Home Uncategorized Cara Membuat Bolu Lapis Legit
Cara Membuat Bolu Lapis Legit

Cara Membuat Bolu Lapis Legit

by Happy Puspa

Pada Kesempatan kali ini saya akan membagikan Resep tentang Cara Membuat Bolu Lapis Legit

Kue lapis legit adalah salah satu jenis kue peninggalan zaman Belanda. Lapis legit bersama dengan risoles, kroket, klappertart dan banyak kue lain diwariskan secara turun-temurun sejak zaman kolonial. Kue klasik ini sering disajikan di hari-hari besar seperti Idul Fitri, Natal, ataupun acara-acara keluarga dan acara kantor.

Tampilan lapis legit yang cukup unik juga menjadikannya salah satu kue yang lumayan susah dibuat. Dibutuhkan ketekunan dan ketelatenan dalam proses memasaknya supaya lapis yang dihasilkan dapat terbentuk dengan sempurna.

Seperti namanya, kue ini memiliki tekstur lembut, padat dan terasa manis legit ketika digigit. Seiring berkembangnya zaman, banyak pencinta kue memodifikasi kue ini menjadi beberapa rasa dan bentuk.

Tips Cara Membuat Bolu Lapis Legit

Mentega (butter):

  1. Jangan mengocok butter atau mentega terlalu lama karena akan menyebabkan mentega meleleh dan mempengaruhi tekstur kue. Tetapi walau tidak boleh terlalu lama, mentega tetap harus dikocok sampai mengembang.
  2. Sebaiknya butter atau mentega yang akan dikocok dimasukkan terlebih dahulu ke kulkas supaya dingin. Setelah dingin (agak beku), potong kecil-kecil supaya mudah dikocok. Kocoklah mentega yang masih dingin itu agar mentega tidak cepat meleleh ketika dikocok.
  3. Sebaiknya gunakan mentega dalam kemasan kaleng, bukan mentega yang dibungkus aluminifum foil yang disimpan di rak pendingin di kulkas

Telur:

  1. Gunakan telur yang masih segar. Tanda telur yang segar itu, kuning telurnya masih bulat utuh (tidak pecah) dan putih telurnya kental.
  2. Pisahkan kuning telur dan putih telur dengan seksama. Setelah itu kocok kuning telur sampai putih dan kental.
  3. Jika menggunakan resep yang menggunakan putih telur, kalau memakai teknik pemisahan putih telur maka kocok putih telur hingga mengembang baik. Kalau tidak,  putih telur dikocok bersama dengan kuning telur.
  4. Sebelum dipecahkan, kulit telur sebaiknya bebas dari kotoran.

Terigu

  1. Gunakan tepung terigu protein rendah dan jangan lupa diayak kalau perlu dua kali untuk menghindari penggumpalan.
  2. Saat mengaduk tepung terigu dengan adonan telur-mentega, jangan sampai ada terigu yang menggumpal. Pastikan tepung terigu tercampur rata dan tidak ada gumpalan sedikit pun. Saking takutnya menggumpal, saat memasukkan terigu ke dalam adonan telur-mentega pun aku sambil ayak dengan ayakan tepung.

Cara Mencampur Adonan Lapis Legit

  1. Mencampur mentega dan telur jangan sekaligus, tetapi lakukan secara bertahap tergantung banyaknya adonan. Untuk setengah resep, aku lakukan sebanyak 3 tahap. Kalau susah nyampur, ambil sedikit adonan telur lalu aduk didalam kocokan mentega, aduk rata. Ambil mentega yang sudah dicampur telur itu, bertahap adukkan ke dalam kocokan telur.
  2. Sebaiknya mentega dan telur  tidak dimasukan sekaligus tetapi dibagi menjadi beberapa tahap, tergantung banyaknya bahan saja. Ini dilakukan untuk memastikan bahwa mentega, telur dan tepung telah tercampur rata.

Tips Memanggang Lapis Legit

  1. Panaskan oven terlebih dahulu. Memanggang Lapis legit ini harus dengan suhu oven tinggi, dan hanya sebentar saja untuk tiap lapisnya. Kurang lebih lima menit setelah dikeluarkan bisa ditekan-tekan dengan penekan khusus Lapis Legit atau bisa juga pakai alas loyang yang lebih kecil. Jangan lupa untuk mengolesi penekan ini dengan butter ya, supaya Lapis Legitnya tetap moist di tengahnya.
  2. Menekan kue pada tiap lapisan jangan terlalu kuat, karena akan mengakibatkan lapisan jadi tipis dan menyatu dengan lapisan sebelumnya sehingga tidak didapat lapisan yang cantik karena lapisannya tidak terlihat.
  3. Kalau muncul gelembung, harus segera dipecahkan, kalau tidak nanti jadi hitam gosong (jelek keliatannya). Gunakan tusuk sate yang agak panjang supaya bisa menjangkau gelembung.
  4. Jika sisi kue masih terlihat basah, setelah pemanggangan lapis terakhir, panggang kembali kue dengan api bawah selama 7-10 menit. Lapisan atas kue ditutup dengan aluminium foil agar tidak mengering dan keras.
  5. Jauhkan adonan yang belum dipanggang dari oven supaya tidak mencair.

Lapis Legit Susu Jentik.

Bahan A:

  • 600 gram butter
  • 200 ml susu kental manis
  • 350 gram gula halus
  • 1 sdt ovalet
  • 1 sdt vanila extrak
  • 25 butir kuning telur

Bahan B:

  • 200 gram terigu protein rendah
  • 2 sdm susu bubuk
  • 8 butir putih telur, kocok kaku

Untuk aksen jentik-jentik:

  • 5sdm bubuk coklat
  • 2 tetes pasta coklat

Cara membuat:

  1. Siapkan loyang persegi 20x20x7 cm atau loyang bulat diameter 20. Oles margarin alas kertas.
  2. Panaskan oven. Kocok bahan A sampai lembut dengan kecepatan sedang, kurang lebih 10 menit.
  3. Masukkan telur satu persatu, aduk kecepatan sedang lagi.
  4. Turunkan speed, masukkan bahan B, aduk asal saja. Lalu matikan mixer aduk dengan spatula sampai rata.
  5. Masukkan putel yang sudah dikocok kaku, masukkan secara bertahap sampai rata.
  6. Sambil sedikit adonan campur dengan bubuk coklat+pasta.
  7. Tuang ke loyang tiap lapisan adonan putih 130 gr. Awal api atas bawah kurang lebih 5 menit.
  8. Angkat lalu semprotkan adonan coklat membentuk garis-garis, panggang lagi kira-kira 1 menit.
  9. Kemudian siram adonan lagi, panggang lagi, semprot lagi adonan coklat.
  10. Lakukan begitu terus sampai adonan habis.
  11. Terakhir memakai api atas bawah suhu 160 derajat celsius selama kurang lebih 5 menit.
  12. Angkat, dinginkan sampai pinggiran kue merenggang baru keluarkan dari loyang.

Demikian Artikel ini semoga bermanfaat

Related Posts