Home Uncategorized Cara Membuat Kopi Gula Aren yang Enak dan Nikmat
Cara Membuat Kopi Gula Aren yang Enak dan Nikmat

Cara Membuat Kopi Gula Aren yang Enak dan Nikmat

by Happy Puspa

Halo teman – teman semua! Pada kesempatan kali ini saya akan membagikan cara membuat kopi gula aren yang enak dan tentunya nikmat. Kopi gula aren sekarang memang sedang naik daun dikarenakan rasa kopi yang pahit dan manisnya gula aren membuatnya digemari oleh banyak orang.

Nah, untuk penjelasan lebih lanjutnya mengenai cara membuat kopi gula aren kalian bisa simak penjelasan dibawah ini. Bukan cuma cara pembuatannya saja, saya juga akan membagikan penjelasan seputar kopi dan gula aren jadi pastikan kalian simak sampai habis artikelnya supaya tidak ada yang terlewatkan.

Kopi

Kopi adalah salah satu minuman paling populer dan dicintai oleh orang-orang di seluruh dunia. Ketiga orang di dunia ini minum kopi. Kopi memang nikmat jika diminum di pagi atau sore hari saat kontraksi menumpuk.

Kopi merupakan salah satu minuman favorit banyak orang, yang tidak hanya diminum dan dinikmati, tetapi juga menjadi salah satu barang mewah dunia. Perdagangan kopi juga merupakan omset beberapa puluh ribu, yang hanya dapat bersaing dengan perdagangan minyak.

Kata kopi atau coffee dalam bahasa Inggris berasal dari kata Arab qahwah, yang berarti “kekuatan”. Kemudian ada juga yang berasal dari bahasa Turki yaitu Kahveh yang kemudian diadaptasi menjadi Koffie dalam bahasa Belanda dan Coffee dalam bahasa Inggris. Kata itu akhirnya terekam dalam bahasa Indonesia di kopi.

Biji kopi dipanggang, kemudian digiling dalam mesin kopi dan disajikan. Faktanya, metode penyangraian biji kopi belum dikenal pada masa pertumbuhannya. Pohon kopi sendiri merupakan tanaman asli dataran tinggi Ethiopia, yang pada saat itu hanyalah tanaman liar biasa di Ethiopia.

Sekitar abad ke-15, pohon kopi yang dikenal sebagai kopi Arabika tumbuh subur di Jazirah Arab. Kopi arabika saat ini merupakan jenis kopi paling populer di dunia dan menyumbang lebih dari 60 persen produksi kopi global. Konon kopi ditemukan oleh seorang pemuda Arab yang bekerja sebagai peternak kambing. Dia selalu memperhatikan bahwa kambingnya selalu menunjukkan tanda-tanda kegembiraan setelah menggerogoti biji dan daun tanaman hijau.

Karena rasa penasaran, peternak tersebut mencoba memakan biji tanaman tersebut dan merasakan efek kegembiraan yang disebabkan oleh kandungan kafein. Akhirnya, penemuan itu menyebar dari mulut ke mulut, dan sejak itu, menurut legenda, kopi berasal dari Arab.

Kopi Gula Aren

Minum kopi sepertinya sudah menjadi tradisi di masyarakat Indonesia, karena ampir setiap orang sekarang memiliki hobi minum kopi. Bukan hanya karena memiliki rasa dan aroma yang menyegarkan, tetapi kopi juga sudah menjadi gaya hidup anak muda.

Banyaknya penikmat kopi saat ini bisa dijadikan peluang untuk membuka kafe dan enis bisnis ini tidak hanya menguntungkan tetapi juga mudah dikelola. Jenis kopi modern yang kini digemari anak muda adalah es kopi dengan susu gula aren. Perpaduan kopi, susu, dan gula aren membuat minuman ini terasa nikmat dan segar, jadi tak heran jika saat ini banyak kafe yang menawarkan minuman jenis ini. Padahal, es kopi gula aren merupakan peluang bisnis yang menjanjikan.

Cara Membuat Kopi Gula Aren yang Enak dan Nikmat

Cara Membuat Kopi Gula Aren

Bahan – bahan yang dibutuhkan :

  • Kopi bubuk (2 sendok makan)
  • Gula aren (1 buah)
  • Susu (100 ml)
  • Air (100 ml)
  • Kopi hitam (1 sachet)

Cara membuat :

  1. Langkah pertama, larutkan gula aren dalam air hangat.
  2. Buat kopi hitam dengan 100 ml air hangat dan saring.
  3. Kemudian masukkan es batu dan gula aren cair ke dalam gelas.
  4. Tambahkan 100 ml susu dan 100 ml kopi.
  5. Kopi gula aren spesial siap disantap.

Nah, itu tadi adalah cara membuat kopi gula aren yang mudah serta tentunya enak, nikmat, dan cocok untuk menemani aktivitas harian anda, kalian juga bisa mendapatkan mesin pembuat kopi di Rumah Mesin. Baiklah, sekian dulu untuk artikel “Cara Membuat Kopi Gula Aren yang Enak dan Nikmat” kali ini dan jangan lupa juga untuk mengunjungi artikel lainnya, sampai jumpa!

Related Posts