Home Uncategorized Resep Bumbu Ikan Bakar Gurame Pedas Manis Yang Nikmat
bumbu ikan bakar gurame pedas manis

Resep Bumbu Ikan Bakar Gurame Pedas Manis Yang Nikmat

by Happy Puspa

Ikan gurame menjadi salah satu jenis ikan air tawar yang cukup sering dikonsumsi oleh masyarakat Indonesia, baik itu diolah sengan cara digoreng maupun dibakar. Nah, kalau kamu ingin mencoba menikmati olahan ikan gurame yang berbeda dari biasanya, coba saja mengolahnya dengan resep bumbu ikan bakar gurame pedas manis yang akan kita bahas di artikel ini.

Baca Juga : cara membuat abon sapi

Menurut faktanya, mengkonsumsi olahan makanan dari bahan ikan sendiri memiliki manfaat yang sangat baik untuk Kesehatan tubuh. Oleh karena itu, tidak ada salahnya jika Anda mencoba menyantap salah satu olahan makanan ini. Aneka bumbu rempah yang menghasilkan rasa pedas dan manis yang disajikan dalam hidangan gurame bakar ini pastinya dapat memanjakan lidah Anda dan bikin ketagihan untuk menyantapnya. Berikut kita simak apa saja yang harus dipersiapkan untuk membuat olahan gurame bakar pedas manis ini.

Resep Gurame Bakar Pedas Manis

Bahan-bahan:

  • Iikan gurame 1 ekor, ukuran besar
  • Jeruk lemon 1/2 buah
  • Bawang merah 3 siung
  • Bawang putih 3 siung
  • Kemiri 3 butir
  • Jahe 1 ruas
  • Kunyit 1 ruas
  • Asam jawa 1 sdm
  • Gula merah 1 sdm, cacah halus
  • Garam secukupnya
  • Penyedap rasa secukupnya
  • Cabai merah dan cabai rawit secukupnya

Cara Membuat Gurame Bakar Pedas Manis:

  1. Siapkan semua bahan yang akan digunakan dalam membuat gurame bakar pedas manis. Langkah pertama, bersihkan ikan gurame terlebih dahulu sebelum diolah. Cuci ikan dengan air yang mengalir hingga bersih dan buang lendirnya sambil digosok dengan sejumput garam. Tiriskan.
  2. Lanjut, membuat bumbu halusnya. Siapkan ulekan atau bisa menggunakan blender. Masukkan kemiri, jahe, kunyit, bawang merah, bawang putih, cabai merah, dan cabai rawit sesuai selera. Masukkan juga garam, gula merah, penyedap secukupnya, dan sedikit air asam jawa ke dalamnya. Proses hingga semua bahan benar-benar halus. Sisihkan sebentar.
  3. Ambil ikan gurame yang sudah dicuci bersih. Buat kerat di kedua bagian sisinya. Lumuri semua bagian sisinya dengan menggunakan air perasan jeruk lemon. Pastikan seluruh bagian terbaluri dengan perasan air lemon. Jika dirasa sudah, taburi dengan sedikit garam dan merica bubuk secukupnya ke seluruh bagian ikan. Diamkan sebentar.
  4. Kemudian, pindahkan bumbu yang telah dihaluskan ke dalam sebuah wadah atau mangkuk agar lebih mudah ketika mengoleskannya ke ikan. Koreksi rasanya terlebih dahulu sebelum diolesi ke ikan untuk memastikan tidak ada yang kurang.
  5. Jika dirasa sudah pas, baluri bumbu halus tersebut ke satu sisi bagian ikan dan pastikan juga ada bumbu yang masuk ke bagian dalamnya.
  6. Pindahkan ikan yang telah dilumuri bumbu halus ke sebuah nampan untuk memanggang. Balik ikan dan olesi kembali bumbu halus di sisi yang masih belum terbaluri bumbunya. Pastikan juga ada bumbu halus yang masuk ke sisi bagian dalamnya.
  7. Langkah selanjutnya, panaskan oven terlebih dahulu pada suhu sekitar 170 derajat celcius dengan waktu kurang lebih 25 menit. Setelah panas, masukkan ikan yang sudah dibumbui ke dalam oven. Bakar kurang lebih sekitar 20 menit terlebih dahulu. Kemudian keluarkan ikan.
  8. Campurkan sedikit kecap manis ke sisa bumbu halus. Olesi bagian ikan dengan campuran bumbu serta kecap manis tadi. Masukkan kembali ke dalam oven dan bakar lagi kurang lebih selama 5 menit.
  9. Jika sudah, keluarkan dan balik ikan. Olesi lagi dengan campuran bumbu dan kecap manis secara merata. Masukkan kembali ke dalam oven dan lanjut bakar lagi selama 5 menit. Keluarkan dari oven dan pindahkan ke sebuah piring saji. Gurame bakar pedas manis siap untuk disajikan Bersama komponen pelengkapnya seperti lalapan dan sambal.

Nah, bagaimana dengan resep bumbu ikan bakar gurame pedas manis di atas? Tertarik untuk segera mempraktikkan dan menyajikannya di rumah? Tidak usah menunggu terlalu lama, langsung saja coba dan sajikan gurame bakar pedas manis sebagai menu makan untuk keluarga.

Related Posts