Home Uncategorized Cara Memasak Sup Jagung Telur Simple Di Rumah Ala Restoran
cara memasak sup jagung telur simple

Cara Memasak Sup Jagung Telur Simple Di Rumah Ala Restoran

by Happy Puspa

Cara memasak sup jagung telur simple Anda sedang mencari ide untuk resep sup jagung yang simple dan unik? Cara membuatnya memang tidak terlalu sulit tetapi tidak mudah juga. Jika salah dalam mengolah maka hasilnya pun tidak akan memuaskan dan bahkan tidak enak. Padahal sup jagung simple yang enak selayaknya memiliki aroma dan cita rasa yang dapat memancing selera oranng.

Ada beberapa hal yang sedikit banyak dalam mempengaruhi kualitas rasa pada sup jagung simple, mulai dari jenis bahan yang digunakan, lalu pemilihan bahan yang segar sampai cara dalam membuat dan menyajikannya. Tidak usah pusing lagi bila ingin membuat sup jagung simple enak sendiri di rumah, karena telah tahu triknya maka hidangan ini bisa menjadi suguhan yang sangat istimewa.

Di bawah ini terdapat beberapa cara yang mudah dan praktis dalam membuat sup jagung simple yang siap untuk dikreasikan. Anda dapat dapat menyiapkan Sup Jagung Simple. Berikut di bawah ini cara memasak sup jagung telur simple.

Bahan-bahan dan bumbu yang dibutuhkan untuk menyiapkan Sup Jagung Simple:
cara memasak sup jagung telur simple
  1.  3 sdm minyak goreng digunakan untuk menumis
  2. 2 siung bawang putih yang sudah di geprek
  3. 1500 -1800 ml air mineral
  4. 250 -300 gr daging ayam, rebus sampai matang
  5. 420 gr jagung kalengan (buang air dan bilas dengan air) atau 1/2 jagung besar yang segar
  6. 4 butir telur
  7. 1 – 2 batang bawang daun, iris tipis (opsional)
  8. 3/4 – 1 sdm garam
  9. 2 sdm kaldu bubuk
  10. 1 sdt merica
  11. 4 sdm tepung tapioka
  12. 150 ml air digunakan untuk melarutkan tepung tapioka
Langkah-langkah membuat Sup Jagung Simple:
  1. Cara membuat sup jagung bisa dikatakan mudah. Langkah pertama, buka kaleng jagung, buang airnya, lalu bilas jagung dengan menggunakan air. Anda dapat mengganti bahan ini dengan 1/2 jagung besar segar yang sudah dipipil menggunakan mesin perontok jagung.
  2. Rendam daging ayam dalam air perasan jeruk selama sekitar 5 menit. Lalu cuci ayam sampai bersih. Buang kulit dan lemak yang ada pada daging ayam, Selanjutnya potong kecil sesuai dengan selera.
  3. Geprek tiga siung bawang putih. Panaskan sedikit minyak yang akan digunakan untuk menumis bawang putih
  4. Tuangkan 1500 ml – 1800 ml air yang akan dididihkan, masukkan potongan ayam.
  5. Masak potongan ayam dengan api yang kecil dan buang buihnya ketika mendidih
  6. Masukkan jagung dan didihkan lagi
  7. Kocok 4 butir telur ke dalam mangkuk atau wadah. Masukkan telur saat air telah mendidih dengan diaduk
  8. Tambahkan 1 – 2 batang daun bawang yang sudah diiris tipis-tipis (opsional)
  9. Masukkan garam, kaldu bubuk, dan merica. Aduk hingga merata sempurna sup jagung.
  10. Sementara itu, tuang sebanyak 4 sdm tepung tapioka ke dalam mangkuk kecil dan tambahkan 150 ml air
  11. Tuang ke dalam larutan tepung tapioka dalam panci kuah sup jagung perlahan sambil diaduk sampai tekstur pada kuahnya sudah mengental. Koreksi rasa sup jagung.
  12. Matikan kompor, hidangkan sup jagung dalam mangkuk dengan keadaan yang masih hangat.
Tips membersihkan bahan membuat jagung kental:
cara memasak sup jagung telur simple

1. Bersihkan jagung manis, wortel dan juga fillet ayam terlebih dahulu. Nah, bersihkan jagung manis dari bagian cangkang, rambut jagung dan juga bonggol dari jagungnya tersebut. Bersihkan dengan merata sempurna. Lalu pipil jagung dengan menggunakan tangan atau sisir dengan menggunakan pisau atau juga menggunakan mesin perontok jagung secara merata. Masukkan jagung dalam wadah dan sisihkan untuk sementara waktu.

2. Selanjutnya, potong-potong wortel dengan berbentuk bulan dengan menggunakan ukuran 1,5 cm, atau kamu dapat memotongnya sesuai dengan selera yang sedang diinginkan. Masukkan kembali potongan wortel ke dalam wadah yang sama dengan memasukkan jagung dan kemudian sisihkan kembali.

3. Sementara untuk bagian fillet dada ayam, potong-potong fillet ayam dengan memakai pisau dengan ukuran yang sesuai dengan selera yang kamu inginkan. Masukkan ke dalam wadah kemudian bersihkan bersama dengan sayuran yang tadi telah dipotong potong. Angkat jika telah bersih dan kemudian di sisihkan kembali.

Tips ketika membuat sup jagung:
  1. Sweet corn creme style merupakan jagung manis dengan kuah yang kental yang dikemas ke dalam kaleng. Rasanya sedikit manis dengan biji jagung yang tidak terlalu banyak.
  2. Jagung manis untuk sup jagung telur ini lebih baik pilih yang sedang tuanya. Pipili atau serut biji jagung bisa dengan menggunakan mesin perontok jagung sedikit kasar.
  3. Selain daging ayam dapat digunakan surimi (imitasi daging kepiting) atau daging kepiting.

Makanan ini mempunyai cita rasa yang manis sesuai dengan bahan dasar yang digunakan yaitu jagung manis atau jagung sayuran. Sup Jagung telur di atas sangat cocok untuk di sajikan sebagai menu utama pada saat sarapan, makan siang atau juga makan malam. Ternyata olahan dengan menggunakan bahan dasar jagung sangat banyak jenisnya di antaranya yaitu Sup Asparagus Jagung , Bakwan Jagung (Dadar Jagung) , serta Tumis Buncis Jagung dan tentu saja sajian tersebut sangat pas untuk Anda dan juga keluarga, selamat menikmati Resep mudah enak banget untuk yang ingin sup simple tapi high class Buatnya cepat cocok untuk menu sahur atau juga menu buka puasa. Resep Bubur Jagung, paling sedap untuk hidangan minum petang. Resep yang mudah, tetapi sungguh dapat membuka selera.

Bagaimana? Sangat mudah bukan? Itulah cara membuat sup jagung telur simple yang dapat Anda lakukan sendiri di rumah. Selamat mencoba dan semoga berhasil!

Related Posts