Home Uncategorized Cara Membuat Alat Arum Manis Tradisional yang Sederhana
Cara Membuat Alat Arum Manis Tradisional

Cara Membuat Alat Arum Manis Tradisional yang Sederhana

by Happy Puspa

Kamu tahu arum manis? Arum manis merupakan salah satu jajanan pasar tradisional yang masih eksis hingga saat ini. Tampilan arum manis dari zaman ke zaman juga mengalami perubahan, akan tetapi arum yang lama juga masih ada kok. Membahas mengenai arum manis, kamu penasaran ngga sih dengan alat yang digunakan untuk membut arum manis? Kebelutlan sekali nih, karena pada kesempatan artikel kali ini akan ada pembahasan mengenai cara membuat alat arum manis tradisional yang sederhana. Jangan khawatir, bahan-bahan yang digunakan cukup mudah dicari dan untuk cara membuatnya juga tidak terlalu sulit kok. Kamu penasaran nih bagaimana cara membuat alat arum manis tradisional tersebut? Untuk itu, yuk kita simak cara membuatnya.

Cara Membuat Alat Arum Manis Tradisional

Alat dan Bahan:

  • Gunting
  • Paku
  • Palu
  • Korek Api
  • Solder
  • Alat pengelas
  • Kaleng minuman bekas yang sudah dicuci bersih
  • Dynamo Tamiya
  • Kabel
  • 2 buah baterai yang berukuran besar
  • Baskom
  • Timah gulungan
  • Besi silinder
  • Stick yang terbuat dari bambu atau gulungan karton

Cara Membuat Alat Arum Manis Tradisional:

  1. Potong kaleng minuman bekas yang sudah dibersihkan menjadi 2 bagian, kemudian ambil bagian bawah kaleng yang dipotong tadi dan rapikan potongannya.
  2. Bagian samping dan bawah kaleng yang di ambil satu permukaannya tadi diberi lubang kecil.
  3. Tutup bagian bawah kaleng minuman dengan menggunakan bagian atas kaleng yang terpotong tadi. Lalu rapatkan kedua bagian kaleng dan dirapikan.
  4. Ambil dynamo tamiya, perhatikan bagian bawah dynamo, terdapat 2 kuningan yang menonjol. Sambungkan kabel yang sudah disediakan sebelumnya dengan 2 buah kuningan yang berada di bawah dynamo tadi. Kuningan yang berada di bawah dynamo berfungsi sebagai kutub positif dan negatif arus listrik yang nantinya akan mengalir.
  5. Kemudian sambungkan kabel dengan 2 baterai besar yang telah disusun seri. Dengan salah satu kabel ke kutub positif ataupun ke kutub negatif, akan tetapi kabel yang kedua jangan disambungkan ke baterai.
  6. Gabungkan baskom yang telag dilubangi pada bagian tengahnya dengan dynamo yang sudah dirangkai sebelumnya.
  7. Panaskan kaleng minuman yang sudah dirangkai dengan menggunakan besi silinder yang dialir spritus.
  8. Nyalakan korek api dan beri apinya pada ujung besi silinder yang telah dialiri spritus.
  9. Jika api pada besi silinder sudah nyala, letakkan besi tersebut dibawah kaleng yang sudah dilubangi.
  10. Masukkan satu sendok makan gula pasir ke dalam kaleng yang telah dilubangi pada bagian atasnya.
  11. Setelah kaleng minumannya sudah lumayan panas, ambil kedua kabel yang belum tersentuh baterai. Sentuhkan dan tahan kedua kabel tersebut pada kaleng.
  12. Apabila alatnya sudah berputar tunggu beberapa saat hingga muncul serabut yang menyerupai kapas yang tipis. Nah itulah yang dinamakan arum manis.
  13. Gulung serabut gula tadi menggunakan stick yang terbuat dari bambu atau bisa juga menggunakan gulungan karton. Putar stick atau gulungan karton secara perlahan dan searah jarum jam dengan mengeilingi baskom hingga arum manis yang berada disekitar baskom habis melilit di sticknya.

Fungsi dari Alat Arum Manis Tradisional

Alat arum manis atau mesin pembuat arum manis berfungsi sebagai alat yang dapat mempermudah kamu dalam proses pembuatan arum manis. Karena dengan adanya mesin ini, kamu tidak perlu mengeluarkan banyak tenaga. Dan juga mesin ini dapat mempersingkat waktu dalam proses produksi arum manis.

Jika kamu membuat arum manis dengan menggunakan mesin atau alatnya, maka dalam jangka waktu satu menit saja kamu sudah bisa membuat 2 hingga 5 biji arum manis. Bayangkan saja, jika kamu membuat arum manis tanpa mesin atau dengan cara yang manual. Tentu waktu yang akan kamu butuhkan untuk membuat satu biji arum manis akan sangat lama. Jadi, dengan adanya mesin produksi arum manis ini, kamu tidak perlu repot-repot lagi untuk membuat arum manis. Dan pastinya dengan mesin produksi arum manis ini akan lebih praktis daripada kamu membuat arum manis dengan cara manual.

Cara Kerja Mesin Arum Manis

Mesin pembuat arum manis mempunyai sistem kerja yang hampir sama dengan termos. Namun keduanya tentu saja mempunyai perbedaan, nah yang membedakannya yaitu bahan yang digunakan untuk kedua mesin ini yang berbeda. Untuk cara menggunakan mesin pembuat arum manis ini juga cukup mudah. Kamu hanya tinggal menuangkan gula pasir yang sudah ditakar ke dalam lubang bagian tengah wadah yang ada di mesin arum manis tesebut. Lalu tunggu beberapa saat hingga gula pasirnya meleleh dan muncul seperti kapas tipis yang ada pada wadah.

Mesin arum manis mempunyai sistem pengendalian suhu untuk menjaga agar gula pasir tetap dalam keadaan meleleh. Sehingga gula pasirnya akan membentuk serabut kapas yang tipis dan lembut. Nah dengan tekstur dari arum manis yang lembut tadi, maka saat konsumen menikmatinya akan terasa lebih nikmat.

Itu tadi sedikit pembahasan mengenai cara membuat alat arum manis tradisional yang sederhana. Jika kamu tidak memiliki cukup uang untuk membeli mesin arum manis yang modern, kamu bisa mencoba membuat alat arum manis tradisional ini. Walaupun pembuatan arum manisnya masih menggunakan alat tradisional kamu bisa menambahkan inovasi baru untuk lebih manrik minat pembeli. Misalnya dari kemasan arum manis, rasa, warna, dan juga bentuk dari arum manis buatanmu sendiri.

Related Posts