Home Uncategorized Cara Membuat Kandang Puyuh Petelur yang Mudah
Cara Membuat Kandang Puyuh Petelur

Cara Membuat Kandang Puyuh Petelur yang Mudah

by Happy Puspa

Halo teman – teman semua! Pada artikel kali ini saya akan membagikan cara membuat kandang puyuh petelur untuk bisnis peternakkan burung puyuh kalian semua. Beternak burung puyuh adalah usah yang memiliki modal kecil dengan untung yang besar.

Tetapi sebelum kalian memulai usaha beternak burung puyuh, kalian membutuhkan kandang untuk tempat tinggal burung puyuh. Kandang yang digunakan pun tidak sembarangan dan harus nyaman agar produktivitas burung puyuh tetap terjaga.

Nah, untuk informasi lebih lanjut mengenai cara membuat kandang puyuh petelur, kalian bisa simak penjelasan lengkapnya dibawah ini pastikan juga kalian simak artikelnya sampai habis supaya tidak ketinggalan informasi seputar kandang puyuh petelur yang satu ini.

Beternak Burung Puyuh Petelur

Seperti halnya burung hias, burung puyuh dapat dipelihara di dalam kandang, meskipun sebenarnya burung puyuh adalah burung liar yang hidup di alam bebas. Namun kini banyak burung puyuh yang diternakkan untuk diternakkan dan dijual burung atau telurnya.

Nah, bagi Anda yang baru memulai dan tertarik untuk membudidayakan burung puyuh, Anda bisa melakukannya di rumah. Beternak burung puyuh pada dasarnya sama dengan beternak burung lainnya.

Tak hanya itu, puyuh ini juga memiliki banyak manfaat seperti daging dan telur puyuh yang bisa disantap. Meskipun ukurannya kecil, burung puyuh dapat bertelur 5-6 butir per minggu. Burung dengan nama latin Coturnix ini merupakan jenis burung yang tidak bisa terbang jauh dikarenakakan ukuran sayapnya yang pendek. Secara fisik burung ini memiliki tubuh yang kecil, kaki dan sayap yang pendek, bulu berwarna kecoklatan, hampir sama dengan burung pipit.

Populer disebut gemak dalam bahasa Jawa, burung ini rupanya pertama kali dikembangbiakkan di Amerika pada tahun 1870 dan berkembang di seluruh dunia, termasuk Indonesia pada akhir tahun 1979.

Saat ini stok burung puyuh semakin langka karena sering diburu oleh manusia, sehingga dengan menjalankan peternakan puyuh bisa dijadikan bisnis yang menguntungkan. Dengan cara ini Anda tidak hanya memelihara jenis burung ini, tetapi Anda juga bisa berbisnis.

Cara Membuat Kandang Puyuh Petelur

Kandang Puyuh Petelur Model Baterai

Kandang jenis ini biasanya digunakan oleh para breeder untuk kandang pembibitan, kelebihan dari kandang jenis ini adalah tidak membutuhkan banyak tempat, dapat dibuat bertingkat dan dapat dipindahkan.

Jika seorang pemula ingin membuat kandang model ini, gunakan bahan-bahan yang ada di sekitar Anda, atau jika Anda harus membelinya, harganya tidak mahal.

Bahan – bahan yang dibutuhkan :

  • Bilahan bambu atau kayu reng
  • Kawat strimin
  • Triplek atau karpet
  • Paku
  • Serta alatnya seperti palu dan gergaji.

Ketika semua bahan dan peralatan sudah siap, buatlah kandang dengan ukuran di bawah ini;

Cara Membuat Kandang Puyuh Petelur

Saat bingkai sudah siap, pasang dinding dengan bilah, bilah bambu, atau kawat senar sesuai keinginan Anda. Jika menggunakan bambu atau kayu, jarak harus diperhitungkan agar burung puyuh tidak bisa keluar. Coba gunakan kawat strimin untuk bagian bawah, tujuannya agar kotoran burung puyuh bisa langsung jatuh ke bawah atau ke tempat sampah. Sedangkan untuk kandang kotoran bisa menggunakan triplek, karpet atau bahan lain yang sejenis.

Saat kandang sudah siap, bisa dibagi menjadi 4 tingkatan, dengan ukurannya kandang ini mampu menampung sekitar 30 – 40 ekor burung puyuh dewasa.

Kandang Puyuh Petelur Model Litter

Kandang model liter biasanya digunakan untuk ayam broiler, model kandang ini lebih mudah pembuatannya dan harganya lebih murah, anda hanya perlu menyiapkan tempat atau tempat kemudian memasang tembok disekitarnya.

Buatlah sekat dengan ukuran panjang 60 cm, lebar 90 dan tinggi 100 cm. Tergantung dari bahan yang tersedia, Anda dapat menggunakan kayu, bambu atau kawat strip untuk dinding dan isolasi, jika Anda menggunakan bambu atau kayu, perhatikan jarak agar puyuh tidak meninggalkan kandang.

Untuk lantai bisa menggunakan sekam padi atau serbuk gergaji, tapi beri kapur terlebih dahulu setebal 3-5 cm, lalu lapisan atas sekam padi setebal 5 cm, pastikan atapnya bisa menyerap panas dan tempat kering agar penyakit bakteri atau virus berkembang dan tidak mudah menyebar. .

Kandang Model Box

Kandang jenis ini biasanya digunakan untuk anakan puyuh (DOQ). Untuk membuatnya cukup menggunakan triplek untuk membuat kotak seperti kotak.

Untuk rangka bisa menggunakan bilah dan untuk bagian bawah menggunakan benang agar kotoran jatuh, sampai ukuran triplek bisa dibagi dua dan panjangnya dibelah dua lagi, satu triplek cukup untuk tembok keliling dan jarak dari lantai sekitar 40cm.

Nah, itu tadi adalah cara membuat kandang puyuh petelur yang mudah dan bisa kalian praktekkan, kalian juga bisa mendapatkan mesin pembuat pakan ayam di Rumah Mesin. Baiklah, sekian dulu untuk artikel “Cara Membuat Kandang Puyuh Petelur yang Mudah”, jangan lupa juga untuk mengunjungi artikel lainnya dan sampai jumpa!

Related Posts