Home Fashion Biaya Tunangan: Ini Hal-hal yang Perlu Kamu Persiapkan
Biaya Tunangan: Ini Hal-hal yang Perlu Kamu Persiapkan

Biaya Tunangan: Ini Hal-hal yang Perlu Kamu Persiapkan

by Happy Puspa

Bila kamu ingin menikah, banyak ongkos yang perlu kamu pertimbangkan, diantaranya ialah ongkos tunangan. Walau tidak sebesar ongkos pernikahan, ongkos tunangan ambil jatah dana yang lumayan besar. Untuk memperjelasnya, baca pembahasan di bawah ini.

Masuk umur 20-an tentu tidak jauh dari acara lamaran, tunangan dan pernikahan. Untuk kamu yang telah mendapati tambatan hati yang cocok, tentu tidak sangsi kembali untuk meneruskan jalinan kalian ke tingkatan yang lebih serius.

Biaya Tunangan: Ini Hal-hal yang Perlu Kamu Persiapkan

Tetapi, ada beberapa kendala saat ingin jadikan jalinan kalian lebih serius, diantaranya ialah permasalahan keuangan. Untuk kamu yang berpendapatan ngepas, pasti sangsi untuk meneruskan jalinan yang serius itu karena benar-benar susah untuk mengongkosi semua serangkaian acara ke arah pernikahan yang tentu saja memerlukan ongkos yang cukup banyak.

Dimulai dari persiapan lamaran seperti memilih cincin tunangan emas, tunangan, prewedding, pengajian (untuk penganut agama Islam), serangkaian tradisi, sampai pada pucuk acara yakni pesta pernikahan. Sekitar apa saja anggaran yang kamu punyai, kamu masih tetap wajib buat berencana berapakah prosentase batasan ongkos yang bakal dikeluarkan untuk tiap keperluan yang dibutuhkan dalam tiap serangkaian acara.

Apa lagi kamu yang berpendapatan ngepas, tetapi tenang, kamu masih tetap dapat melangsungkan acara yang terkesan walau dengan anggaran yang kurang. Di sini kita tidak ulas semua serangkaian acaranya, kita cuman akan memberikan panduan buat kamu yang bakal langsungkan acara pertunangan sesaat lagi.

Untuk faksi lelaki, ada banyak poin yang penting diongkosi dalam sebuah pertunangan, yakni ongkos hantaran atau seserahan, ongkos beli cincin tunangan dan ongkos bantuan pada pihak wanita. Berikut akan diterangkan satu-persatu berkenaan ongkos yang sudah disebut barusan.

1. Ongkos Hantaran atau Seserahan

Secara umum budaya di Indonesia, di saat melangsungkan acara pertunangan, faksi pria harus bawa hantaran atau seserahan saat bertandang ke rumah mempelai wanita.

Hantaran atau seserahan ini umumnya berbentuk beberapa barang yang sudah disuruh oleh faksi wanita ke sang pria. Untuk isi barang hantaran, terdapat beberapa pilihan barang yang dapat dibawa, misalkan seperangkatan alat sholat, alat make-up, baju, sepatu, terhitung makanan misalkan buah-buahan.

2. Ongkos Cincin Tunangan

Dalam daftar acara pertunangan kelak, bakal ada sesion di mana sepasang calon mempelai sama-sama berganti cincin tunangan. Sesion ini sebagai lambang jika pasangan itu telah terlilit kesepakatan dan loyalitas untuk selekasnya langsungkan pernikahan.

Saat menentukan cincin tunangan, umumnya faksi pria ajak calonnya untuk memutuskan secara langsung ke toko perhiasan supaya wanita bisa memutuskan langsung mode dan tipe cincin apa yang sesuai seleranya.

Untuk pasangan yang ingin mengirit ongkos tunangan, dapat pilih cincin tunangan pada harga yang dapat dijangkau. Umumnya cincin tunangan dengan tipe logam perak, emas putih dan palladium mempunyai harga sekitaran Rp 200 rb – Rp 500 rb bergantung dengan mode dan berapakah karat yang dipunyai. Walau pilih cincin pada harga yang dapat dijangkau, harus ditegaskan cincin itu terbebas dari cacat, guratan dan sisa bintik.

3. Ongkos Bantuan ke Faksi Keluarga Wanita

Umumnya acara pertunangan diselenggarakan di tempat tinggal mempelai wanita atau bila sewa tempat untuk acara pertunangan, masih tetap yang mengurusinya ialah faksi wanita, karena itu keluarga wanita memerlukan ongkos dan tenaga yang lumayan besar untuk mempersiapkan beberapa hal.

Diawali dari dekor rumah, sajian makanan untuk keluarga besar dan tamu undangan, pengisi acara seperti presenter dan ada banyak kembali. Belum juga umumnya beberapa pasangan memakai layanan wedding organizer untuk mengurusi segalanya dimulai dari tehnis sampai dekor. Karena itu ini pasti memerlukan ongkos yang besar.

Untuk pasangan yang ingin mengirit, bisa tidak menggunakan layanan wedding organizer tapi dapat minta dana untuk famili dekat untuk mengurusi semua daftar acara tunangan dan pastikan semua berjalan mulus tanpa kendala.

4. Ongkos Transportasi

Untuk ke arah rumah tempat tinggal mempelai wanita, mempelai lelaki tentu bawa kelompok keluarganya. Rerata ongkos yang kemungkinan keluar untuk transportasi sekitar Rp300 rb untuk beli bensin apabila rumah mempelai wanita dan pria ada pada sebuah kota yang serupa.

Dianjurkan untuk faksi pria tiba satu sampai dua jam saat sebelum acara diawali, agar menyiapkan diri lebih masak saat acara tunangan kelak, jauhi tiba terlampau minim atau bahkan juga telat.

5. Ongkos Lainnya

Umumnya dalam menyiapkan acara pertunangan ada ongkos tambahan, misalkan seperti baju tunangan, make-up artist untuk mempelai wanita, photografer bahkan juga bisa sewa posisi.

Tetapi untuk pasangan yang ingin hemat, karena itu dapat melangsungkan acara tunangan di dalam rumah mempelai wanita saja, memakai baju kebaya dan batik yang telah dipunyai di almari semasing atau juga bisa pinjam dari famili/rekan paling dekat.

Nach, sesudah usai dengan ongkos yang perlu dikeluarkan oleh calon mempelai pria, kita akan mengulas ongkos apa yang perlu dikeluarkan oleh calon mempelai wanita. Berikut sejumlah ongkos yang umumnya dikeluarkan calon mempelai wanita untuk menyiapkan acara pertunangannya.

1. Ongkos Posisi

Ongkos posisi dapat di hilangkan bila rumah calon mempelai wanita memenuhi untuk semua tamu undangan. Saat sebelum tentukan posisi seharusnya beberapa pasangan mengulas dulu jumlah tamu undangan yang bakal diundang agar menimbangnya secara baik.

2. Ongkos Baju

Umumnya calon mempelai wanita akan cari kain dan batik untuk seterusnya dijahit dengan mode baju opsi yang diinginnya. Tetapi, ongkos ini dapat di hilangkan bila ingin hemat. Pasangan dapat menggunakan pakaian yang telah mereka punyai atau pinjam dari famili paling dekat.

3. Ongkos Dekor

Ongkos dekor umumnya cukup mahal bila menggunakan layanan penata dekorasi, oleh karena itu bisa dihemat dengan membuat sendiri atau hand-made. Selainnya irit, pasangan jadi dapat mempunyai quality time semakin banyak untuk sama-sama mengenali di saat proses pembikinannya.

4. Ongkos Photo

Bila salah satunya pasangan mempunyai camera yang cukup baik untuk mendokumentasikan peristiwa penting ini, lebih bagus meminta kontribusi saja sama famili paling dekat untuk mendokumentasikan peristiwa bernilai ini, supaya ongkos tunangan bisa diperkecil kembali.

5. Ongkos Katering

Nach, yang habiskan ongkos terbanyak ialah ongkos katering. Karena ongkos ini harus dihitung perorangan berdasar jumlah tamu yang tiba.

Bila ingin hemat, mempelai wanita dapat belanja dan mengolah sendiri minta kontribusi famili paling dekat, tetapi ini benar-benar rawan, karena mempelai wanita seharusnya well-prepared saat sebelum acara penting ini berjalan.

Related Posts