Home Uncategorized Cara Buat Gula Aren Cair untuk Kopi
cara buat gula aren cair

Cara Buat Gula Aren Cair untuk Kopi

by Happy Puspa

Kamu pernah mengkonsumsi apa itu gula yang cair atau gula yang berbentuk cairan? Gula ini banyak digunakan untuk penambahan pemanis dalam sebuah minuman, misalnya kopi. Tujuannya yaitu agar membuatnya lebih cepat larut dibandingkan dengan menggunakan gula yang masih utuh. Sehingga banyak penjual minuman membutuhkan cara buat gula aren cair yang kental agar lebih mudah larut. Kamu pasti penasaran dengan penjelasan terkait gula cair ini kan? Jangan lupa simak penjelasannya di bawah ini, yaaa

Apa Itu Gula Cair?

cara buat gula aren cair

Gula cair yaitu gula atau pemanis yang bentuknya sudah cair atau sengaja dilelehkan supaya membuatnya lebih mudah larut ketika dicampurkan oleh air. Biasanya bahan awal yang digunakan juga berupa gula keras seperti biasa yang nantinya akan diproses lebih lanjut lagi sehingga bisa lebih cair atau terkonsentrasi dengan sempurna.

Gula cair ini juga memungkinkan untuk proses penggunaan gulanya akan menjadi lebih sedikit dibandingkan dengan penggunaan gula pasir atau gula yang masih utuh lainnya. Biasanya untuk membuat gula ini tidak perlu banyak bahan yang dibutuhkan. Bahkan ada juga yang hanya dengan memakai gula dan air dengan takaran lebih tepat di dalamnya.

Semakin kental konsentrasi dari gula cair ini maka menandakan bahwa kadar gulanya cukup tinggi dan manis ketika digunakan. Namun kembali lagi pada selera masing – masing, ada yang lebih suka membuatnya cair namun ada juga yang membuatnya kental. Seperti halnya yang banyak ditemukan pada minuman kekinian yang di cafe, cenderung memilih gula yang lebih kental.

Cara Buat Gula Aren Cair yang Kental dan Cocok Untuk Kopi

cara buat gula aren cair

Sebelumnya kamu harus menyediakan gula aren cair supaya kopi kekinian dapat dengan mudah dibuat di rumah. Gula aren cair ini menjadi sebuah campuran kopi yang membuat rasanya jadi lebih nikmat. Kamu bisa simpan untuk campuran minuman lainnya juga seperti susu, teh, maupun makanan manis kuah santan jika kamu membuat gula aren dalam jumlah banyak. Nah dibawah ini saya akan membagikan cara buat gula aren cair untuk kopi yang dapat dipraktikkan di rumah.

Baca juga : Mesin Gula Semut, Mesin Pembuat Gula Semut Anda 2022

Bahan untuk Buat Gula Aren Cair

  • 20-30 ml gula aren
  • 10 ml air

Cara Buat Gula Aren Cair untuk Kopi

  1. Siapkan gula aren, cacah dengan tipis.
  2. Pada panci, masukkan gula aren yang dicacah tadi dan air. Masak hingga gula aren larut, kemudian dinginkan.
  3. Gula aren cair sudah siap untuk dicampur di kopi maupun minuman lainnya.

Tips membuat gula aren cair

Banyak atau sedikitnya gula aren dan air dapat disesuaikan dengan kebutuhan . Takaran untuk membuat gula aren cair pun bisa sesuai selera kamu. Bahan pengganti gula aren cair untuk campuran kopi adalah brown sugar atau gula merah (gula Jawa). Cara membuatnya pun tak jauh berbeda.  Namun perlu kamu ketahui bahwa gula aren, gula merah, dan brown sugar memiliki perbedaan dalam hal rasa, bentuk, dan juga warna. Gula aren terbuat dari sari atau nira dari pohon aren tanaman dari keluarga pohon palem.

Tekstur gula aren juga sedikit lebih kental daripada gula merah yang lebih cair. Rasa gula aren juga lebih manis dan aromanya lebih kuat dibanding dengan gula merah. Sementara gula merah terbuat dari sari atau nira batang tumbuhan palem atau pohon kelapa. Rasa manis dari gula merah ini lebih cocok untuk dipakai sebagai pemanis pada masakan. Nah, kalau Brown sugar yaitu gula putih yang ditambahkan molase pada sari tebu atau disebut juga tetes tebu.

Manfaat Gula Aren

cara buat gula aren cair

Selain sebagai pemanis dalam makanan dan atau minuman, ada beragam manfaat lain dari gula aren bagi kesehatan. Gula yang sering disamakan dengan brown sugar ini diketahui mempunyai lebih banyak kandungan nutrisi jika dibandingkan dengan jenis gula yang lainnya.

1. Menjaga kadar gula darah

Jika dibandingkan dengan jenis gula yang lainnya, gula aren memiliki indeks glikemik rendah. Ini artinya, kadar gula darah tidak meningkat dengan cepat saat seorang mengonsumsi gula aren. Efek ini sangat baik bagi penderita diabetes yang harus untuk menjaga supaya kadar gula darahnya tetap stabil.

Namun, belum ada penelitian yang dapat memastikan bahwa gula aren dapat mencegah kenaikan atau mengontrol kadar gula darah. Oleh karena itu, manfaat gula aren untuk penderita diabetes masih perlu diteliti lebih lanjut lagi.

2. Mengendalikan tekanan darah

Tekanan darah tinggi atau hipertensi merupakan kondisi yang bisa menimbulkan penyakit komplikasi cukup serius, seperti stroke, penyakit jantung, dan bahkan penyakit ginjal. Untuk mengontrol tekanan darah, seseorang perlu menjalani pola hidup yang sehat dan salah satunya yaitu mengurangi asupan garam dan memperbanyak konsumsi makanan yang bergizi.

Salah satu nutrisi dalam gula aren yaitu kalium yang diketahui dapat menurunkan tekanan darah yang tinggi. Meski begitu, kamu tidak disarankan memenuhi asupan kalium sepenuhnya dari gula ini yaa. Sebab asupan gula yang terlalu banyak bisa menyebabkan gigi rusak dan juga obesitas lohh.

3. Menjaga kesehatan tulang

Kalium diketahui sangat baik untuk kesehatan tulang kita. Sebuah studi menunjukkan bahwa mencukupi asupan kalium di setiap harinya bisa menjaga keseimbangan kadar kalsium yang ada didalam tulang dan menurunkan risiko osteoporosis.

Namun, sejauh ini belum ada penelitian pasti yang memastikan efektivitas gula aren dalam memelihara kesehatan tulang. Oleh karena itu, kamu perlu memenuhi kebutuhan vitamin D dan juga kalsium, serta berolahraga secara rutin supaya tulang kamu bisa tetap sehat.

4. Menurunkan risiko batu ginjal

Batu ginjal ini terdiri dari berbagai jenis dan salah satunya yaitu batu yang terbentuk dari endapan kalsium. Sebuah studi menyatakan bahwa kekurangan asupan kalium bisa meningkatkan risiko terbentuknya endapan kalsium di ginjal, sehingga menyebabkan penyakit batu ginjal.

Nah, untuk mencegah batu ginjal, kamu sangat disarankan untuk mencukupi kebutuhan kalium setiap hari. Jumlah asupan kalium yang dianjurkan untuk orang dewasa yang sehat per harinya adalah sekitar 3.500–4.700 mg. Nutrisi kalium tersebut dapat pula kamu dapatkan dengan mengonsumsi gula aren.

Wah, cukup panjang juga ya pembahasan kita kali ini tentang cara buat gula aren yang tentunya banyak sekali manfaat yang ada di gula aren. Selamat mencoba!

Related Posts