Home Uncategorized Cara Buat Tongseng Kambing Tanpa Santan
cara buat tongseng kambing tanpa santan

Cara Buat Tongseng Kambing Tanpa Santan

by Happy Puspa

Halloo sohib-sohib sekalian semuanya, pada artikel serta kesempatan kali ini saya akan berbagi resep beserta dengan cara buat tongseng kambing tanpa santan yang pastinya dengan tahapan dan langkah pembuatan yang mudah nan ringkas.

Nah teruntuk sohib-sohib semua sekalian yang mungkin ga suka atau ga doyan dengan sajian hidangan yang menggunakan santan dalam komposisinya, mungkin sajian serta artikel yang akan saya bahas kali ini sangat cocok untuk kalian sohib-sohib sekalian.

Eittss tapi, sebelum masuk ke pembahasan cara buat tongseng kambing tanpa santan saya pengen membahas sedikit terlebih dulu tentang hal yang masih terkait atau seputaran dengan hidangan tanpa santan.

Langsung saja tanpa perlu lagi ada kata beserta banyak basa-basi lagi. kita masuk ke pembahasan hidangan tongseng ini.

Tongseng

cara buat tongseng kambing tanpa santan

Ada ga sih kira-kira di antara sohib-sohib sekalian yang masih tidak mengenal ataupun belum tahu soal menu daging kambing yang akan dibahas kali ini?, masakan yang dapat dikatakan serupa nan sejenis dengan kari.

Meskipun begitu, terdapat perbedaan yang lumayan signifkan antara dengan kari/gulai dengan tongseng ini, yakni dalam penggunaan komposisi bumbunya beserta bagian daging yang akan digunakan.

Spesifiknya, daging bagian iga dan tulang rusuk yang sering digunakan untuk hidangan tongseng ini, meskipun begitu jika sohib-sohib sekalian ingin menggunakan bagian daging lain sebenarnya tidak ada masalah dan tidak memiliki pengaruh besar di hidangannya.

Komposisi bumbu yang digunakan pada hidangan tongseng ini umumnya juga lebih tajam dan pedas dibandingkan dengan gulai ataupun kari.

Cara Buat Tongseng Kambing Tanpa Santan

cara buat tongseng kambing tanpa santan

Setelah tadi saya bersama sohib sekalian sudah membahas hal yang seputaran dan berkaitan dengan tongseng kambing, kini saatnya saya akan membahas cara buat tongseng kambing tanpa santan.

Pastinya pembahasan yang akan saat ini dibahas sudah ditunggu sohib-sohib sekalian kan ? hehehe.

Langsung saja tanpa perlu lagi ada kata beserta banyak basa-basi lagi, berikut pembahasan mengenai resep beserta cara buat tongseng kambing tanpa santan.

Bahan-bahan :

  • 250 gram daging kambing (bagian iga atau tulang rusuk akan lebih bagus)
  • 2 lembar daun jeruk
  • 2 lembar daun salam
  • 2 serai (batang)
  • Kubis secukupnya (kalian potong-potong)
  • Tomat (cincang)
  • bawang hijau (daun bawang)
  • Cabe secukupnya saja (tidak wajib dan kalian sesuaikan dengan tingkat pedas yang diinginkan)
  • kaldu jamur (bebas menggunakan brand apapun)
  • kecap manis (bebas menggunakan brand apapun)
  • Garam secukupnya
  • Gula secukupnya
  • 1 liter kaldu (diambil dari air rebusan daging)

Bahan bumbu halus:

  • 3 siung bawang putih
  • 6 siung bawang merah
  • jahe (1 cm)
  • Kemiri (2 butir)
  • Lada bubuk (secukupnya)

Langkah-langkah Pembuatan :

  1. Pertama sohib-sohib sekalian bisa memasak daging yang tadi sudah sohib-sohib sekalian semuanya persiapkan bersamaan dengan serai, daun salam, beserta juga daun jeruk. Kemudian sohib lanjutkan dengan memasak semua bahan-bahan tadi sampai sekiranya daging menjadi lebih empuk dan tidak alot.
  2. Setelah itu, sohib-sohib sekalian bisa melanjutkannya dengan melakukan penumisan bahan bumbu halus hingga muncul harum. Dan kemudian sohib-sohib sekalian juga jangan sampai lupa untuk memasukkan serai, daun jeruk beserta daun salam kemudian kalian lanjutkan dengan menumisnya hingga muncul wangi harum.
  3. Setelah sekiranya tumisan tadi sudah tercium wangi harum, kalian bisa melanjutkannya dengan memasukkan daging yang sebelumnya sudah teman-teman masak tadi beserta jangan lupa juga untuk kalian sertakan bersamaan dengan kaldu bubuknya.
  4. Kemudian dilanjutkan dengan sohib-sohib sekalian melakukan penambahan kubis atau kol sesuai sayuran kalian siapkan, daun bawang, cabai (jika menggunakan), beserta juga kecap manis, lanjutkan dengan mengaduknya sampai semuanya merata, kemudian tambahkan juga kaldu jamur bubuk, gula, garam, dan dilanjutkan dengan memasaknya hingga matang.
  5. Setelah sekiranya sudah matang, kalian bisa menangkatnya dan mensajikan tongseng kambing tanpa santannya.

Tips dan Trik Agar Daging Tidak Bau

Mau kemana kalian ?, artikel kali ini tidak sebatas sampai resep saja, disini saya juga akan membahas sedikit tips beserta triknya agar kalian disaat memasak daging kambing tidak muncul bau prengus ataupun bau tidak sedap.

Pembahasan kali ini pastinya sangat bermanfaat bagi sohib-sohib sekalian, apalagi jika diantara kalian ada yang tidak pernah mengolah hidangan daging kambing sebelumnya.

Langsung saja tanpa perlu lagi ada kata beserta banyak basa-basi lagi kita langsung ke pembahasan mengenai tips dan trik agar daging kambing tidak bau.

Gunakan rempah cukup saat memasak

Tips beserta trik yang pertama akan saya bahas adalah dengan menambahkan rempah-rempah yang cukup disaat kalian ingin memasak, sohib-sohib sekalian bisa menambahkan kunyit ataupun jahe sebagai bumbu dan rempah tambahan di dalam komposisinya di saat ingin memasak.

Hal itu bisa mempengaruhi dikarenakan rempah jahe ataupun kunyit memiliki ciri aroma khasanah tersendiri yang dapat dikatakan sangat tajam, sehingga bisa membantu untuk menghilangkan bau daging saat diolah menjadi masakan.

Selain itu, terdapat juga benefit dari memasak dengan menggunakan ataupun menambahkan rempah ke komposisi kalian yakni dagingnya bisa menjadi lebih empuk dibandingkan tanpa menggunakan rempah rempah sama sekali.

Gunakan dan rebus bersamaan dengan lobak

Mungkin sohib-sohib sekalian masih ada yang belum tau di tips serta trik kali ini, memang sangatlah wajar karena cara ini pun masih sedikit orang yang tau.

Caranya sohib-sohib sekalian bisa memasak dagingnya bersamaan lobak secukupnya dengan waktu sekitar 30 menit bisa dipastikan nantinya daging kambing yang akan sohib-sohib sekalian olah nantinya akan hilang baunya.

Jangan dicuci saat masih mentah

Dan yang pembahasan yang terakhir yakni jangan pernah sohib sekalian mencuci daging kambingnya disaat masih dalam keadaan mentah, dikarenakan hal itu menambah serta membuat potensi dan peluang bau prengus dari daging kambing menjadi besar.

Tetapi kalian juga tak perlu khawatir karena terdapat alternatifnya, yakni sohib-sohib sekalian bisa memasak daging kambing secara langsung di air yang sebelumnya sudah mendidih terlebih dahulu serta menunggunya hingga berbusa.

Proses tadi bisa saya jamin bisa membantu untuk menghilangkan bau dar daging kambingnya sekaligus menghilangkan kotoran-kotoran yang tersisa dan masih terdapat pada daging kambing kalian.

Akhiran Artikel

Demikianlah artikel yang membahas hal seputaran dan berkaitan dengan cara buat tongseng kambing tanpa santan, saya sangat berharap artikel kali ini bisa membantu sohib-sohib sekalian yang sedang mencari ataupun tertarik dengan pembahasan terkait.

Kalian juga jangan lupa ya untuk mengunjungi artikel lainnya yang ada di situs ini !, karena pembahasan artikel disana ga akan kalah menarik loh dengan yang disini !, sampai jumpa and see u guys at another chance !.

Related Posts