Home Uncategorized Cara Membuat Briket Arang Batok Kelapa yang Mudah
cara membuat briket arang batok kelapa

Cara Membuat Briket Arang Batok Kelapa yang Mudah

by Happy Puspa

Bingung tentang cara membuat briket arang batok kelapa? pusing karena sudah mencari cara dan tidak bisa? Tenang, pada artikel kali ini saya akan membagikan tutorialnya. Jika kamu penasaran untuk mencobanya, saya akan memberikan tutorial cara membuat briket arang batok kelapa yang mudah.

Pengertian Briket Arang

Briket adalah suatu massa material yang dapat dibakar untuk digunakan sebagai bahan bakar. Bahan bakar alternatif ini dibuat dari pembakaran bahan-bahan kecil. Briket dapat dibuat dari berbagai jenis bahan, tetapi jenis briket yang paling umum adalah briket arang, briket batu, briket biomassa, dan briket gambut. Cara membuat cetakan sangat mudah dan bahan-bahan di sekitar kita bisa digunakan untuk membuatnya.

Briket ini sangat berguna dalam hal memasak dan berbagai kebutuhan lainnya, briket ini merupakan bahan bakar alternatif yang sangat efektif dan dapat menjadi pilihan masyarakat. Briket ini memiliki banyak keunggulan karena mampu menghasilkan energi panas yang tinggi dan dapat bertahan dalam waktu yang lama, menjadikan bahan bakar ini sebagai pilihan yang tepat untuk penghematan biaya.

Briket arang dapat dibuat dari tempurung kelapa, serbuk gergaji, sampah organik, arang sekam, dll. Karena berbagai jenis bahan ini mungkin dapat digunakan untuk pembuatan bahan bakar.

Cara Membuat Briket Arang Batok Kelapa

cara membuat briket arang batok kelapa

Briket sabut kelapa merupakan bahan bakar alternatif yang memiliki banyak keunggulan bila digunakan. Beberapa keuntungan menggunakan briket tempurung kelapa adalah efektif, ekonomis, aman dan ramah lingkungan. Briket tempurung kelapa bersifat mudah terbakar, dapat bertahan lama dan menghasilkan energi panas yang tinggi, sehingga jika dibandingkan dengan bahan bakar lainnya, briket tempurung kelapa lebih efisien.

Pengolahan briket tidak menambahkan bahan kimia sehingga tidak berasap saat digunakan dan abu tidak beterbangan. Dengan adanya cetakan ini, Anda tidak perlu khawatir dengan noda hitam pada peralatan, karena cetakan ini tidak meninggalkan noda pada alat.

Bahan :

  • Arang tempurung kelapa
  • Tepung kanji
  • Air

Peralatan :

  • Mesin penepung arang / diskmill
  • Alat pencetak briket
  • Mesin pencampur adonan
  • Oven briket

Cara Membuat Briket Arang Batok Kelapa

1. Proses Pengarangan :

Sabut kelapa diubah menjadi arang dengan cara memasak secara manual yaitu menggunakan tong kemudian dibakar dan ditutup sehingga hanya ada sedikit ventilasi di dalam tong arang. Penulisan ini juga dapat dilakukan dengan menggunakan proses pirolisis, dimana tempurung kelapa ditempatkan dalam tangki pirolisis tertutup, dan asap tersebut kemudian dikondensasikan untuk mendapatkan asap cair.

2. Proses penepungan :

Arang yang dihasilkan melalui pembakaran manual atau dengan menggunakan proses pirolisis kemudian digiling menggunakan mesin disc mill.

3. Proses Penyaringan :

Jika sudah melalui proses penggilingan arang maka akan dilakukan pengayakan sehingga dapat menghasilkan arang tempurung kelapa dengan ukuran yang lebih halus dan halus. Arang batok kelapa diayak menggunakan ayakan 50 mesh.

4. Proses Pencampuran Media :

Kemudian tepung batok kelapa dicampur dengan air dan lem kanji. Saat proses pencampuran ini Anda perlu menambahkan lem kanji sebanyak 2,5% tepung tempurung kelapa tadi.

5. Proses Pencetakan Briket Arang Batok Kelapa :

Setelah semua komponen tercampur rata, lakukan proses pencetakan dengan template.

6. Proses Pengeringan:

Jemur cetakan cetakan menggunakan oven pada suhu 650 °C selama kurang lebih 2 jam, jemur ini bisa dengan sinar matahari. Briket tempurung kelapa siap dikemas dan dipasarkan.

Keuntungan dari Cara Membuat Briket Arang Batok Kelapa

  • Lebih murah dan hemat.
  • Tidak ada bahaya ledakan atau pembakaran seperti kompor minyak tanah dan kompor LPG.
  • Memiliki panas yang tinggi dan konstan sehingga sangat baik untuk pembakaran dan sangat memakan waktu.
  • Tidak menimbulkan suara dan tidak mengeluarkan jelaga sehingga tidak merusak peralatan masak.
  • Ramah lingkungan dan aman bagi kesehatan, terutama bagi ibu rumah tangga yang sering memasak di dapur.
  • Sumber briket dari sabut kelapa sangat banyak.

Bagi anda yang sedang mencari mesin briket arang kelapa, anda dapat menemukanya di Rumah Mesin, disana menjual mesin briket arang kelapa dan berbagai alat lainya.

Nah, cukup sekian tutorial cara membuat briket arang batok kelapa pada artikel kali ini. Cukup mudah bukan? Selamat mencoba dan semoga berhasil, dan jika cara dalam artikel ini dapat membantu kamu, jangan lupa untuk membagikan ilmu anda kepada orang-orang di sekitar kamu agar mereka semua dapat mengambil manfaatnya. Sekian dari saya, terima kasih.

Related Posts