Home Uncategorized Cara Membuat Arum Manis Kering
Cara Membuat Arum Manis Kering

Cara Membuat Arum Manis Kering

by Happy Puspa

Siapa sih yang tidak akan tergoda dengan cemilan rambut nenek atau bisa disebut juga arum manis ini? Cemilan ini memang termasuk salah satu jajanan jadul tradisional yang memiliki banyak penggemar. Karena cemilan rambut nenek ini memiliki rasa yang manis, tidak hanya memiliki satu warna saja dan juga bentuknya yang menyerupai helaian rambut. Hal tersebut tentu saja membuat banyak oleh dari kalangan mana pun ingin mencoba menikmatinya. Mulai dari anak-anak yang memang menjadi tujuan konsumen cemilan ini, tetapi kini para orang tua pun mengomsumsinya. Nah berikut ini juga akan ada cara membuat arum manis kering.

Rambut Nenek Kering

Arum manis kering atau lebih dikenal banyak orang dengan nama rambut nenek. Karena cemilan manis ini pada awalnya berwarna putih dan bentuknya hampir mirip seperti rambut nenek-nenek. Akan tetapi, kini arum manis rambut nenek tampil dengan warna yang lebih menarik, yaitu menggunakan perwarna makanan yang membuatnya menjadi warna-warni. Warna yang dimaksud ada warna merah, biru, kuning, dan hijau. Jajanan rambut nenek ini juga memiliki beragam varian rasa, seperti rasa pandan, melon, durian dan rasa buah lainnya.

Rambut nenek biasanya dinikmati sebagai isian dari setangkup wafer renyah atau sempe yang tidak mempunyai rasa. Hal tersebut dikarenakan rambut nenek dapat menambah tekstur saat jajanan ini dinikmati. Selain itu, rambut nenek yang memiliki rasa manis tersebut juga bisa menambah rasa dari makanan tersebut. Bahan utama untuk membuat arum manis jenis rambut nenek ini ada gula dan tepung. Dimana kedua bahan tersebut bisa kamu beli atau jumpai di toko maupun swalayan yang ada di dekat rumahmu.

Selain bahan yang digunakan untuk membuat arum manis, ternyata proses pembuatannya juga cukup mudah. Bahkan kamu dapat membuat arum manis rambut nenek tanpa menggunakan mesin pembuatnya lho! Nah untuk kalian yang kangen dengan era 90-an, tidak ada salahnya jika kamu memakan rambut nenek ini. Dan bahkan kamu juga bisa membuatnya sendiri dirumah dan menjadikannya sebagai usaha, yakni usaha jualan arum manis.

Resep Cara Membuat Arum Manis Kering

Cara membuat arum manis kering

Bahan:

  • 250 gam tepung ketan
  • Gula pasir 250 gram
  • 200 ml air mineral
  • Air jeruk nipis 1/2 sdt
  • Pewarna makanan sesuai selera

Cara Membuat Arum Manis Kering:

  1. Nyalakan kompor dengan api sedang, kemudian sangrai 250 gram tepung ketannya hingga harum. Jika sudah, mematikan kompornya. Lalu tuangkan tepung ketan yang telah disangrai tadi kedalam wadah yang lebar. Taburkan tepungnya secara merata dan diamkan sampai dingin. Sisihkan terlebih dahulu.
  2. Siapkan sebuah wajan, lalu masukan semua bahan kecuali tepung ketan yang telah disangrai tadi. Lalu masak bahan tersebut dengan api sedang sembari diaduk. Masak selama kurang lebih 10 menit. Jika adonan gula sudah mendidih, jangan terlalu sering diaduk supaya adonan gula tidak mengkristal.
  3. Sesekali adonan tersebut diaduk, hingga busa yang terdapat didalamnya menghilang dan sudah berubah menjadi bening. Kemudian matikan kompor dan tuang adonan ke wajan lain yang sudah ditempatkan diatas bak yang berisi air. Diamkan adonan tersebut hingga mengental dan agak mengeras.
  4. Setelah itu, ambil secukupnya adonan arum manis rambut nenek tersebut dan masukkan kedalam tepung ketan yang telah disangrai sebelumnya. Adonan tersebut kamu gulung gulung diatas tepungnya, kemudian bentuklah menjadi seperti angka 8 dan kemudian di lipat-lipat lagi.
  5. Sembari terus dilipat, adonan tersebut juga kamu pilin dan tarik setidaknya 15 atau 20 kali tarikan. Sehingga nanti adonan rambut nenek tersebut menjadi seperti helaian rambut yang tipis.
  6. Apabila sudah, masukkan ke dalam wadah atau bisa juga kamu jadikan sebagai isian yang di atas dan bawahnya terdapat setangkup roti ataupun sempe.
  7. Arum manis rammbut nenek diap disajikan.

Tips Saat Memasak Arum Manis Kering:

  • Jika kamu ingin mengetahui gulanya sudah cukup kental atau belum, kamu bisa melihatnya saat sudah mendidih dan berbusa. Matikan kompornya terlebih dahulu, lalu aduk adonannya. Jika busa yang ada di adonan tersebut cepat hilang, maka adonan tersebut masih cair, jadi kamu mharus memasaknya lagi. Tetapi jika kamu aduk adonannya, dan busa yang ada di adonan tersebut lama menghilang,berarti adonan sudah pas untuk tingkat kekentalannya. Dan dapat dikatakan juga kalau adonan tersebut sudah jadi.
  • Dalam penggunaan air jeruk nipis, kamu harus menuangnya sesuai dengan takarannya. Karena jika kamu menuangkan air jeruk nipisnya kebanyakan, maka adonan akan susah mengeras. Begitu juga sebaliknya, jika kamu melewatkan atau tidak menuangkan air jeruk nipisnya, maka adonanmu akan mengerass dengan cepat. Oleh karena itu, pastikam air jeruk nipis yang akan kamu tuang, sesuaikan terlebih dahulu dengan takarannya.
  • Simpan arum manis rambut nenek di sebuah wadah yang dapat tertutup rapat supaya tidak cepat menggumpal.

Mengenal Arum Manis Kering atau Rambut Nenek

Ternyata arum manis tepung ini memiliki nama lain di Tiongkok, China. Warga Tiongkok kebanyakan menyebut jajanan manis ini dengan sebutan jenggot naga. Ada beberapa pendapat yang mengatakan bahwa arum manis rambut nenek ini berasal dari daerah Malang Jawa Timu. Akan tetapi ada juga yang mengatakan bahwa jajanan manis ini berasal dari Desa Kesambi, Lamongan. Permen gulali jenis rambut nenek atau arum manis kering ini berbeda dengan jenis gulali lainya. Jenis gulali ini tidak berbentuk permen akan tetapi berbentuk seperti helaian rambut.

Oleh karena itu, gulali ini lebih sering dipanggil dengan sebutan arum manis rambut nenek, dikarenakan dari bentuknya tersebut. Rambut nenek kering sendiri dibuat dengan cara yang tradisional yaitu dengan mencampurkan gula pasir yang sudah mengental dengan tepung terigu menjadi satu. Setelah gula pasir yang telang megental tersebut dicampur dengan tepung terigu, kemudian pilin dan tarik adonan tersebut hingga membentuk seperti helian rambut yang tipis. Pada proses memilin dan menarik adonan ini, hampir sama dengan saat proses pembuatan mie.

Rambut nenek ternyata memiliki kisah yang cukup menarik. Konon, dulu katanya arum manis rambut nenek ini dijual dengan cara barter atau bertukar. Cara menukarnya yaitu dengan meggunakan rambut rontok, bukan dengan menggunakan uang, Dan uniknya lagi, arum manis yang ditukar tersebut jumlahnya sama dengan rambut yang telah dikumpulkan. Nah untuk rambut yang dikumpulkan tersebut, penjual meneruskannya atau menjualnya di pembuat sanggul atau lain semacamnya.

Nah itu dia sedikit pembahasan mengenai cara membuat arum manis kering atau bisa duisebut rambut nenek. Jika kamu ingin membuat rambut nenek ini sendiri, kamu bisa melihat resep diatas. Tidak memerlukan mesin, sehingga membuatnya juga cukup mudah. Apabila kamu sudah bisa membuat rambut nenek sendiri, kamu bisa membuka sebuah usaha untuk arum manis yang kamu bikin tersebut.

Related Posts