Home Tips Cara Membuat Foam Susu Untuk Latte Art

Cara Membuat Foam Susu Untuk Latte Art

by Happy Puspa

Hai teman-teman semuanya! Pada kesempatan yang berbahagia ini saya akan membagikan informasi mengenai cara membuat foam susu untuk latte art yang dijamin anti gagal dan juga mudah untuk diikuti.

Namun sebelum ke topik pembahasan kita pada kali ini yuk simak terlebih dahulu yang berikut ini.

Apa Itu Latte Art?

Seiring dengan perkembangan zaman, tampilan sebuah minuman kini sangatlah diperhatikan selain dari rasanya. Sebagai daya tarik, permintaan penyajian dengan konsep yang berbeda dan mempunyai ciri khas di beberapa kedai kopi menunjukkan suatu peningkatkan, dan salah satunya adalah latte art.

Latte art merupakan seni menghias di atas cangkir espresso dengan bahan dasar minuman cappuccino dan juga cafe latte. Terdapat dua teknik menghias kopi, yang pertama disebut dengan free pour yakni menuang secara langsung susu yang sudah di steam di atas espresso. Dan bentuknya bisa bermacam-macam mulai dari love, bunga tulip, rosseta, dan juga inovasi lain dari desain-desain tersebut.

Untuk teknik yang kedua dinamakan dengan etching, yakni menuang susu diatas espresso dan selanjutnya dibentuk dengan menggunakan alat bantu untuk menggambar. Gambar yang dihasilkan juga bisa bervariasi dikarenakan menggunakna alat bantu. Gambar yang dihasilkan mulai dari beruang, kucing, dan lain sebagainya.

Dan dalam perkembangannya, banyak coffe shop yang kini tidak bisa lepas begitu saja dari latte art. Kopi yang memiliki rasa pahit dan juga cenderung tidak disukaia perempuan ini kini mulai menjadi primadona dan disukai karena tampilannya yang menarik.

Cara Membuat Foam Susu Untuk Latte Art

  1. Langkah yang pertama adalah dengan mengisi toples dengan susu, dan jangan sampai terlalu penuh dan sisakan ruang di dalam toples untuk si busa nanti yang akan muncul.
  2. Selanjutnya, tutup dan kocok tples yang sudah diisi dengan susu sampai susu mengeluarkana busa, dan proses pengocokan ini bisa memakan waktu yang cukup lama.
  3. Jika sudah berbusa, buka tutup topels dan masukkan ke dalam microwave selama setengah menit. Selama di microwave foam akan naik ke atas dan hawa panas dari microwave akan membuatnya lebih stabil.
  4. Tuangkan foam susu ke dalam kopi espresso yang sudah anda buat.
  5. Dan kopi pun siap untuk dinikmati.

Jika anda memiliki mesin untuk membuat cappucino makan akan lebih baik lagi, karena milk foam anda akan menjadi lebih sempurna lagi. Dan anda bisa mendapatkan mesin pembuat kopi ini di Rumah Mesin yang kualitasnya sudah tidak diragukan lagi.

Meskipun dengan demikian, dengan cara apa apun anda membuat milk foam, jangan lupa untuk pandai memilih jenis susu apa yang akan anda gunakan untuk membuat milk foam.

  1. Susu tanpa lemak: Merupakan jenis susu yang paling mudah untuk dijadikan foam, namun rasanya tidak terlalu enak ketika digabungkan dengan kopi.
  2. Susu rendah lemak: Nah untuk jenis susu yang satu ini sepertinya paling sempurna untuk dijadikan foam, karena selalu mudah membentuk busa, lemak yang masih ada di dalamnya membuat kopi kita terasa lebih nikmat ketimbang menggunakan susu tanpa lemak.
  3. Whole milk: Kalau anda adalah pemula, membuat foam dengan susu jenis yang satu ini memang merupakan tantangan tersendiri, tapi rasanya paling enak karena lemaknya yang paling banyak.

Biasanya orang italia membuat milk doam yang terbuat dari whole milk, dan mereka pasti akan mengerutkan kening mereka jika kita minta susu rendah lemak untuk kopi kita.

Bagaimana? mudah bukan?

Nah itu tadi topik pembahasa kita pada kesempatan kali ini yakni cara membuat foam susu untuk latte art yang tentunya mudah anda ikuti di rumah, selain bisa membuatnya di rumah anda juga bisa membuatnya di kantor.

Resep pembuatan tersebut tentunya juga bisa anda gunakan mungkin bagi anda yang hendak membuka usaha warung kopi namun bingung karena tidak memiliki mesin pembuatnya. Terimakasih sudah membaca artikel ini.

Related Posts