Home Kesehatan Cara Membuat Es Jeruk Manis Segar Tanpa Pemanis Buatan
cara membuat es jeruk manis

Cara Membuat Es Jeruk Manis Segar Tanpa Pemanis Buatan

by Happy Puspa

Cara membuat es jeruk manis yang enak tidak lah terlalu sulit untuk dilakukan. Es jeruk menjadi salah satu minuman yang menyegarkan untuk di jadikan teman penghilang rasa haus saat pada terik panas. Membuat minuman ini cukup mudah untuk anda coba sendiri, karena minuman ini terbuat dari perasan air buah jeruk yang bisa di campur dengan berbagai bahan lainnya.

Contohnya es jeruk lemon daun mint. Segernya es jeruk yang satu ini cocok sekali untuk cuaca tropis di Indonesia. Bahan yang digunakan juga cukup sederhana dan bisa ditemukan di dekat anda.

Penggunaan jeruk bebas sesuai selera, tapi yang disarankan adalah jeruk sunkist karena perasan airnya akan lebih banyak dan manisnya yang seimbang dengan segar dari lemon dan daun mint. Berikut ini cara membuat es jeruk manis yang enak dan segar beserta manfaat dari jeruk untuk kesetahatan.

Cara Membuat Es Jeruk Manis Yang Menyegarkan

cara membuat es jeruk manis

1. Es Jeruk Manis Peras

Bahan – Bahan :

  • 5 buah jeruk peras
  • 5 sdm gula pasir, larutkan dengan air panas
  • Air es.
  • Es batu secukupnya

Cara Membuat Es Jeruk Manis Peras :

  1. Pertama, peras semua jeruk dengan saringan sampai benar-benar habis airnya.
  2. Kemudian, campurkan perasan air jeruk tadi dengan air, gula, es dan es batu secukupnya.
  3. Selanjutnya, aduk dan jangan lupa tes rasa es jeruk anda.
  4. Es jeruk siap di sajikan dan dinikmati.

2. Es Jeruk Lemon Daun Mint

Bahan – Bahan :

  • 1 cup gula pasir
  • perasan air jeruk 3 cup
  • 1/2 cup gelas perasan lemon
  • Air secukupnya
  • Air soda secukupnya
  • 6 lembar daun mint
  • Potongan jeruk

Cara Membuat Es Jeruk Lemon Daun Mint :

  • Pertama, masak air dan gula di wajan hingga gula larut semuanya.
  • Masukan jeruk yang sudah di peras menggunakan alat peras jeruk, lalu masukan lemon, air, dan masak kembali kurang lebih selama 1 menit. Matikan kompor dan sisihkan.
  • Di dalam mesin pitcher, masukkan daun mint dan potongan jeruk.
  • Masukkan campuran perasan jeruk yang sudah dimasak, dinginkan dalam lemari es untuk siap dinikmati.

Manfaat Buah Jeruk Untuk Kesehatan

Jeruk mempunyai manfaat yang sangat berguna untuk tubuh. Selain untuk menyegarkan badan, jeruk juga bisa menyembuhkan penyakit sariawan. Karena, buah jeruk mengandung vitamin C yang sangat bagus untuk menyembuhkan sariawan.

Jeruk merupakan buah sitrus yang mempunyai banyak kandungan vitamin C dan anti oksidan, yang dapat meningkatkan sistem kekebalan tubuh dan membantu melawan infeksi dan flu. Berikut manfaat yang terkandung dalam jeruk bagi kesehatan tubuh anda.

1. Mencegah Penyakit Jantung

Antioksidan yang ada dalam jeruk ini dapat melawan kerusakan radikal bebas dan membantu mencegah oksidasi kolesterol. Kolesterol oksidisasi cenderung menempel di bagian dalam arteri dan membatasi suplai darah ke jantung. Hal itu dapat memicu serangan jantung.

Namun serangan jantung ini bisa dicegah dengan anti oksidan yang ada di Jeruk. Kandungan ini membantu menetralisasikan efek radikal bebas dan melindungi jantung dari penyakit.

2. Meningkatkan Kekebalan Tubuh

Jeruk penuh dengan vitamin C, yang dikenal sebagai kekebalan dengan meningkatkan vitamin. Bila kekebalan tubuh kita kuat, tubuh mampu melawan infeksi lebih baik dan mencegah penyakit. Selain itu, polifenol yang ada di dalamnya adalah antivirus untuk membunuh virus yang masuk ke dalam tubuh sebelum dapat menyebabkan infeksi.

6. Memurnikan Darah

Jeruk adalah pembersih alami. Flavonoid yang ada di dalamnya dapan meningkatkan aktivitas enzim dalam tubuh dan membantu hati mengeluarkan racun. Vitamin C di dalamnya meningkatkan produksi kolagen, sehingga membuat kulit lebih elastis dan mengurangi tanda-tanda penuaan. Serat makanan di dalamnya membuat perut tetap bergerak, sehingga menghilangkan limbah dan zat yang tidak diinginkan keluar dari tubuh.

3. Memperkuat Tulang

Semua makanan yang mengandung kalsium harus dipasangkan dengan makanan kaya vitamin D agar tubuh kita benar-benar menyerap kalsium dari makanan. Jeruk mempunyai cukup vitamin D, yang menjamin penyerapan kalsium secara tepat dan membantu mencapai tulang. Jeruk juga mengandung asam askorbat, yang membantu penyerapan kalsium dengan lebih baik.

4. Memperkuat Gigi

Jeruk sangat baik dalam kesehatan gusi. Mereka memperkuat pembuluh darah dan jaringan pada gusi. Gigi pun juga mencegah perkembangan plak serta melapisi gigi di lapisan pelindung dan mencegah korosi. Vitamin C di dalamnya mengurangi peradangan dan juga membuat napas tetap segar lebih lama dengan membunuh bakteri yang berada di mulut.

Itulah beberapa manfaat dari buah jeruk yang bisa membantu menjaga sistem kekebalan pada tubuh anda. Buah jeruk juga bisa di inovasikan menjadi berbagai makanan dan minuman, seperti di jadikan sebagai es jeruk manis ini. Bahan yang digunakan juga sangat mudah untuk dicari. Tertarik untuk membuat es jeruk manis?.

Related Posts