Home informasi Cara Membuat Butter Cake Yang Lembut Enak dan Manis Ala Rumahan
cara membuat butter cake yang lembut

Cara Membuat Butter Cake Yang Lembut Enak dan Manis Ala Rumahan

by Happy Puspa

Sekarang ini sudah sangat banyak varian jenis kue yang ada, pastinya juga kamu sudah tidak asing dengan yang bernama butter cake. Ternyata cara membuat butter cake yang lembut ini sendiri ternyata mudah dan kamu bahkan bisa mecobanya dirumah.

Roti yang terbuat dari bahan utama seperti mentega ini sangatlah banyak disukai oleh berbagai kalangan orang. Karena rasanya yang enak,manis, dan mengenyangkan menjadi beberapa penyebab roti yang satu ini banyak disukai oleh orang-orang.

Kini butter cake sudah sangat banyak dijual diberbagai toko, dengan berbagai rasa dan ukuran. Walaupun begitu kamu bisa membutanya sendiri dirumah lho karena bahan dan alat yang digunakan tidaklah terlalu banyak.

Selain itu sekarang ini sudah sangat banyak resep dan cara membuat butter cake ini di internet, Internet sendiri sudah sangat mudah untuk di akses jadi akan semakin mudah untuk mencari resep cara membuat butter cake ini.

Berbagai varian rasa butter cake sudah banyak muncul dari kreatifitas masyarakat dan mereka mengunggahnya di internet. Dengan membuat butter cake sendiri kamu bahkan bisa juga berkreatifitas dan menciptakan varian butter cake baru.

Kemudian manfaat lain yang kamu dapat dengan membuatnya sendiri kamu bisa lebih memastikan bahan yang digunakan untuk membuatnya mulai dari kualitas dan kehigenisan. Kamu juga bahkan bisa meningkatkan kemampuan kamu dalam membuat roti yang satu ini.

Untuk rasa dan topping kamu juga dapat menentukan sendiri rasa yang kamu mau dan seberapa banyak yang mau diberikan sesuai selera. Butter cake ini sendri terbuat dari beberapa bahan saja seperti mentega, gula, tepung terigu telur dan beberapa bahan lain.

Kamu juga bisa menambakan rasa seperti coklat ataupun rasa lain pada adonan butter cake ini sesuai selera. Selain itu butter cake ini bisa di tambahkan topping seperti cream, keju parut, misis sesuai keinginan kamu sendiri

Sebelum mencoba membuat butter cake ini, berikut adalah informasi mengenai butter cake yang sudah kami rangkum yang pastinya akan menambah pengetahuan kamu.

Apa itu Butter Cake

Butter cake adalah salah satu jenis roti yang terbuat dari bahan seperi tepung terigu, mentega, telur, gula dan beberapa bahan lainnya. Dulunya butter cake ini memiliki bentuk seperti donat yaitu bulat dengan lubang berbentuk lingkaran pada bagian tengah roti.

Akan tetapi sekarang ini sudah sangat banyak varian butter cake yang tercipta ada yang mempunyai bentuk persegi dan yang lainnya. Untuk rasanya sendiri roti yang satu ini memiliki rasa yang manis dan gurih yang didapatkan dari bahannya yaitu gula dan mentega.

Kini sudah mulai banyak bermunculan berbagai rasa butter cream mulai dari cita rasa matcha yang sangat populer pada saat ini maupun rasa rasa lain seperti coklat, strowberry dan yang lainnya.

Toppingnya sendiri yang biasanya hanya roti polosan saja walaupun rasanya tetap enak akan tetapi sekarang sudah sangat banyak varian topping yang digunakan untuk roti ini. Umumnya orang-orang menggunakan topping seperti keju,misis coklat dan topping lain.

Berbeda dengan sponge cake yaitu salah satu jenis roti juga, butter cake dan sponge cake memiliki beberapa perbedaan lho. Simak perbedaannya berikut.

Selain itu kamu juga bisa memcoba Cara Membuat Krim Kue Tart Tanpa Mentega Putih Mudah

Perbedaan Antara Butter Cake dan Sponge Cake

Walaupun hampir terlihat sama sekilas akan tetapi kedua roti ini memiliki beberapa perbedaan yang terlihat jelas. Berikut adalah perbedaannya.

1. Perbedaan tekstur dari keduanya

Untuk perbedaan tekstur antara sponge cake dan butter cake ini sangatlah terlihat jelas. Seperti sponge cake yang merupakan salah satu jenis roti yang memiliki tekstur yang lebih foamy yaitu tekstur yang lembut dan ringan.

Berbanding terbalik dengan butter cake yang mempunyai tekstur lebih padat dan juga pas digunakan untuk roti dalam sebuah acara seperti acara ulang tahun.

2. Cita rasa keduanya yang berbeda

Untuk cita rasanya sendiri kedua roti ini memiliki perbedaan seperti pada butter cake memiliki rasa yang berat dan rasa yang butter yang sangat kuat

Berbeda dengan sponge cake memiliki rasa yang lebih ringan. Dengan rasanya ini kamu bisa membedakan antara sponge cake dan butter cake lebih mudah

3. Perbedaan bahan baku yang digunakan

Kemudian bahan baku pembuatan sendiri tidaklah jauh berbeda antara keduanya, menggunakan bahan-bahan yang sama seperti tepung terigu, telur, juga gula.

Akan tetapi yang menjadi pembedanya adalah pada butter cake harus menggunakan mentega atau butter sebagai bahan pembuatannya. Hal inilah yang menjadi sorotan perbedaan.

Tidak aneh rasanya jika butter cake ini lebih terasa beraat dibandingkan dengan sponge cake

Cara Membuat Butter Cake Yang Lembut

Bahan:

  • 230 gram tepung terigu dengan protein rendah
  • 250 gram butter
  • 5 butir telur
  • 50 ml susu
  • Satu sendok teh vanili
  • 150 gram gula halus
  • Setengah sendok teh baking powder

Cara Membuat:

  1. Pertama kamu bisa menyiapkan tempat mixer, tambahkan bahan seperti mentega dan gula halus. Aduk hingga menjadi tercampur rata atau warnanya adonan tersebut berubah lebih pucat. Kemudian tambahkan bahan lain yaitu telur satu persatu sembari campur aduk dengan mixer adonan gula dan mentega sebelumnya.
  2. Sesudah seluruh bahan tercampur rata seperti mentega, gula dan telur. Tambahkan tepung terigu dengan cara bertahap sembari dimixer menggunakan kecepatan rendah. Tambahkan tepung tersebut sampai habis dan tercampur rata menggunakan seluruh bahan.
  3. Tambahkan vanili dan susu UHT kemudian campur dengan mixer lagi hingga tercampur.
  4. Jika semuanya sudah tercampur, kamu bisa aduk lagi menggunakan spatula, hal tersebut bertujuan untuk memastikan bahan telah tercampur rata.
  5. Tambahkan adonan tersebut kedalam loyang yang telah diberikan alas baking paper. Ratakan bagian permukaan menggunakan spatula kemudian hentakkan agar gelembung udara menjadi kempes.
  6. Sebelum itu kamu bisa memanaskan oven terlebih dahulu dengan waktu sekitar 10 menit
  7. Pangganglah adonan menggunakan suhu sekitar sebesar 160 derajat celsius, dengan waktu sekitar 50 menit atau sampai menjadi matang.
  8. Sesudah roti matang, angkat dari loyang dan lepas roti dari baking papernya.
  9. Butter cake sudah siap dihidangkan.

Related Posts