Home Uncategorized Cara Bikin Foam Kopi
cara bikin foam kopi

Cara Bikin Foam Kopi

by Happy Puspa

Halo semuanya, pada artikel kali ini saya akan membagikan kepada teman-teman sekalian cara bikin foam kopi pada dalgona yang bisa teman-teman buat juga dirumah masing-masing.

Tetapi teman-teman sebelum saya masuk ke pembahasan utama tersebut saya ingin membagikan sedikit kepada kalian hal-hal yang berkaitan seputaran dengan kopi ini.

Langsung saja tanpa perlu berlama-lama lagi dengan basa-basinya kita langsung masuk ke pembahasan dari kopi ini.

Kopi

cara bikin foam kopi

Kopi adalah minuman yang dihasilkan dari biji kopi yang disangrai dan digiling menjadi bubuk. Kopi adalah salah satu produk di dunia, tumbuh di lebih dari 50 negara. Dua jenis pohon kopi yang biasa dikenal yakni kopi Robusta (Coffea canephora) serta juga kopi Arabika (Coffea arabica).

Proses pengolahan kopi sebelum dikonsumsi sangat panjang dan kompleks, mulai dari memanen biji kopi sangrai dengan mesin atau tangan, hingga mengolah biji kopi dan mengeringkannya sebelum menjadi tunggul kopi.

Proses lainnya adalah memanggang dengan tingkat yang berbeda-beda. Setelah disangrai, biji kopi digiling atau digiling agar bisa menjadi bubuk kopi sebelum kopi diseduh dan dikonsumsi.

Sejarah kopi

Sejarah kopi dimulai pada abad ke-9. Kopi bermula terdapat hanya di Etiopia, di mana biji-bijian aslinya ditanam oleh orang Etiopia yang tinggal di dataran tinggi.

Namun, ketika orang-orang Arab mulai memperluas perdagangan mereka, biji kopi menyebar ke Afrika Utara dan biji kopi mulai ditanam di daerah itu. Dari Afrika Utara, biji kopi tersebar perlahan dari Asia hingga ke pasar Eropa, serta kepopulerannya juga mulai menyebar dengan dimanfaatkan menjadi bahan dasar minuman.

Pohon kopi yang dibawa ke Indonesia pada masa penjajahan Belanda menjadikan Indonesia sebagai salah satu negara penghasil kopi terbesar di dunia.

Namun dikarenakan arus globalisasi serta kapitalisme Belanda yang juga diterima dengan mudah secara luas di berbagai daerah di Indonesia, budaya kopi di Indonesia hanya jadi bagian sedikit dari rutinitas kehidupan hari-hari masyarakat selain itu juga tidak banyak diapresiasi oleh penduduk sekitar daerah.

Sangat disayangkan jika kekhasan kopi Indonesia yang sudah mendunia ini tidak disadari oleh masyarakat Indonesia sendiri. Penelitian ini bertujuan untuk memperkenalkan budaya kopi Indonesia agar lebih diapresiasi oleh masyarakat luas.

Temuan penting dari penelitian ini adalah bahwa budaya kopi di Indonesia sangat dipengaruhi oleh budaya Eropa (Italia), Cina, Malaysia dan lokal (seperti Jawa, Sumatra, dll); baik dari segi pengolahan maupun dari segi penyajiannya.

Fakta unik kopi

Sekarang kita akan membahas beberapa fakta unik tentang kopi yang mungkin sebagian teman-teman belum pernah dengar atau belum tahu, jadi tanpa basa-basi lagi langsung saja kita ke pembahasan fakta unik kopi ini.

Brasil adalah negara dengan kopi terbanyak di dunia

Menurut Organisasi Kopi Internasional, Brasil sendiri memasok sekitar sepertiga kopi dunia dan hampir dua kali lipat Vietnam, yang merupakan produsen kopi nomor dua dunia.

Kopi adalah sumber antioksidan yang tinggi

Bagi orang yang makan makanan dengan standar Barat, kopi bisa menjadi salah satu aspek paling sehat dari diet mereka. Hal ini dikarenakan kopi memiliki kandungan antioksidan yang relatif tinggi.

Beberapa penelitian menunjukkan bahwa terdapat banyak orang mengonsumsi lebih banyak antioksidan dari kopi dibandingkan yang berasal dari kombinasi buah serta sayuran.

Finlandia adalah negara dengan konsumen kopi terbesar

Menurut Organisasi Kopi Internasional, rata-rata orang dewasa Finlandia mengkonsumsi 0,5 27,5 setahun.

Mereka yang minum kopi cenderung hidup lebih lama

Meskipun beberapa penelitian saling bertentangan, sebagian besar penelitian menunjukkan bahwa konsumsi kopi moderat (2-4 cangkir per hari) dapat dikaitkan dengan peningkatan umur panjang dan kesehatan yang baik secara keseluruhan.

Namun, konsumsi berlebihan berpotensi menimbulkan efek negatif. Satu studi menemukan bahwa orang yang minum enam cangkir atau lebih dapat mempengaruhi kesehatan mereka dan meningkatkan risiko penyakit jantung.

Cara Membuat Foam Kopi

cara bikin foam kopi

Setelah tadi saya sudah membahas bersama teman-teman sekalian hal-hal yang berkaitan seputaran dengan kopi, kini saatnya saya akan membagikan ke kalian cara membuat foam kopi dalgona yang bisa kalian buat juga dirumah pastinya karena caranya yang mudah nan simple.

Langsung saja tanpa perlu berlama-lama lagi kita masuk ke pembahasan dari cara membuat foam kopinya.

Bahan-bahan :

Bahan untuk Foam :

  • 2 Bungkus kopi instan
  • 4 sdm gula pasir
  • 4 sdm air mendidih
  • 1 sdt SP
  • Es batu serut

Bahan Susu :

  • Susu UHT ( kalian juga bisa menggunakan susu jenis apapun )
  • Es batu

Langkah pembuatan :

  1. Pertama kalian bisa mencampurkan kopi, gula, serta air panas secara bersamaan.
  2. Setelah itu dilanjutkan dengan menambahkan sp dan es batu kemudian mixer dengan kecepatan tinggi sampai kaku dan berbusa.
  3. Setelah berbusa maka foam sudah jadi, disini kalian tinggal perlu membuat susunya.
  4. Tuang susunya dan tambahkan juga esbatu.
  5. Setelah itu kalian hanya perlu memasukkan atau menambahkan foamnya diatas.
  6. Kopi dalgona siap untuk disajikan dan dinikmati.

Akhiran

Demikianlah untuk artikel kali ini yang membahas cara bikin foam kopi, diharapkan bisa bermanfaat sekaligus berguna untuk teman-teman yang sedang mencari ataupun tertarik dengan pembahasan informasi terkait.

Sampai jumpa lagi semuanya di postingan saya yang lainnya ! see you guys at another chance ! byebye !.

Related Posts