Home Uncategorized Bisnis Kopi Sachet Rumahan

Bisnis Kopi Sachet Rumahan

by Happy Puspa

Kebiasaan mengkomsumsi kopi di tengah masyarakat yang hampir dilakukan oleh semua kalangan, membuka peluang bisnis baru. Tidak selalu harus dengan bisnis kedai kopi kekinian yang membutuhkan modal besar, kamu bisa membuka bisnis kopi sachet dalam skala rumahan.

Walaupun tidak sekeren kedai-kedai kopi pada umumnya, warung kopi atau warkop kecil di rumah sebenarnya berpotensi menghasilkan cuan besar. Terlebih lagi, bisnis kopi sachet rumahan tidak memerlukan modal besar. Apabila berhasil menjalankan usaha ini, bukan tak mungkin kamu akan mendapatkan untung besar. Jika kamu tertarik untuk membuka bisnis kopi sachet rumahan, simak artikel berikut!

Tips Memulai Bisnis Kopi Sachet Rumahan

1. Memanfaatkan Teras Depan Rumah

Sudah kita bahas di awal tadi, jika bisnis kopi rumahan tak memerlukan modal besar. Termasuk modal untuk membuat atau menyewa tempat khusus. Karena, kamu dapat memanfaatkan teras dpan rumah kamu untuk dijadikan warung atau tempat ngopi. Akan tetapi, agar tak terlalu monoton, kamu bisa menata area depan rumah dengan rapi. Minimal nyaman untuk ditempati bila ada pelanggan yang ingin ngopi di sana.

2. Cek Target Pasar

Tidak kalah penting dari menata ruang, menentukan target pasar pun harus dilakukan dengan seksama. Bisnis dengan ruang lingkup ‘rumahan’, pastinya akan banyak menyasar para tetangga sebagai konsumen utama. Mengecek apakah di dekat rumahmu memang banyak orang yang mencari tempat ngopi?

Apabila area rumah berada di kawasan perumahan yang sepi rasanya kurang tepat. Namun, bila di dekat rumah terdapat pabrik, di pinggir jalan, atau di tengah keramaian, bisnis kopi sachet rumahan merupakan pilihan jitu. Setelah kamu mengecek target pasar dan memang sesuai, segera buka bisnis ini. Akan tetapi bila sudah diriset, tapi bisnis ini kurang cocok, jangan terlalu dipaksakan. Coba carilah ide bisnis lain.

3. Alat dan Bahan Yang Perlu Disiapkan

Meski bisnis kecil, tetap saja ada beberapa alat dan bahan yang harus kamu siapkan.

Beberapa alat dan bahan itu, seperti:

  • Kursi dan meja;
  • Tempat menyimpan kopi;
  • Dispenser;
  • Kopi sachet dengan berbagai varian rasa;
  • Termos;
  • Sendok;
  • Gelas plastik, dan lain-lain.

Alat dan bahan tergantung dari besarnya tempat yang kamu buat. Selain kopi, kamu pun bisa menyajikan kudapan untuk teman ngopi, semisal gorengan, mi instan, sampai roti-rotian.

4. Menentukan Harga

Selanjutnya kamu bisa menentukan harga kopi yang akan kamu jual. Cara untuk menentukan harga, bisa ditentukan dari harga pasar di sekitar atau dari harga kopi. Jangan sampai harga terlalu rendah atau tinggi, upayakan sesuai dengan harga pasar di tempatmu.

5. Promosi

Manfaatkan media sosial untuk memberitahu semua orang mengenai bisnis Anda saat ini. Tak hanya secara online, pemasaran juga bisa dilakukan dengan pelanggan yang datang. Yakni dengan memberikan mereka gratis ngopi 1 kali setelah pembelian 10 kali berturut-turut misalnya. Anda juga bisa menggratiskan rokok atau item lainnya. Yang penting bisa menarik pelanggan dan membuat mereka mau memberikan testimoni sehingga ke depannya akan mengajak teman-temannya untuk nongkrong di sini.

Keuntungan Membuka Bisnis Kopi Sachet Rumahan

Apa saja keuntungan yang bisa kamu dapat?

  • Modalnya kecil;
  • Harga kopi yang murah, sehingga bisa dijangkau semua kalangan;
  • Kopi kemasan tidak mudah kedaluwarsa;
  • Bila minim pembeli, kerugian tak akan terlalu besar;
  • Tidak membutuhkan tempat yang luas, asal cukup;
  • Peminat kopi yang banyak;
  • Kopi bukan minuman musiman.

Itulah beberapa tips membuka bisnis ini dan beberapa keuntungannya. Semoga bermanfaat

Related Posts