Home Uncategorized Cara Membuat Coklat Kacang Dengan Coklat Bubuk Manis
cara membuat coklat kacang dengan coklat bubuk

Cara Membuat Coklat Kacang Dengan Coklat Bubuk Manis

by Happy Puspa

Cara Membuat Coklat Kacang Dengan Coklat Bubuk – Coklat termasuk makanan yang dihasilkan dari biji kakao yang memiliki berbagai manfaat dan banyak disukai. Rasanya coklat sendiri memang sangat manis, enak dan nikmat. Tak heran bila coklat sering dijadikan sebagai bahan untuk membuat minuman maupun makanan. Coklat tergolong dari dua jenis baik bubuk maupun coklat batang.

Cara membuat coklat inipun memang tidak semudah yang dibayangkan. Karena pengolahan coklat membutuhkan beberapa tahapan tertentu. Maka tak heran jika hasil akhir coklat memang cocok dijadikan sebagai bahan untuk makanan maupun minuman.

Asal Usul Coklat

Pertama kali coklat ditemukan oleh Mexico di Amerika Tengah. Biji coklat ini diolah hingga jadi bubuk coklat yang bisa dijadikan untuk membuat minuman. Kemudian oleh, Chistopher Colombus dan Hernando Cortez biji coklat dibawa di daerah Eropa sejak awal tahun 1500 an. Pada saat itu mereka belum tahu bagaimana cara sebenarnya dalam mengolah coklat. Karena memang biji coklat yang dibawanya memiliki cita rasa yang cukup pahit.

Kemudian Cortez memiliki sebuah ide untuk menambahkan gula ke dalam minuman coklat hingga tercipta minuman coklat yang enak. Disaat itulah minuman coklat terkenal di daerah Eropa. Pada tahun 1800an Negara Inggris dan Swiss membuat aneka ragam produk coklat. Bahkan hingga sekarang Negara tersebut menjadi sebuah Negara penghasil produk coklat yang memiliki kualitas tinggi dan memiliki cita rasa yang begitu nikmat.

Coklat dibuat dari biji-bijian. Para petani memanen coklat ketika biji coklat telah matang. Sebelum coklat diolah, coklat harus dikupas terlebih dulu lalu harus dilakukan fermentasi agar rasa pahit coklat bisa berkurang. Sesudah difermentasikan, lalu dikeringkan menggunakan alat pengering yang canggih maupun bisa langsung dikeringkan dengan sinar matahari. Jika sudah mengering, biji coklat diolah kembali hingga memperoleh coklat yang enak.

Baca Juga : Cara Membuat Kue Coklat Kacang Tanah Yang Cukup Mudah Dalam Pembuatannya

Cara Membuat Coklat Kacang Dengan Coklat Bubuk

cara membuat coklat kacang dengan coklat bubuk

Peralatan Yang Dibutuhkan :

  • Panci dengan ukuran 2 liter
  • Penghalus makanan
  • Cetakan khusus coklat atau cetakan es batu

Bahan-Bahan :

  • Bubuk kakao 2 cangkir (220 g)
  • Mentega 3/4 cangkir (170 g), yang telah dihaluskan pada suhu ruangan
  • Gula 1/2 cangkir (100 g) (dalam bentuk bubuk lebih baik)
  • Susu 2/3 cangkir (150 ml)
  • 1/4 sdt garam
  • Air 1 cangkir (235 ml)

Cara Membuat Coklat Kacang Dengan Coklat Bubuk :

  1. Pertama campurkan bubuk kakao dan mentega hingga rata. Kemudian tuangkan bubuk kakao dan mentega yang sudah dihaluskan ke dalam sebuah panci. Aduk hingga rata dan adonan berubah menjadi pasta.
  2. Pindahkan adonan coklat ke dalam sebuah panci teratas dari panci ganda).
  3. Isi ¼ bagian dari panci biasa atau panci ganda menggunakan air sebanyak 235 ml. Letakkan wadah berisi adonan coklat diatas panci tersebut. Didihkan airnya menggunakan api kecil.
  4. Panaskan sampai panas sambil terus di aduk supaya tidak mudah gosong. Bersihkan sisa-sisa coklat yang menempel di dinding wadah secara teratur menggunakan spatula yang menggunakan bahan karet. Ketika pasta coklat masih panas (namun belum matang), masukkan kembali ke dalam penghalus untuk diproses kembali hingga halus.
  5. Lalu campurkan susu dan gula. Aduk pastanya, dan tambahkan susu serta gula secara bertahap. Aduk kembali hingga pasta menjadi halus dan lembut. Cicipilah dan tambahkan sedikit gula jika perlu. Anda juga bisa menambahkan garam sesuai selera atau seperlunya.
  6. Jika sudah, lalu tuang adonan ke dalam cetakan coklat khusus yang sudah disiapkan atau bisa juga menggunakan cetakan es batu kecil-kecil.
  7. Apabila sudah tertuang semuanya, lalu masukkan ke dalam kulkas hingga coklat bisa membeku.
  8. Jika sudah membeku, keluarkan coklat dari kulkas dan taburi menggunakan gula bubuk.
  9. Coklat cetak siap dinikmati.

Tips Yang Perlu Diperhatikan :

  • Jangan sampai menambahkan air terlalu banyak atau pasta coklat sehingga akan menjadi terlalu encer. Jika sudah telanjur terjadi, atasi dengan menambahkan sedikit tepung terigu.
  • Jangan sampai menambahkan banyak air maupun coklat karena bisa menimbulkan gumpalan yang menyatu.
  • Gunakan sendok kayu, aduk pasta dari bagian bawah lalu pindahkan ke bagian atas agar pasta menjadi lembut.
  • Beli berbagai macam cetakan coklat agar menghasilkan coklat yang menarik.
  • Masukkan kacang pecan cina di dalam adonan agar menghasilkan rasa yang nikmat.

Cara membuat coklat cetak dari coklat bubuk memang mudah dilakukan. Tahapan dalan pengolahannya ini memerlukan dukungan mesin freezer untuk membekukan coklat.

Related Posts