Home Uncategorized Cara Kerja Search Engine Optimization dan Jenis-Jenis Trafficnya!
cara kerja search engine optimization

Cara Kerja Search Engine Optimization dan Jenis-Jenis Trafficnya!

by Happy Puspa

SEO memang bukan istilah yang asing bagi pebisnis. Tetapi, untuk Anda para pelaku bisnis atau pun marketer di bidang digital, mungkin pernah bahkan sering mendengar istilah tersebut. Jika Anda baru terjun di dunia digital marketing, tidak ada salahnya untuk memahami SEO ini karena keberadaan SEO juga penting sebagai penunjang dari strategi digital marketing bisnis Anda. Nah, Anda bisa memulainya dengan pemahaman mendasar tentang SEO dan bagaimana cara kerja search engine optimization tersebut. Simak artikel berikut untuk menemukan jawabannya!

Cara Kerja SEO

Pada dasarnya, search engine atau mesin pencari memiliki tiga cara kerja utama, yaitu:

  • Crawling adalah menjelajahi internet untuk konten, mencari kode/konten untuk setiap URL yang mereka temukan.
  • Indexing adalah menyimpan dan mengatur konten yang ditemukan selama proses crawling. Setelah sebuah halaman berhasil diindeks, maka halaman itu sudah dalam proses untuk ditampilkan sebagai hasil dari permintaan yang relevan.
  • Rangking adalah menyediakan potongan-potongan konten yang paling baik menjawab permintaan pencari, yang berarti bahwa hasil pencarian diurutkan berdasarkan konten yang paling relevan hingga yang kurang relevan.

Mesin pencari ternyata menggunakan algoritma tertentu untuk menentukan konten mana yang layak menempati ranking teratas hasil pencarian. Hal ini berlaku untuk semua mesin pencari seperti Google, Yahoo!, Bing, maupun Duckduckgo. Sama halnya Instagram, Google juga selalu memperbarui algoritmanya untuk memberikan hasil pencarian yang lebih relevan dan solutif untuk para penggunanya. Dari 2011 hingga sekarang, setidaknya sudah ada delapan major update yang dilakukan oleh algoritma Google.

Jenis-Jenis Traffic SEO

Setelah membahas mengenai cara kerja search engine optimization, anda mungkin bertanya-tanya dari mana saja traffic bisa didapatkan? Selain tentunya dari pencarian organik, traffic bisa didapatkan dari pencarian terkait nama brand-anda maupun melalui referal link. 

Ada 3 jenis traffic SEO yang bisa anda optimalkan untuk mendatangkan lebih banyak traffic ke website:

1. Organic Traffic

Organic traffic yaitu traffic yang diperoleh dari hasil pencarian keyword yang relevan dengan website. Contohnya, jika anda memiliki website tentang teknologi dan di dalam website-anda terdapat konten yang mengandung keyword seputar teknologi. Maka, website-anda akan memiliki kesempatan untuk muncul ketika seseorang mencari keyword tersebut di Google.

Tentunya, kesempatan tersebut akan semakin meningkat jika anda menerapkan teknik SEO yang tepat. Semakin sering website anda muncul dimesin pencarian, maka kesempatan untuk mendapatkan traffic juga akan semakin besar.

2. Referral Traffic

Referral traffic yaitu traffic yang didapatkan dari pihak lain, di luar website anda sendiri. Biasanya bisa berupa referral link atau link rujukan dari website, blog, maupun media sosial milik pihak lain.

Semakin banyak orang yang meng-klik link rujukan tersebut, maka akan semakin banyak traffic yang akan anda dapatkan. Anda juga bisa menemukan dua website yang saling memberikan link ke satu sama lain, praktik ini disebut juga dengan reciprocal link.

3. Branded Traffic

Branded traffic yaitu traffic yang diperoleh ketika seseorang mencari langsung nama brand-mu di mesin pencarian. Mirip dengan cara kerja organic traffic, tetapi keyword yang digunakan dalam branded traffic hanya yang berkaitan dengan brand anda saja.

Branded traffic termasuk salah satu jenis traffic yang tidak boleh luput dari perhatian dan harus selalu dioptimalkan. Orang yang mencari nama brand anda di Google pastinya orang yang ingin mengetahui informasi tentang brand anda. Jadi, selalu pastikan website anda ada di urutan paling atas hasil pencarian dengan terus mengoptimalkan branded traffic.

Manfaat SEO untuk Website dan Bisnismu

Alasan mengapa banyak orang menerapkan SEO adalah karena dapat mendatangkan banyak traffic ke website. Namun selain itu, SEO juga memiliki manfaat lain sebagai berikut:

1. Membangun Kepercayaan dan Kredibilitas Website

Optimasi yang anda lakukan, baik dari segi on-page SEO maupun off-page SEO merupakan cara tidak langsung untuk membangun kepercayaan dan kredibilitas website milik anda.

Misalnya saja, ketika anda harus membangun backlink, maka setidaknya anda harus menyediakan konten yang berkualitas. Supaya orang lain merasa percaya hingga akhirnya menjadikan website anda sebagai referensi dan memberikanmu tautan balik.

2. Membantu Perusahaan Mendengarkan Konsumen

Salah satu teknik SEO untuk mendatangkan traffic yaitu dengan membuat konten yang sesuai dengan search intent atau maksud pencarian.

Dengan mempelajari apa itu SEO, anda akan diarahkan untuk mendengarkan keinginan konsumen. Memahami perilaku  mereka dari apa yang mereka cari pada mesin pencarian.

3. Memberikan Kenyamanan bagi Pengunjung Website

Banyak faktor yang bisa mempengaruhi kenyamanan pengunjung website anda. Salah satunya yaitu soal kecepatan loading website.

Jika pada akhirnya anda menerapkan teknik SEO pada website anda, seperti mempercepat loading website. Maka, anda akan memberikan kenyamanan bagi pengunjung website anda.

4. Meningkatkan Engagement, Traffic dan Conversion

Menerapkan teknik SEO yang tepat tentunya juga akan meningkatkan traffic atau kunjungan ke website anda.

Anda bisa memanfaatkan kesempatan ini untuk sekaligus meningkatkan engagement maupun conversion. Misalnya, dengan menaruh pop-up banner di website anda.

5. Meningkatkan penjualan

Teknik penjualan yang baik ditambah lagi dengan teknik SEO akan membantu anda mendapatkan lebih banyak lagi penjualan.

Dengan menerapkan SEO, visibilitas website anda akan semakin meningkat. Sehingga, konsumen akan menemukan website anda dengan lebih cepat, dan anda juga memiliki kesempatan yang lebih baik untuk menawarkan produk.

6. Dapat menjadi Investasi Jangka Panjang

Algoritma Google selalu mengalami perubahan dan juga pembaruan. Untuk itu, penerapan SEO pada website bukan termasuk aktivitas jangka pendek.

Anda perlu mengevaluasi website anda secara konsisten dan menyesuaikannya dengan perkembangan algoritma yang ada. Sehingga, website anda akan terus mendatangkan traffic seperti yang diinginkan.

Setelah mengetahui cara kerja SEO, jenis-jenis traffic dan manfaat SEO, pastinya anda dapat memaksimalkan penggunaan Search Engine Optimization supaya bisa bersinergi dengan mesin pencari dan mendapatkan hasil terbaik.  Selamat mencoba!

Related Posts