Home Cleaning Service Bersih Itu Sebagian Dari Iman, Benarkah?
Bersih Itu Sebagian Dari Iman

Bersih Itu Sebagian Dari Iman, Benarkah?

by Happy Puspa

Banyak sekali yang bilang kalau bersih itu iman, memang benar demikian tetapi apa dasarnya? Bukankan iman ya iman saja, bersih ya bersih saja. Di dalam Agama Islam, ada hadis suci yang menerangkan bahwa kebersihan sebagian dari iman (Abu Malik Asy-Asyari). Tidak cukup dengan satu hadis tersebut untuk menguatkan opini bersih adalah iman, ada sejumlah pendapat dari beberapa ulama yang menyetujui akan opini kebersihan sebagian dari iman.

baca pula artikel terbaik dari kami tentang vacuum tungau bandung

  1. Sebelum melakukan ibadah (iman) maka sebelumnya Anda wajib untuk bersuci terlebih dahulu, misalnya wudhu atau mandi besar jika dibutuhkan.
  2. Berangkat ke tempat yang resmi nampaknya akan terasa risih jika Anda tidak mandi (bersuci) dahulu bukan?
  3. Pahala ketika orang melakukan thaharoh atau bersuci adalah separuh dari pahala beriman. Jika beriman memiliki nilai 100 pahala maka bersuci bernilai 50.
  4. Dengan bersuci, Anda akan terhindar dari berbagai penyakit yang menempel baik di dalam atau di luar tubuh. Bayangkan saja, jika Anda bepergian ke tempat yang jauh seharian dan ingin melakukan sholat lima waktu, tentunya Anda harus wudhu dahulu atau bersuci agar najis yang ada di tubuh hilang.
  5. Dasar yang lebih menguatkan ada pada ayat al-quran surah al-baqarah ayat 222 dan at taubah ayat 108 yang mengisayaratkan bahwa allah menyukai orang-orang yang bersih.
  6. Anda juga bisa melihat sebelum sholat jumat para jamaah disunnahkan memakai wangi-wangian dan mandi agar ketika menghadap allah mereka dalam keadaan yang bersih dan suci. Hal itu menAndakan bahwa allah juga menyuruh manusia untuk bersuci karena bersih adalah sebagian dari iman.

baca juga artikel mengenai cuci karpet bandung

Memang, ada beberapa orang yang terlihat enggan untuk bersuci tetapi beriman khusyuk, kendati demikian pahala yang diperolehnya juga kurang maksimal karena dia tidak memerhatikan makna kebersihan untuk menuntun kepada pahala keimanan. Hidup bersih adalah sebagian dari iman agar Anda mendapatkan pahala berlipat dan diampuni dosa di dunia. Gaya hidup orang beriman sejati adalah yang taat pada kebersihan diri dan lingkungan karena cerminan sifat manusia itu sendiri.

Related Posts