Home Uncategorized Cara Membuat Kerupuk Gendar Dari Nasi Tanpa Bleng

Cara Membuat Kerupuk Gendar Dari Nasi Tanpa Bleng

by Happy Puspa

Cara Membuat Kerupuk Gendar Dari Nasi Tanpa Bleng

cara membuat kerupuk gendar dari nasi tanpa bleng

Biasanya pembuatannya kerupuk gendar menggunakan garam bleng yang berfungsi untuk mengeyalkan adonan kerupuk. Kerupuk gendar merupakan terbuat dari nasi. Cukup bumbu dapur sederhana, pada resep kali ini kamu tidak perlu menggunakan garam bleng maupun penyedap buatan. Apabila punya nasi sisa semalam, kamu dapat mengolahnya menjadi kerupuk gendar. Namun, pastikan nasinya tidak berlendir maupun berbau. Boleh juga pakai nasi yang pulen tetapi suhunya tidak dingin. 

Ada beberapa hal yang sedikit banyak berimbas kepada kualitas cita rasa dari kerupuk nasi / gendar tanpa bleng/borak, pertama dari ragam bahan, lalu penentuan bahan yang segar, hingga cara membuat dan menghidangkannya. Tak perlu pusing Jika mau menyiapkan kerupuk nasi / gendar tanpa bleng/borak sedap di mana pun anda berada, karena anda sudah tahu resepnya maka hidangan ini bisa menjadi sajian spesial.

Resep Dan Cara Membuat Kerupuk Gendar (Kerupuk Nasi) Tanpa Bleng / Boraks Kerupuk gendar terkadang disebut gendar saja, adalah kerupuk yang terbuat dari. Resep Dan Cara Membuat Kerupuk Gendar (Kerupuk Nasi) Tanpa Bleng / Boraks. Cara membuat kerupuk dari sisa nasi, tanpa diblender dan direbus dijamin enak & gurih, by Sifa Aulia.

Resep Dan Cara Membuat Kerupuk Gendar (Kerupuk Nasi) Tanpa Bleng / Boraks Kerupuk gendar terkadang disebut gendar saja, adalah kerupuk yang terbuat dari. Resep Dan Cara Membuat Kerupuk Gendar (Kerupuk Nasi) Tanpa Bleng / Boraks. Cara membuat kerupuk dari sisa nasi, tanpa diblender dan direbus dijamin enak & gurih, by Sifa Aulia.

Banyak hal yang sedikit banyak berakibat terhadap kwalitas cita rasa dari kerupuk nasi / gendar tanpa bleng/borak, pertama dari jenis bahan, selanjutnya pemilahan bahan yang segar, hingga cara memasak dan menyajikannya. Tak perlu pusing Seandainya ingin mempersiapkan kerupuk nasi / gendar tanpa bleng/borak yang sedap di mana pun anda berada, karena anda telah tahu resepnya maka santapan ini mampu jadi suguhan istimewa.

Baca juga; cara membuat kerupuk puli dari tepung terigu

Cara Membuat Kerupuk Gendar Dari Nasi Tanpa Bleng

Bahan:

  1. Gunakan 1 piring penuh nasi
  2. Siapkan 3 siung bawang putih
  3. Ambil 1/2 sdt ketumbar
  4. Gunakan 1/2 sdt garam
  5. Siapkan 2 sdm kanji50 gram nasi hangat, kira-kira 1 mangkuk bakso
  6. 4 siung bawang putih, haluskan
  7. 1/2 sdt Ketumbar, sangrai dan haluskan
  8. 1 sdt garam
  9. 1/2 sdt kaldu bubuk
  10. Minyak goreng secukupnya

Cara Membuat

  1. Tuangkan air mendidih ke dalam tepung tapioka lalu aduk-aduk hingga mengental seperti lem.
  2. Masukkan adonan biang ke dalam nasi hangat ambil dari ricecooker atau magicom. Tambahkan bumbu halus, garam dan kaldu bubuk penyedap rasa gurih. Tumbuk nasi supaya pecah dan hancur.
  3. Siapkan loyang yang telah dioles minyak goreng, lalu alasi plastik, olesi minyak lagi supaya tidak lengket. Tuang adonan kerupuk nasi ke dalam loyang, ratakan dan padatkan. Kukus sampai matang kurleb sekitar 30 menit.
  4. Angkat dan dinginkan dahulu.
  5. Potong-potong sesuai selera kerupuk nasi dengan pisau tajam yang dibungkus plastik. Pipihkan tiap potongan supaya tipis, pindahkan ke tampah/nampan dan jemur hingga kering (Jika musim panas seperti sekarang, menjemur dari pagi sampai sore bisa kering sempurna asal dibalik ketika sudah setengah kering).
  6. Kerupuk siap digoreng atau disimpan terserah Anda kapan mau digoreng. Mau langsung goreng juga boleh.
  7. Sajikan.

Manfaat;

1. Menyehatkan gigi

Berkat kandungan gizi kerupuk seperti kalsium dan fosfor (terutama kerupuk udang), manfaat makan kerupuk dapat membantu memperkuat gigi. Tidak hanya itu, sering mengonsumsi kerupuk juga bisa membantu pertumbuhan gigi.

2. Menjaga kesehatan tulang

Selain menguatkan gigi, manfaat kerupuk ternyata juga mampu menjaga kesehatan tulang berkat kandungan kalsium dan fosfor yang ada di dalam kerupuk. Tentu khasiat ini dapat mencegah Anda dari pengeroposan tulang.

3. Meningkatkan energi

Meski terdengar aneh karena kerupuk adalah makanan yang tergolong ringan, manfaat makan kerupuk ternyata dapat menambah energi karena di dalamnya mengandung banyak protein dan karbohidrat. Kedua kandungan gizi kerupuk inilah yang dapat membantu pembentukan energi.

4. Membantu meredakan rasa pedas di mulut

Kepedasan? Mulai sekarang tidak hanya minum air yang dapat meredakan rasa pedas di mulut, Anda bisa segera makan kerupuk. Ini berkat kandungan minyak dalam kerupuk. Ketika Anda mengunyahnya, minyak dalam kerupuk akan melumasi yang dapat membantu menetralisir rasa pedas pada mulut.

Related Posts