Home Uncategorized Cara Bikin Sop Iga Sapi Bening Khas Betawi yang Nikmat dan Gurih
Cara Bikin Sop Iga Sapi Bening

Cara Bikin Sop Iga Sapi Bening Khas Betawi yang Nikmat dan Gurih

by Happy Puspa

Hai teman! Pada artikel ini, saya akan memberi tahu Anda cara bikin Sop Iga Sapi Bening Khas Betawi yang nikmat, gurih dan pasti menyegarkan tubuh Anda. Kalian juga bisa lagsung mempraktekkannya dirumah masing – masing karena masakkan yang satu ini cukup simple untuk dibuat. Saya juga bakalan tentang sup iga sapi, jadi pastikan untuk membaca artikel ini sampai akhir!

Cara Bikin Sop Iga Sapi Bening

Sop Iga Sapi Khas Betawi

Sop iga sapi bening adalah masakan yang menggunakan tulang dan iga sapi sebagai bahan dasarnya. Jenis ini adalah salah satu variasi olahan daging yang paling mewah.

Ini karena iga sapi adalah bagian yang paling mahal setelah tenderloin dan sirloin. Tapi tetap saja, hidangan ini sangat populer di masyarakat dan mereka rela membayar mahal untuk mencoba sop iga bening yang lezat.

Nah kali ini kita bahas salah satu pilihannya yaitu sop iga sapi bening ala Betawi. Keunikan dari variasi ini adalah penggunaan bumbu kering sebagai sumber aroma dan rasa pada kuah itu sendiri.

Tentu saja hal ini membuat Anda merasa berbeda saat makan dengan yang lain. Aroma harum serta uap panas kuah menambah minat dan menambah aroma selera makan anda.

Sup ini biasanya disajikan dengan nasi putih yang ditaburi bawang goreng. Atau bisa juga dengan menu lainnya seperti tahu tempe goreng, cookies, dan lainnya. Jika ingin lebih enak, Anda bisa menyajikannya dengan iga bakar. Tapi ingat, Anda juga harus membayar lebih untuk itu.

Hidangan ini juga bisa menjadi salah satu pilihan menu yang bisa Anda sajikan untuk keluarga yang sedang sakit. Hal ini karena kandungan nutrisi, rasa dan aroma yang segar dapat membantu memulihkan kondisi orang yang sakit.

Manfaat mengkonsumsi daging sapi saat memasak antara lain mencegah anemia, meningkatkan massa otot, meningkatkan daya tahan tubuh, meningkatkan daya tahan tubuh, kaya akan mineral, dan mengontrol berat badan. Namun perlu diingat bahwa daging sapi mengandung kolesterol tinggi, jadi sebaiknya Anda tidak makan sup daging setiap hari.

Cara Bikin Sop Iga Sapi Bening Khas Betawi

Cara bikin sop iga sapi bening ala Betawi yang bening tidak terlalu sulit dan hampir sama dengan membuat sop daging sapi lainnya. Namun perlu diingat bahwa bumbu dan bahan yang diperlukan cukup mahal dan sedikit mahal, namun Anda dapat menemukannya di supermarket atau pasar.

Kemudian Anda dapat mempelajari resepnya dan membuat sup iga sapi yang nikmat Anda sendiri di rumah. Sebelum Anda mulai memasak, ada baiknya Anda menyiapkan peralatan yang diperlukan untuk menyiapkan makanan ini terlebih dahulu.

Peralatan yang Anda butuhkan untuk memasak panci, peralatan seperti baskom atau mangkuk kecil untuk bahan dan bumbu, pisau dan talenan untuk memotong sayuran, dan mangkuk saji. Jika demikian, sekarang kita dapat langsung menuju bahan yang diperlukan dan membuatnya.

Bahan dan bumbu yang dibutuhkan :

  • Iga sapi di potong – potong (1 kg)
  • Kaldu bubuk (2 sendok makan)
  • Kapulaga (3 buah)
  • Cengkih (5 butir)
  • Kayu manis (4 cm)
  • Biji pala di memarkan (1/4 butir)
  • Bawang merah (5 butir)
  • Bawang putih (5 siung)
  • Jahe (1 cm)
  • Merica butiran (1 sendok teh)
  • Garam (1 sendok makan)
  • Wortel di potong kasar (3 buah)
  • Kentang di potong kasar (3 buah)
  • Daun bawang, potong kasar (2 batang)
  • Seledri, iris kasar (1 batang)
  • Bawang merah goreng (3 sendok makan)
  • Tomat di potong – potong (2 buah)
  • Jeruk nipis
  • Cabai rawit

Cara membuat :

  1. Rebus air secukupnya dalam panci, lalu masukkan potongan iga yang sudah direbus ke dalam panci sebentar, angkat dan buang air rebusannya. Hal ini dilakukan agar kuah yang digunakan bening dan tidak berantakan.
  2. Bersihkan atau ganti panci baru, lalu tuangkan air bersih dan didihkan, lalu masukkan kembali iga sapi dan didihkan.
  3. Panaskan sedikit minyak dalam wajan dan tumis bawang merah, bawang putih, jahe, merica dan garam, goreng sambil terus diaduk hingga matang dan berbau harum.
  4. Jika sudah harum, tambahkan bumbu seperti kapulaga, cengkeh, kayu manis, pala, tumis kembali sambil diaduk hingga tercium aroma bumbu.
  5. Setelah bumbu tercium, angkat dan letakkan wajan di antara iga sapi, tambahkan kaldu giling, aduk rata, masak hingga iga matang.
  6. Tambahkan sayuran seperti kentang dan wortel dan masak sampai lunak.
  7. Setelah matang, matikan api, masukkan daun bawang dan seledri, aduk sebentar, lalu tuang sup ke dalam mangkuk saji.
  8. Tambahkan irisan tomat, taburi bawang merah goreng, sajikan dengan perasan jeruk limau dan sambal, irisan daging sapi Betawi siap dihidangkan.

Baiklah, cukup sampai disini dulu untuk pembahasan “Cara Bikin Sop Iga Sapi Bening Khas Betawi yang Nikmat dan Gurih”, jangan lupa untuk mengunjungi artikel lainnya dan sampai jumpa di artikel – artikel selanjutnya, bye – bye!

Related Posts