Home Uncategorized Cara Membuat Kerupuk Singkong yang Enak dan Nikmat
cara membuat kerupuk singkong yang enak

Cara Membuat Kerupuk Singkong yang Enak dan Nikmat

by Happy Puspa

Kerupuk adalah salah satu makanan yang mungkin wajib ada ketika kita makan bukan? Tanpa kerupuk akan terasa kurang ketika kita makan. Nah, kali ini saya akan membagikan resep cara membuat kerupuk singkong yang enak di rumah.

Sejarah Dan Budidaya Singkong

Singkong, ubi Perancis, ubi, singkong, singkong, atau singkong (Manihot esculenta) adalah semak tropis dan subtropis tahunan dari keluarga spurge. Umbi-umbian dikenal luas sebagai makanan pokok penghasil karbohidrat, dan daun dikenal sebagai sayuran.

Perdu merupakan cabang yang cukup langka dan dapat mencapai hingga 7 meter. Akar dari beberapa cabang menjadi akar tunggang, yang menyebar ke umbi akar yang dapat dimakan. Ukuran umbi kebanyakan berdiameter 2-3 cm dan panjang 50-80 cm, tergantung klon/varietasnya.

Bagian dalam umbi berwarna putih atau kekuningan. Umbi singkong tidak bisa disimpan di lemari es. Gejala cedera ditunjukkan dengan keluarnya warna biru tua akibat pembentukan asam sianida, yang bersifat racun bagi tubuh manusia.

Umbi singkong merupakan sumber energi yang kaya akan karbohidrat dan sangat rendah protein. Daun singkong mengandung asam amino metionin, sehingga Anda sebenarnya dapat menemukan sumber protein yang baik.

Manihot esculenta pertama kali dikenal di Amerika Selatan dan selanjutnya dikembangkan pada zaman prasejarah di Brazil dan Paraguay selama sekitar 10.000 tahun. Bentuk modern dari spesies budidaya dapat ditemukan asli Brasil selatan. Ada banyak spesies Imonoki liar, tetapi M. Semua kultivar esculenta dapat dibudidayakan. Namun, bukti arkeologis budidaya singkong dapat ditemukan dalam budaya India Maya, terutama di Meksiko dan El Salvador.

Cara Membuat Kerupuk Singkong yang Enak dan Nikmat

Cara Membuat Kerupuk Singkong

Bahan :

  • Singkong
  • Tepung tapioka
  • Garam secukupnya
  • Penyedap rasa (merek apa saja bisa digunakan bebas)
  • daun bawang
  • 1 butir bawang putih geprek
  • air
  • Soda kue atau baking powder

Cara Membuat :

  1. Pertama, Anda bisa terlebih dahulu menyiapkan bahan-bahan di atas yang dibutuhkan untuk membuat kerupuk singkong ini.
  2. Anda bisa merebus airnya terlebih dahulu lalu kupas singkong dan cuci bersih sambil menunggu hingga mendidih.
  3. Setelah singkong bersih, singkong bisa digiling atau diparut. Di sini Anda juga dapat menggunakan mesin untuk membuat singkong lebih efisien dan lebih cepat.
  4. Setelah diparut, masukkan singkong ke dalam wadah berisi daun bawang, garam, tepung dan bawang putih lalu aduk hingga semuanya merata.
  5. Setelah malam, ambil sebagian adonan dan tipiskan. Lakukan sampai adonan habis atau sesuai kebutuhan.
  6. Kemudian kukus selama 2-3 menit.
  7. Kemudian Anda bisa mengangkat adonan yang sudah dikukus dengan cepat dan menunggu hingga tidak terlalu panas.
  8. Siapkan wadah, susun adonan kukus dengan rapi, dan panaskan selama 1-2 hari hingga kering.
  9. Setelah kering bisa digoreng dengan minyak panas. Anda juga bisa menggunakan mesin fryer untuk membuat kerupuk singkong goreng yang lebih mantap.
  10. Kerupuk singkong siap disajikan dan disantap.

Cara Membuat Kerupuk Singkong

Bahan :

  • singkong parut 1kg
  • garam secukupnya
  • 200 gram tepung tapioka
  • lontong plastik
  • Pewarna makanan merah secukupnya

Cara Membuat :

  1. Singkong dikupas, dicuci, diparut, dikeringkan dan dihidrasi. Tambahkan garam dan tepung tapioka, aduk rata. Tempatkan dalam bagel plastik dan ikat kedua ujungnya. Kainnya juga bisa berbentuk oval sedang. Lakukan hingga adonan habis lalu kukus hingga matang. Angkat dan biarkan dingin.
  2. Larutkan pewarna makanan dalam piring dengan beberapa sendok makan air dan aduk rata.
  3. Setelah dingin, buka bungkus singkong parut. Kemudian masukkan ke dalam larutan pewarna makanan dan gulung hingga merata di permukaan. Keringkan / jemur sepanjang hari atau simpan di lemari es.
  4. Iris adonan kerupuk dengan pisau tajam. Jemur.
  5. Siap digoreng dan disajikan dengan makanan.

Manfaaat Singkong

Menurunkan risiko sindrom metabolik

Sindrom metabolik adalah serangkaian gejala yang menunjukkan peningkatan risiko diabetes dan penyakit jantung. Sindrom metabolik biasanya ditandai dengan peningkatan gula darah, kolesterol, dan lingkar pinggang, di antara faktor-faktor lainnya. Singkong kaya akan flavonoid dan serat yang mencegah perkembangan sindrom metabolik dan komplikasinya.

Mempercepat penyembuhan luka

Singkong kaya akan sekitar 42,4 miligram vitamin C per cangkir. Jumlah ini memenuhi sekitar 50 persen kebutuhan harian vitamin C orang dewasa. Vitamin C adalah prekursor penting kolagen, komponen struktural jaringan kulit. Asupan vitamin C yang tepat memperbaiki sel-sel tubuh dan menyembuhkan luka dengan cepat.

Menurunkan tekanan darah

Kalium dapat menurunkan kadar tekanan darah dan menyeimbangkan asupan natrium untuk menaikkan tekanan darah. Singkong, di sisi lain, mengandung potasium yang sangat tinggi. Cangkir singkong mengandung sekitar 558 miligram potasium, menyediakan 16% hingga 21% dari dosis harian yang direkomendasikan.

Membantu mengontrol berat badan

Singkong tinggi kalori, tetapi juga kaya serat makanan dan pati resisten, meningkatkan kesehatan bakteri usus. Studi menunjukkan bahwa serat dari umbi-umbian mengurangi rasa haus akan makanan asin, manis, dan tinggi lemak. Serat singkong juga memiliki efek positif pada flora usus dan meningkatkan rasa kenyang.

Itulah resep cara membuat kerupuk singkong yang enak. Resep ini bisa anda coba sendiri di rumah. Dengan membuat kerupuk sendiri sekarang anda tidak akan kebingungan jika tidak ada kerupuk ketika makan.

Related Posts