Home Uncategorized Cara Memasak Gudeg Jogja Kering Dengan Mudah

Cara Memasak Gudeg Jogja Kering Dengan Mudah

by Happy Puspa

Ketika kita berbicara tentang makanan khas Jogjakarta, Gudeg muncul. Gudeg yang gurih dan manis ini memang menjadi makanan ikonik dari Yogyakarta. Kali ini kami akan menunjukkan cara memasak Gudeg Jogja kering yang enak dan tentunya enak.

Makanan gudeg ini menggunakan nangka muda sebagai bahan utamanya. Warna coklat pada gudeg ini tercipta saat nangka muda dimasak dengan gula aren atau biasa disebut gula jawa.

gudeg jogja kering
cara memasak gudeg jogja kering

cara memasak masakan gudeg jogja kering

Gudeg, makanan khas Jogjakarta ini sudah dikenal seantero Jogjakarta karena rasanya yang enak dan kemudahan dalam pembuatannya. Makanan yang satu ini memiliki umur yang diperkirakan lebih tua dari umur Jogja sendiri.

Gudeg sudah ada sejak abad ke-16, ketika tentara kerajaan Mataram menghancurkan hutan untuk membangun peradaban baru. Hutan ini terletak di daerah perkotaan besar. Ternyata banyak nangka dan pohon kelapa di hutan.

Penamaan Gudeg

Gudeg ini, sebelum mendapat nama Gudeg, masyarakat zaman Duku menyebut makanan ini Hangudek, yang artinya mengaduk. Mengapa dikatakan Anda bertanya? Hal ini dikarenakan Gudeg dimasak dengan cara mengaduk santan dan nangka muda di dalam oven besar. Itulah Gudeg yang kita kenal sekarang. Cara membuat gudeg jogja kering ini juga mudah

Dahulu makanan ini hanya digemari oleh para tentara dan masyarakat sekitar, walaupun masih kecil-kecilan, namun lambat laun Gudeg mulai dikenal semua orang karena bahan utamanya mudah ditemukan dan rasanya yang enak.

Dulu, gdueg hanyalah nangka muda yang hanya diberi bumbu santan. Karena sajian kuliner yang fleksibel sekarang, orang terkadang menambahkan tempe dan tahu di Gudeg. Untuk darah biru, mereka biasanya mencampur gudeg dengan telur dan ayam di gudeg.

Baru pada tahun 1970-an dan 1980-an Jogja mulai mempromosikan kawasan Gudeg di kawasan Wijilan. Di bagian ini Anda akan menemukan Gudeg legendaris yaitu Gudeg Yu Djums dan penjual Gudeg lainnya

Bahan Gudeg

Selain nangka muda, Gudeg ini juga menggunakan berbagai bumbu seperti daun salam, batang serai, lengkuas, bawang merah, kemiri, bawang putih dan ketumbar. Telur, daging atau tahu dan tempe biasanya menjadi bahan pelengkap dalam masakan Gudeg. Perpaduan bahan-bahan yang berbeda ini pada akhirnya membuat Gudeg menjadi cita rasa yang lezat dan unik dalam masakan Indonesia

Cara Membuat Gudeg Jogja Kering

bahan

Nangka muda – secukupnya
Daun salam – 10 lembar
Daun jeruk – 5 lmbr
Tahu putih – 6 kotak
Ayam – 1/2 kilo


membumbui

lengkuas
Serai – 2 batang
bawang merah – 10 siung
Bawang putih – 6 siung
ketumbar – 1 sendok makan
Kacang kemiri – 3 butir
Gula aren – 1,5 blok
Gula pasir secukupnya
Kerucut santan – 4 bungkus
4 teh celup (pilihan jika tidak ada daun jati)

Langkah

  1. Potong nangka muda menjadi kotak
  2. Haluskan semua bawang merah, bawang putih, lilin, dan ketumbar.
  3. Dalam wajan, tata di bawah teluk, serai dan daun jeruk agar tidak lengket.
  4. Selanjutnya tambahkan bumbu halus dan kemudian ayam
  5. Masukkan semua nangka muda, tahu, gula merah, dan gula pasir
  6. Kemudian tambahkan santan dan tambahkan air bersih sampai nangka terendam. Terakhir, tambahkan kantong teh untuk membuat warna hangat lebih gelap dan coklat lebih gelap
  7. Panaskan dengan api kecil selama 6 jam sampai panasnya mengering. Setiap kali Anda ingin makan sesuatu, panaskan saja. Semakin lama, semakin kering dan semakin coklat. Saya mendapat warna coklat dan kering pada hari ketiga saya memanaskannya.

Related Posts