Home Uncategorized Cara Membuat Adonan Martabak Mie Sendiri Enak dan Lezat
cara membuat adonan martabak mie

Cara Membuat Adonan Martabak Mie Sendiri Enak dan Lezat

by Happy Puspa

Sekarang ini sudah sangat banyak muncul varian varian martabak yang ada salah satunya adalah martabak mie. Untuk cara membuat adonan martabak mie sendiri tidaklah sulit dan tidak rumit lho.

Berbeda dengan martabak lainnya martabak mie merupakan mie yang dicampur dengan telur dan beberapa bahan lain yang kemudian digoreng menjadi berbentuk bulat dan besar. Mungkin karena bentuknya ini yang bulat dan besar yang membuatnya disebut martabak.

Martabak yang biasanya menggunakan tepung terigu akan tetapi untuk martabak mie ini menggunakan telur, mie, susu dan topping seperti sosis, daging, sayur dan yang lainnya. Untuk orang yang menjualnya, martabak mie ini juga sudah sangat banyak orang yang menjualnya.

Berbeda juga dengan martabak telur dan martabak manis yang dijual bersamaan, Martabak mie ini dijual sendiri. Biasanya martabak mie dijual dipinggir jalan juga dengan menggunakan gerobak.

martabak mie ini memiliki rasa yang gurih dan renyah, rasa inilah yang manjadi salah satu alasan orang banyak menyukai martabak mie ini.

Selain itu martabak mie memiliki porsi yang lumayan besar dan juga bisa dimakan dengan nasi. Dengan itu kamu bisa lebih kenyang ketika memakan martabak mie ini.

Akan tetapi walaupun sudah banyak yang menjualnya kamu juga bisa mencoba membuatnya sendiri lho. Membuat martabak mie ini termasuk mudah. Selain bahan yang digunakan hanya beberapa saja martabak mie sendiri hanya menggunakan beberapa langkah saja dalam proses membuatnya.

Pasti kamu masih asing dengan martabak yang satu ini atau mungkin kamu adalah salah satu orang yang sering memakan martabak mie ini dan menyukainya.

Sekilas memang martabak mie ini hampir mirip sekali dengan omelet mulai dari bentuk dan rasanya. Tetapi martabak mie dan omelet memiliki beberapa perbedaan.

Sebelum kamu mencoba membuat martabak mie ini akan lebih baik jika kamu mengetahui beberapa informasi mengenai martabak mie ini. Berikut sudah kami rangkum beberapa informasi mengenai martabak mie untuk kamu.

Apa Sih Martabak Mie Itu Sebenarnya

cara membuat adonan martabak mie

Martabak mie merupakan salah satu makanan yang sekarang ini sudah dikenal banyak orang. Martabak mie terbuat dari bahan seperti mie, telur, margarin, garam, minyak goreng dan beberapa bahan lainnya.

Biasanya martabak mie ini ditambahkan beberapa topping pada adonannya yaitu seperti sosis, daging, sayuran dan yang lainnya.

Dengan isian topping ini menjadi salah satu daya tarik dari martabak mie ini sendiri juga. Martabak mie memiliki rasa yang enak, gurih dan renyah. Kemudian untuk bentuknya sendiri martabak mie mempunyai bentuk bulat seperti martabak manis.

Mungkin bentuknya yang hampir mirip dengan martabak manis ini menjadi salah satu alasannya disebut dengan martabak.

Dengan berbagai topping dan isian yang digunakan ini banyak orang yang menyukainya juga.

Mungkin kita agak asing dengan martabak mie ini, Martabak mie ini sendiri hampir sama dengan omelet jika kita bandingkan sekilas keduanya sangatlah mirip.

Akan tetapi terdapat perbedaan dari keduanya mulai dari bahan yang digunakan untuk membuat dan kemudian bentuk dan ukuran porsi dari keduanya.

Keuntungan Membuat Martabak Mie Sendiri

cara membuat adonan martabak mie

Kini sudah sangatlah banyak orang yang menjual martabak mie ini dipinggir jalan. Walaupun begitu kamu bisa mencoba membuatnya sendiri dirumah karena cara membuat adonan martabak mie ini termasuk mudah.

Dengan membuat martabak mie ini sendiri kamu bisa menajmin kualitas dan kehigenisan bahan dan proses pembuatannya.

Selain itu kamu bisa meningkatkan dan mengasah kemampuan memasak martabak mie kamu ini.

Untuk membantu dan mempermudah kamu membuat martabak mie ini kamu bisa mengecek Mesin Makanan

Cara Membuat Adonan Martabak Mie Rumahan Gurih dan Enak

cara membuat adonan martabak mie

Selain cara membuat martabak mie ini kamu juga bisa mencoba Cara Bikin Adonan Martabak Mini Mudah dan Lezat

Bahan-bahan:

  • 1 Mie Instan direbus hingga matang lalu tiriskan.
  • 2 butir telur ayam atau bisa juga bebek.
  • Tiga siung bawang merah, yang telah di iris tipis.
  • Dua siung bawang putih, yang sudah di iris tipis.
  • 1 daun bawang, yang sudah di iris tipis.
  • Cabai sesuai keinginan, Iris juga tipis.
  • Merica sesuai selera kamu.
  • Minyak goreng.

Cara Membuat

  1. Pertama kamu bisa mencampurkan bahan bahan seperti telur, merica, dan bumbu bubuk mie instan, kemudian aduk bahan tersebut hingga merata. Sesudah semua bahan rata, kamu bisa menambahkan bahan lain seperti cabai, bawang merah, bawang putih, dan daun bawang, kemudian aduk campur kembali hingga semua bahan tercampur merata
  2. Kamu bisa memastikan dan menyesuaikan rasanya dari adonan tadi sesuai dengan selera kamu. Sesudah itu, kamu bisa menambahkan mie yang telah matang tadi ke dalam adonan tersebut, dan aduk kembali hingga semuanya tercampur rata.
  3. Setelah itu kamu bisa memanaskan wajan anti lengket dengan menggunakan sedikit tuangan minyak goreng. Masukkan adonan martabak mie semuanya ke dalam wajan tersebut kemudian goreng menggunakan api yang kecil hingga martabak mie ini menjadi matang
  4. Kamu bisa menunggu martabak mie ini matang pada bagian bawahnya dengan cara melihatnya berubah warna lebih kecoklatan, kemudian jika sudah terlihat matang pada baian bawahnya kamu bisa membaliknya dan menunggu bagian satunya matang juga
  5. Angkat martabak mie dan kemudian kamu bisa memotongnya sesuai selera dan menyajikannya.

Related Posts