Home usaha minuman Cara Membuat Es Doger Untuk Jualan, Dijamin Untung Banyak!
cara membuat es doger untuk jualan

Cara Membuat Es Doger Untuk Jualan, Dijamin Untung Banyak!

by Happy Puspa

Cara membuat es doger untuk jualan adalah ide bisnis yang cukup menjanjikan. Siapa sih, yang belum tahu tentang minuman yang satu ini. Minuman ini sangat terkenal sekali di kalangan anak – anak sekolah karna sering ditemui dikantin sekolah ataupun diluar lingkungan sekolah.

Sebelum memulai ide bisnis es doger ini, anda juga perlu alat untuk membantu mempermudah jualan anda. Jika anda tertarik, anda bisa mencoba alat Cupsealer untuk mengepres penutup gelas secara cepat dan praktis tentunya.

Minuman Es doger sendiri berasal dari daerah Cirebon, meskipun asalnya dari Cirebon es ini juga bisa ditemukan di kota – kota besar salah satunya di kota Jakarta, Malang dan juga Surabaya kota lain nya. Cara membuat es ini juga tidak terlalu sulit. Penasaran cara membuat es doger yang enak? Berikut ini resep cara membuat es doger untuk jualan yang enak dan segar!.

Cara Membuat Es Doger Untuk Jualan Bisnis

1. Es Doger

Bahan – Bahan :

  • 1200 ml santan.
  • 300 gram gula pasir.
  • Pewarna makanan merah rose.
  • Susu kental manis secukupnya.

Bahan Toping :

  • 100 gram tape ketan hitam (sudah dimasak)
  • 100 gram tape singkong
  • Roti tawar (potong menjadi dadu)
  • 200 gram daging kelapa muda. (dikerok)
  • Pacar cina secukupnya
  • Agar – agar atau Puding

Cara Membuat Es Doger :

  1. Pertama-tama siapkan wajan, lalu masukan 1200 ml santan dan 300 gram gula pasir, jika ingin lebih manis bisa ditambah gula pasirnya.
  2. Kemudian nyalakan kompor, dengan api kecil, jangan lupa diaduk – aduk, tujuan nya mengunakan api kecil dan terus di aduk-aduk agar santan tidak pecah, masak hingga bahan mendidih.
  3. Jika sudah mendidih masukan pewarna makan merah rose, masukan secukupnya.
  4. Jika sudah di masak dan diberikan pewarna masukan kedalam wadah, wadahnya bisa mengunakan mangkuk besar.
  5. Setelah itu, dinginkan di kulkas sampai membeku. Setelah membeku, kemudian dikeruk menggunakan skop es jika tidak punya bisa mengunakan sendok.
  6. Setelah selesai dikeruk, kemudian tambahkan daging kelapa muda yang sudah dikeruk aduk hingga tercampur merata.
  7. Lalu siapkan mangkuk atau gelas. lalu susun toping sesuai selera anda, agar-agar, pacar cina, roti tawar, tape ketan hitam, tape singkong. bisa juga pakai toping yang lainya.
  8. Setelah selesai, sajikan dan es doger siap dinikmati.

Asal Mula Nama Es Doger

Informasi ini tidaklah terlalu benar. Karena, jenis minuman ini juga telah dimanfaatkan oleh masyarakat betawi terdahulu. Warga betawi biasanya menyajikan minuman ini untuk acara – acara tertentu. Seperti sunatan dan lain sebagainya.

Minuman dingin ini merupakan sejenis minuman yang terbuat dari kelapa. Kelapa muda diserut, kemudian ditambah dengan susu, tape dan bahan – bahan lainnya.

Dahulu, minuman ini dijajakan dengan cara dipikul. Proses penjualan ini cukup menguras waktu, dan nilai jualnya tidak terlalu banyak, Karena dulu peminat es dager masih sedikit. Akhirnya, muncul gagasan tentang cara menjual es doger tersebut.

Idenya adalah dengan memanfaatkan gerobak. Gerobaknya didorong untuk menarik minat pembeli. Nah, dari sinilah penyebutan nama minuman dingin tersebut dengan sebutan Es Doger yang tidak lain mempunyai kepanjangan es dorong gerobak.

Itulah penjelasan tentang sejarah dan resep es doger untuk jualan yang enak dan mudah. Dengan adanya kemajuan teknologi anda sekaramg bisa menjual es doger melalui sistem online. Dengan berjualan secara online, masyarakat bisa lebih mengenal es doger dan menikmatinya kapanpun tanpa harus khawatir tidak bisa membuatnya. Jika anda tertari anda juga bisa membaca resep bikin nugget ayam yang lezat, enak, dan cocok buat anak. Selamat mencoba.

Related Posts