Home Uncategorized Cara Cepat Mengolah Daun Menjadi Pupuk Kompos
Cara Cepat Mengolah Daun

Cara Cepat Mengolah Daun Menjadi Pupuk Kompos

by Happy Puspa

Cara Cepat Mengolah Daun – Apabila kita bandingkan dengan cara membuat pupuk kompos dari kotoran hewan ternak, kompos dengan bahan baku daun ternyata sangat jauh lebih mudah.

Yang pertama yaitu daun lebih ringan namun kalau beratnya ya tetap sama berat.

Maksudnya apabila kita bandingkan dengan kotoran sapi, kotoran kambing, kotoran ayam atau kotoran hewan ternak lain, sama – sama satu serok, sampah daun tidak menghabiskan tenaga banyak.

Yang kedua yaitu sampah daun tidak basah serta bersih, menurut materi sampah daun dengan kotoran ternak terlihat sangat jelas bedanya.

Akan tetapi, jika memang benar – benar ingin berniat masuk dalam dunia pengomposan, antara sampah daun dengan kotoran hewan ternak, seharusnya tidak melihat dari prospektif tersebut.

Sudut pandang tersebut umumnya dialami oleh para petani maupun pekebun, lantaran tidak biasa berurusan dengan kotoran hewan ternak, jadilah merasa jijik.

Pohon – pohon ada banyak di jalan perkotaan, tapi hewan ternak unggas atau ruminansia hampir tidak ada.

Oleh sebab itu, ada sedikit kotoran ayam yang jatuh, baunya menyerbak kemana – mana. Sebab belum terbiasa makanya penciuman penduduk kota sangat sensitif.

Berlainan dengan kita yang bertempat tinggal di desa, kotoran ayam kampung yang dijatuhkan dimana saja bukan menjadi masalah yang terlalu mengganggu. Sampai – sampai makan atau minum dekat kandang ternak pun sudah menjadi biasa.

Cara Cepat Mengolah Daun Menjadi Pupuk Kompos

Cara Cepat Mengolah Daun

Daun yang jatuh dari pohon itu tidak dalam keadaan kering, warnanya memang kuning. Tapi itu tidak berarti bila daun dalam keadaan kering, daun kering berwarna coklat.

Apabila menemukan sampah daun kering di pekarangan rumah Anda, itu berarti anda tidak menyapu halaman selama beberapa hari ini.

Daun – daun yang berjatuhan ini akan secara alami terdekomposisi atau sering disebut terurai. Kita diamkan saja juga nanti seiring berjalannya waktu akan menjadi pupuk kompos sendiri.

Namun sebelum masuk ke dalam cara membuat pupuk kompos dari daun, Kita perlu mengetahui kriteria daun yang dapat kita olah menjadi kompos seperti berikut.

a. Pakai Daun yang Sudah Tua

Dasar kompos sendiri yaitu pupuk yang terbuat dari sampah organik, maka dari itu untuk membuatnya manfaatkanlah daun yang sudah tua.

Sebab daun tersebut akan berjatuhan dengan sendirinya, sehingga Kita hanya perlu mengambilnya dari atas tanah.

Tetapi jika ada daun muda yang ikut gugur, Kita juga dapat mengambilnya sebagai bahan campuran dengan perbandingan 3:1.

b. Pilihah Daun yang Masih Hijau

Cara membuat pupuk kompos dari daun berikutnya yaitu pastikan jika daun tua yang diambil masih ada warna hijaunya, dalam artian walaupun warnanya telah menguning namun daun tersebut tidak mengering sempurna.

Daun yang telah mengering dan mudah hancur hanya menyisakan kandungan organik yang sangat sedikit. Sehingga manfaat kompos bagi pertumbuhan tanaman akan kurang manjur.

c. Pilihlah Jenis Daun dengan Ukuran Ideal

Agar bisa mendapatkan jumlah kompos yang banyak, maka pertimbangkan dalam memilih daun – daun dengan ukuran yang agak besar. Hal ini merupakan cara membuat kompos sederhana dan cepat, karena Kita tidak perlu mengumpulkan daun yang terlalu banyak.

Jenis daun yang ideal misalnya seperti daun manga, daun ini mempunyai ukuran yang lumayan besar, kemudian saat berguguran jumlahnya juga terbilang banyak. Kita bisa mengumpulkan daun ini menggunakan bantuan karung atau polybag, kemudian untuk diolah hingga menjadi kompos.

Pupuk Kompos dari Daun Sederhana

Secara sederhana, cara membuat kompos dari daun yaitu sebagai berikut :

  • Buatlah lubang di tanah, lalu daun kita masukkan ke dalam lubang tersebut. Kemudian daun kita timbun dengan tanah.
  • Siapkan wadah ember dengan ukuran yang agak besar, bagian dasar kita beri dengan tanah atau kompos yang sudah jadi. Masukkan sampah daun lalu padatkan, jika sudah pada bagian atas tutup dengan tanah kembali.
  • Kumpulkan kemudian biarkan saja terkena panas dan hujan, tetapi harus teratur supaya sampah daun tidak berhambur karena angin .
  • Tidak ada waktu yang pasti, kapan pembuatan kompos dari daun di atas akan menjadi kompos, secepat-cepatnya butuh waktu berbulan – bulan.

Tips Cepat Mengolah Daun Menjadi Pupuk Kompos

Apabila ingin proses pengomposan yang lebih cepat, kita harus menambahkan treatment pada kompos.

Hal – hal yang dapat kita lakukan untuk mempercepat proses pengomposan antara lain sebagai berikut :

  • Menambahkan starter bakteri, misalnya EM4, starbio atau mikro organisme lokal.
  • Mencacah sampah daun hingga menjadi ukuran yang jauh lebih kecil menggunakan mesin pencacah. Semakin kecil ukuran daunnya, maka semakin bagus. Sebab akan meningkatkan luas permukaan kerja dari mikroorganisme starter.
  • Meningkatkan bahan yang bersifat sebagai sumber tenaga untuk bakteri, misalnya gula, molases atau dedak padi.
  • Mengaduk tumpukan kompos secara berkala dan teratur.

Demikian artikel mengenai Cara Cepat Mengolah Daun Menjadi Pupuk Kompos, semoga artikel ini dapat menambah wawasan dan bermanfaat untuk Kita semua, terima kasih.

Related Posts