Home Uncategorized Cara Membuat Bakso Agar Kenyal dan Keras yang Aman

Cara Membuat Bakso Agar Kenyal dan Keras yang Aman

by Happy Puspa

Agar hasil bakso kenyal dan tidak lembek tentunya ada caranya tersendiri. Pada artikel kali ini, saya akan membahas tentang cara membuat bakso agar kenyal dan keras. Simak pembahasan kali ini hingga akhir ya!

Cara Membuat Bakso Agar Kenyal dan Keras

cara-membuat-bakso-agar-kenyal-dan-keras

Beberapa orang membuat bakso yang kenyal menggunakan bahan pengawet yang faktanya tidak baik untuk kesehatan jika dikonsumsi berlebihan. Tapi kali ini saya akan memberikan resep bakso sapi yang kenyal alami tanpa menggunakan bahan-bahan berbahaya. Berikut cara membuat bakso agar kenyak dan keras :

Bahan-Bahan :

  • 1 kilogram daging sapi
  • 100 gram sagu
  • 1 butir telur
  • 5 bawang merah
  • 8 bawang putih
  • Es batu kotak-kotak secukupnya
  • 1 sendok teh lada
  • Air secukupnya
  • 4 sendok teh garam

Cara Membuat Bakso Agar Kenyal :

1. Giling semua daging sapi terlebih dahulu. Jika kamu memiliki penggiling, maka bisa menggelingnya hingga menyerupai pasta.

2. Kemudian masukkan bawang putih, bawang merah, telur, lada, dan juga sedikit garam ke dalam penggilingan bersama daging.

3. Supaya bumbu tercampur dengan rata, maka aduk-aduk sebentar.

4. Jika sudah, lalu banting-banting adonan tadi hingga terkesan memantul-mantul.

5. Setelah itu, masukkan sagu, lalu aduk sampai semuanya tercampur rata.

6. Buat adonan menjadi bentuk bulatan-bulatan seperti bola dengan ukuran sesuai selera.

7. Jika semua adonan sudah berbentuk bulat, langsung masukkan ke dalam rebusan air yang sudah mendidih yang telah siap di panci. Dan rebus terus, hingga bakso mengapung yang tandanya bakso sudah matang. Lalu angkat dan tiriskan.

8. Setelah ditiriskan, lalu masukkan ke air es supaya bakso menjadi kenyal dan padat.

9. Bakso siap disajikan bersama pelengkap yang ada.

Macam Pengenyal Bakso

cara-membuat-bakso-agar-kenyal-dan-keras

1. Karagenan

Karagenan ialah pengenyal bakso yang alami sebab terbuat dari bahan rumput laut. Sifatnya dapat mengentalkan adonan. Saya memiliki satu contoh, kalau kamu pernah membuat agar-agar, dengan menggunakan sekitar 7 gram tepung saja. Agar-agar kemudian ditambah air 4 gelas (800 cc), di sini terlihat jika tepung agar-agar yang jumlahnya sedikit 7 gram, mampu mengikat air sebanyak 4 gelas memiliki tekstur seperti jelly, luar biasa bukan?

Nah, karagenan juga memiliki sifat yang sama dalam sebuah adonan bakso. Karagenan yaitu kelompok polisakarida galaktosa yang diekstraksi dari rumput laut. Sebagian besar karagenan berisikan natrium, magnesium, serta kalsium. Yang tentunya dapat terikat pada gugus ester sulfat dari galaktosa dan juga kopolimer 3,6 anhydro galaktosa.

Karena karagenan ini alami dan juga berserat tinggi. Maka sangat baik jika digunakan untuk bakso. Namun, karena spesifikasi karagenan sangat beragam, ada yang dibuat khusus untuk mie, es krim, yogurt, bakso dan yang lainnya. Maka lebih baik pilih karagenan yang dimana dispesifikasikan khusus untuk membuat bakso. Sedangkan faktor harganya sendiri, relatif lumayan tinggi untuk kalangan industri bakso.

2. SODIUM TRI POLY PHOSPAT FOOD GRADE

STP ini memiliki bentuk seperti serbuk putih, yakni anorganik material dengan rumus kimia Na5P3O10. Cukup familiar dikalangan pedagang bakso, harga pengennyal tersebut cukup terjangkau. Sodium tripolyphospat digunakan dengan takaran konsentrasi maksimum 0,4%.

Menurut para ahli pengolahan hasil ternak Undip Dr Ir Anang M Legowo MSc. Dalam penelitiannya, pada penambahan sodium tripolifosfat dengan konsentrasi 0,1% sampai 0,2% saja. Itu saja sudah lumayan bagus untuk mengenyalkan bakso. Pemakaian yang terlalu berlebihan bisa menimbulkan rasa getar atau semacam agak pahit.

3. MIXPHOS

Pengenyal bakso MIXPHOS adalah sebuah merek dagang yang bisa dibilang sangat populer di kalangan industri perbaksoan. Sebenarnya MIXPHOS atau PHOSMIX ialah percampuran dari berbagai phospat. Phosmix ada yang di impor dari Australia, tapi produk lokal Indonesia pun ada. Kualitas phosmix impor dan lokal hampir sama.

Referensi dari beberapa teman saya yang berkecipung di dalam dunia perbaksoan mengatakan jika pengenyal bakso ini lebih Mahal dari STPP hampir 3 kali lipat. tapi kualitasnya memang lebih baik jika dalam hal mengenyalkan bakso. Selain itu rasa getar juga tidak muncul ketika kita memakai pengenyal bakso ini. Pemakaian bahan ini dalam adonan maksimal 0.5 % dari berat total adonan.

4. MIXKARAGEN

Pengenyal bakso satu ini agak unik, sebab pengenyal ini merupakan blending antara Pengenyal alami dan juga pengenyal sintetis yang menghasilkan karakter adonan yang cukup bagus. MIXKARAGEN digunakan pada adonan bakso dengan prosentase 0.5 – 1% dari berat total adonan.

Itu dia beberapa penjelasan tentang cara membuat bakso agar kenyal dan keras, juga macam-macam bahan pengenyal bakso yang sering digunakan kebanyakan orang. Tetapi dari pada membuat dengan bahan yang jika dikonsumsi berlebihan dapat merusak kesehatan, lebih baik membuat bakso yang sehat. Tentunya dengan cara membuat bakso sehat tanpa pengawet.

Semoga informasi diatas bermanfaat untuk kamu, dan jangan lupa untuk melihat artikel lainnya yang ada di website ini yang tentunya dengan info-info menarik. Sampai jumpa di arikel selanjutnya!

Related Posts