Home Uncategorized Cara Membuat Ayam Penyet Khas Surabaya Yang Lezat

Cara Membuat Ayam Penyet Khas Surabaya Yang Lezat

by Happy Puspa

Salah satu hal yang khas yang bisa dilakukan di Surabaya adalah jelajah kuliner ayam penyet. Tidak ada salahnya mengunjungi Surabaya saat berkunjung ke Surabaya dalam hal ini. Ayam panggang-nya khas dan saus pedasnya sangat pedas sehingga Anda pasti ingin mencobanya lagi dan lagi. Berikut ini cara membuat ayam penyet yang enak dan lezat.

Ayam Penyet

Ayam Penyet adalah masakan bercita rasa Indonesia karena disukai oleh hampir semua kalangan. Kisah Ayam Penyet awalnya dari Ayam Bakar Wong Solo, menu ini tersedia sebagai variasi dari menu yang ada di Ayam Bakar Wong Solo. Namun semakin terkenal ketika masyarakat Surabaya menjualnya dengan nama Ayam Penyet Surabaya.

Disajikan dengan sambel cobek dan ayam peras atau dalam bahasa jawa dalam penyet inilah awal mula mengapa disebut ayam penyet. Makanan ini ada dimana-mana sekarang dan menjadi favorit rata-rata orang Indonesia.

Sebenarnya Penyet berasal dari bahasa jawa yang artinya “dihancurkan”. Bahan-bahan tersebut direbus dan disajikan dengan sambal khusus yang dihaluskan dan dimakan dengan nasi putih, tempe, tahu dan ulam.

Saat ini ayam penyet banyak ditemukan di Indonesia, Malaysia, Brunei, dan Singapura. Catherine Ling dari CNN menggambarkan ayam penyet sebagai salah satu dari “40 makanan Singapura yang kita tidak bisa hidup tanpanya”.
Baru-baru ini mendapatkan popularitas di Asia Tenggara, di mana berbagai jaringan waralaba mulai menjual masakan Indonesia dan makanan khas lainnya.

Dikenal juga dengan sambal pedasnya yang terbuat dari campuran cabai, ikan asin, tomat, bawang merah, bawang putih, terasi, asam jawa, dan air jeruk nipis. Seperti seni, campuran tersebut kemudian digiling menjadi pasta untuk dimakan bersama hidangan.

Cara Membuat Ayam Penyet

Bahan Yang Di Butuhkan:

  1. 1 kg ayam segar, jangan lupa untuk dipotong menjadi 8 ya.
  2. 2 batang serai, lalu digeprek.
  3. 2 cm jahe, juga digeprek.
  4. 2 ruas lengkuas, digeprek juga.
  5. 2 lembar daun salam.
  6. 2 sendok makan air jeruk nipis.
  7. 2 sendok makan cuka.
  8. 1 sendok makan garam.
  9. Minyak goreng secukupnya.
  10. Air secukupnya.

Bumbu Yang Di Haluskan:

  1. 10 siung bawang putih.
  2. 6 butir kemiri, sangrai.
  3. 4 siung bawang merah.
  4. 1 sendok makan garam.

Bahan Sambalnya:

10 buah cabe rawit.
6 buah cabe merah.
3 siung bawang putih.
2 buah tomat.
1 sendok teh terasi goreng atau bakar.
Garam dan gula secukupnya.
(Semua bahan sambalnya jangan lupa digoreng hingga harum ya, lalu dihaluskan dengan cara diulek, dan juga ditambahkan garam dan gula sesuai seleramu.)

Proses Pembuatan Ayam:

  1. Pertama olesi ayam yang sudah dicuci dengan air jeruk nipis, cuka dan garam selama 15 menit. Lalu cuci kembali ayam hingga bersih, lalu tiriskan.
  2. Kedua, rebus air secukupnya bersama bumbu yang telah dihaluskan sebelumnya, lalu tambahkan potongan ayam, lengkuas, serai dan daun salam, masak hingga ayam empuk atau matang, angkat, tiriskan.
  3. Selanjutnya panaskan minyak goreng lalu jangan lupa goreng ayam yang sudah matang hingga matang dan berubah warna menjadi kecokelatan.
  4. Setelah matang dan diangkat, letakkan ayam di atas lumpang lalu tekan atau atur ayam dengan alu yang dicampur dengan sambal terasi di atas lumpang.
  5. Ayam Penyet Surabaya Anda, siap dihidangkan.

Itulah cara membuat ayam penyet khas surabaya yang enak dan lezat. Anda juga bisa menggunakan berupa mesin deep fryer penggorengan untuk membantu proses pembuatan ayam penyet.

Related Posts