Home Uncategorized Cara Membuat Amplang Ikan Tenggiri

Cara Membuat Amplang Ikan Tenggiri

by Happy Puspa

Hai! kamu lagi mencari inspirasi cara membuat amplang ikan tenggiri yang nikmat dan sederhana,maka di sinilah tempatnya. Resep amplang tenggiri sebenarnya tidak susah untuk dibuat jika kita membuatnya dengan hati-hati.

Nah buat kamu yang akan memasak amplang tenggiri yang enak, ada beberapa langkah yang dapat dilakukan, mulai dari memilih jenis bahan, kemudian pemilihan bahan segar, sampai cara membuat dan menyajikannya. kamu Tidak usah pusing jika ingin menyiapkan amplang tenggiri yang enak di mana pun anda berada. Sebab, asalkan kamu tahu triknya, maka hidangan ini dapat jadi sajian yang istimewa.

Dibawah ini adalah resep cara membuat amplang ikan tenggiri

Bahan-bahan dan bumbu yang dibutuhkan dalam menyiapkan Amplang Tenggiri:
  1. Sediakan 2 btr telur
  2. Gunakan 30 gr gula halus
  3. Ambil 1 1/2 sdt garam
  4. Ambil 1/2 kaldu jamur bubuk
  5. Siapkan 1/2 sdt merica bubuk
  6. Siapkan 200 gr ikan tenggiri, dihaluskan
  7. Ambil 1/4 sdt amoniak, larutkan dgn 80 ml air
  8. Gunakan 400 gr tepung kanji
  9. Sediakan 1/2 sdt kaldu daging bubuk
  10. Siapkan 1/4 sdt baking powder double acting
Langkah-langkah menyiapkan Amplang Tenggiri:
  1. pertama siapkan bahan
  2. Kemudian kocok telur, gula, garam, kaldu jamur dan merica hingga berbuih
  3. lalu masukkan daging ikan tenggiri, aduk rata. Tambahkan larutan amoniak, uleni hingga rata.
  4. Setelah itu masukkan tepung kanji, kaldu daging dan baking powder. Aduk rata, uleni jangan terlalu keras dan kelamaan. Pulung adonan. Usahakan hasil pulungan sama besarnya.
  5. Kemudian rendam dalam minyak dingin. Nyalakan kompor, pertama gunakan api besar. Setelah kerupuk amplang terapung, kecilkan api. Goreng hingga matang. Angkat dan tiriskan
  6. Sajikan sebagai cemilan. Ada tips dalam membuat amplang ini, agar hasilnya bagus dan renyah – 1. Selalu rendam dalam minyak dingin sebelum digoreng. – 2. Goreng dalam minyak yang banyak. – 3. Jangan membiarkan adonan terlalu lama kena udara, hasilnya akan keras. – 4. Jangan mengulen adonan terlalu keras, bisa bantet. – 5. Harus selalu diaduk dari awal penggorengan hingga akhir. – 6. Mendekati matang, ambil sebuah amplang dan patahkan. Kalo dipatahkan mudah dan tidak lengket/liat berarti sdh matang sempurna.

Tips menggoreng kerupuk supaya mengembang tanpa dijemur

1. Pertama siapkan minyak dalam dua wadah, wajan dan mangkuk. Minyak di wajan untuk menggoreng dan yang di mangkuk untuk merendam kerupuk.

2. Rendam kerupuk dalam minyak yang bersuhu ruangan selama 1-2 menit. Kalau buru-buru, cukup oleskan minyak pada kerupuk tersebut.

3.  Setelah itu panaskan minyak yang ada di wajan. Pastikan minyak benar-benar sudah panas.

4. Kemudian masukkan kerupuk ke dalam wajan. Perlu diingat, jangan sampai wajan terlalu penuh. Jadi, menggorengnya sedikit-sedikit ya, Bun.

5. Goreng hingga kerupuk mengembang dan matang.

Cara Menyimpan Kerupuk Agar Tidak Melempem

Cara pemenyimpan keripik supaya tidak melempem yang kedua ini tetap akan membutuhkan kemasan. Jadi Anda tidak perlu mengeluarkan keripik dari kemasan bawaannya. Kemudian gulung dengan rapi, lalu ikat dengan karet dan dimasukkan ke dalam freezer.

Beberapa jenis makanan, yang salah satunya seperti kerupuk, juga dapat  terasa lebih renyah apabila disimpan di dalam kulkas. Namun, pastikan juga supaya udara tidak bisa masuk dan kerupuk atau keripik tetap berada pada keadaan kering dan di dalam kemasan.

Tips pertama dan yang utama adalah pemilihan stoples Ladies. Dan harus memilih stoples yang rapat dan juga kedap udara. Semakin rapat akan semakin baik. Anda bisa pilih stoples putar, karena tidak memungkinkan kalau ada pergantian udara dari luar ke dalam. Jika tak ada kamu bisa menggunakan stoples apapun asalkan kualitasnya baik pada bagian tutupnya.

Selanjutnya kamu disarankan untuk memakai tisu atau kertas bungkus Ladies. Ini untuk mengusahakan stoples yang tidak rapat atau kurang rapat agar kerupuk tidak melempem. Caranya yaitu, gunting tisu atau kertas bungkus makanan sedikit lebih besar dari ukuran tutup dan juga bibir stoplesnya. Letakkan kertas pada bagian tutup stoples kemudian tutuplah stoples tersebut. Ini akan membantu mencegah mengalirnya udara dari luar ke dalam yang menyebabkan kerupuk anda mudah melempem.Anda juga bisa menggunakan mesin pres ini untuk mengepres.

Agar tak mudah melempem kamu juga sebaiknya tidak terlalu sering membuka dan menutup stoples. Jika kamu terlalu sering membuka dan menutup wadahnya, maka angin akan masuk dan membuat kerupuk anda menjadi melempem. Ambil secukupnya dan segera tutup stoples.

Nah, begitulah cara membuat amplang ikan tenggiri mudah bukan? amplang ikan tenggiri juga bisa dijadikan peluang usaha loh. jika anda mau usaha amplang ikan tenggiri maka anda bisa mengemas menggunakan mesin pres agar lebih cepat dan rapi.

Related Posts