tanah dan menjadi humus di peternakan Kocomesh.

Cocomesh juga digunakan di lahan bekas tambang yang berguna untuk reklamasi sehingga menjadi lahan yang bisa digunakan seperti semula.

Ini adalah solusi yang terjangkau dan ramah lingkungan dibandingkan dengan menggunakan konstruksi beton atau batu. Cocomesh dapat digunakan di area seperti: Lereng atau Penjemputan Bukit. Taman dan Pantai Drainase Tepi Sungai.

Cocomesh sendiri memiliki harga pasaran yang bisa dikatakan cukup tinggi, yaitu sekitar Rp. 10.000 sampai Rp. 15.000 per m2. Dan itulah mengapa ide bisnis sabut kelapa cocomesh bisa dikatakan masih meyakinkan, ditambah lagi masih belum banyak pasar yang menawarkan cocomesh ini, sehingga persaingan dalam bisnis tersebut semakin sedikit.

Manfaat Serat Kelapa

Setelah sedikit membahas tentang ide bisnis sabut kelapa, saya juga akan membagikan beberapa manfaat sabut kelapa yang bermanfaat yang bisa kita manfaatkan dalam kehidupan kita. Bagi yang ingin tahu, berikut beberapa manfaat batok kelapa yang bisa kita manfaatkan.

Serat menjadi keset

Selama ini kebanyakan orang juga menggunakan kelapa sebagai permadani karena banyaknya manfaat yang bisa digunakan untuk membantu masyarakat.

Banyak dari produk ini diberi nama sesuai dengan kebutuhan mereka, seperti selamat datang, selamat datang, hisap kehadiran, bonjour, bulla, annyeonghaseyo, dll, dan juga menciptakan citra positif ketika dipasang di depan rumah atau kantor.

Sabut Kelapa Digunakan sebagai gantungan kunci

Nah, selain digunakan sebagai alas pintu, kelapa ini juga bisa digunakan dalam bentuk gantungan kunci. Sabut kelapa ini bisa dibuat dalam berbagai bentuk dan bentuk, seperti gantungan kunci berbentuk hati, hewan, kendaraan, nama dan masih banyak lagi.

Cara Buat Cocomesh Sabut/Serat Kelapa

berbisnis cocomesh sabut kelapa

Kalau tadi kita sudah bahas berbisnis cocomesh sabut kelapa beserta manfaat dari cocomesh itu sendiri, disini saya juga akan bahas bagaimana cara buat cocomesh sabut kelapanya, jadi sobat yang ingin membuka usaha cocomesh juga tahu cara pembuatan cocomesh yang baik dan juga benar.

Langsung saja ga perlu lama dengan kata basa basinya, saya mulai masuk ke dalam topik pembahasan dari cara buat cocomesh sabut kelapa ini.

Bahan dan alat:

  • Sabut agak tua
  • Pemecah serabut kelapa
  • Mesin penggiling kelapa

Cara membuat:

  1. Pertama sobat bisa membuat sedikit batok kelapa tua.
  2. Selanjutnya, kalian bisa menggiling batok kelapa sesuai dengan kebutuhan yang diperlukan.
  3. Setelah selesai menggiling kelapanya, sobat sekalian bisa mengeringkannya terlebih dulu.
  4. Setelah kering, Anda dapat memutar jantung menjadi tali menggunakan mesin berputar.
  5. Kemudian, setelah menerima saya, yang harus Anda lakukan adalah menenunnya ke dalam jaring atau kepompong itu.
  6. Setelah selesai merajut, Anda bisa langsung mulai menggunakan cocomesh.

Itulah tadi artikel kali ini yang berisi bahasan mengenai berbisnis cocomesh sabut kelapa yang mungkin bisa berguna sekaligus bermanfaat untuk sobat semuanya yang sedang tertarik ataupun mencari pembahasan berbisnis cocomesh sabut kelapa.

Sampai berjumpa lagi sobat semuanya, see you and goodbye guys !.

Related Posts