Home Properti Biaya Pemasangan AC yang Perlu Anda Ketahui
biaya pemasangan AC

Biaya Pemasangan AC yang Perlu Anda Ketahui

by Happy Puspa

Saat ini, banyak orang yang mulai beralih dari kipas angin ke AC. Pasalnya, AC menjadi salah satu alternatif bagi mereka yang ingin mendapatkan ruangan yang lebih sejuk ketimbang memakai kipas angin biasa.

Meski demikian, ternyata memasang AC juga tidak sembarangan. Pemasangan AC memerlukan teknisi yang sudah berpengalaman dalam pemasangan AC. Selain itu juga, biaya pemasangan AC juga terbilang tidak murah.

Jenis Jenis AC Yang Harus Diketahui Sebelum Memasang AC

Bagi kamu yang ingin memasang AC, setidaknya kamu perlu mengetahui tentang jenis-jenis AC. Diantaranya adalah sebagai berikut:

  • AC Split

AC split merupakan salah satu jenis AC yang paling sering digunakan masyarakat Indonesia. AC split memiliki dua bagian, yaitu indoor dan outdoor. Bagian indoor merupakan AC-nya, sedangkan bagian outdoor berupa kompresor. Kedua bagian tersebut dihubungkan dengan sebuah pipa.

  • AC Window

Sesuai dengan namanya, AC window memiliki bentuk dan karakteristik yang mirip sekali dengan jendela. Di mana ukurannya yang besar seperti jendela kecil, hingga cara pemasangannya yang mana harus melubangi tembok dan menempatkan AC window hingga secara sekilas mirip sekali dengan jendela.

  • AC Floor Standing

Sesuai dengan namanya, AC Floor Standing umumnya berbentuk tinggi menyerupai sebuah air purifier. Biasanya, AC Floor Standing sering ditaruh di ruangan yang cenderung lapang agar sirkulasi udara pada AC tidak mengganggu.

  • AC Central

AC Central atau AC Cassette adalah AC yang dipasang di bagian atas ruangan atau bagian langit-langit rumah. Karena bentuknya yang ringkas, AC yang satu ini lebih sering digunakan pada tempat-tempat umum seperti pusat perbelanjaan, rumah sakit, dan lain sebagainya.

Setelah mengetahui jenis-jenis AC, kamu juga perlu mengetahui biaya pemasangan AC. Di antaranya adalah sebagai berikut:

  • Pemasangan AC Split 0,5 pk – 1,5 pk          : Rp 350,000.-
  • Pemasangan AC Split 1,5 pk – 2 pk : Rp 350,000.-
  • Pemasangan AC Cassette               : Rp 750,000.-
  • Pemasangan AC Standing               : Rp 550,000.-

Itulah tadi beberapa rincian biaya pemasangan AC. Karena memang harganya terbilang tidak murah, maka kamu juga perlu memastikan telah memilih AC yang berkualitas, agar dapat digunakan dalam jangka waktu yang panjang.

Related Posts