Home Uncategorized Pasti Seger!! Cara Membuat Minuman Es Permen Karet

Pasti Seger!! Cara Membuat Minuman Es Permen Karet

by Happy Puspa

Cara membuat minuman es permen karet dan beberapa pembahasan tentang permen karet.

Cara membuat minuman es permen karet

Permen karet adalah permen kunyah yang memiliki ciri khas yaitu dapat dibuat untuk mengembangkan gelembung. Warnanya beraneka ragam dan memiliki rasa tertentu. Biasanya permen karet bersifat lengket dan pada saat gelembung terkembang hingga batas tertentu, maka gelembung akan pecah dan mengenai wajah.

Hal itu terjadi karena permen karet lebih kental daripada permen kunyah manapun. Namun terdapat pula merk permen karet seperti Hubba Buba yang bersifat tidak lengket dan cenderung disukai anak-anak. Permen karet biasa dicampur di mesin permen karet. Permen karet dapat ditemukan di toko toko.

Untuk menggelembungkan bola dengan permen karet, seseorang dapat meratakan gusi ke palatum (langit-langit mulut) dan kemudian menekannya ke belakang gigi. Kemudian dorong ke luar sedikit dengan lidah kemudian digelembungkan. Bila langkah tersebut dilakukan dengan benar, maka akan terbentuk gelembung yang menarik.

Meskipun ada “rasa” permen karet – yang dengannya berbagai perasa buatan termasuk ester dicampur untuk memperolehnya – hal itu bervariasi dari satu perusahaan ke perusahaan lain.

 Ester yang digunakan dalam perasa permen karet sintetis dapat mencakup metil salisilat, etil butirat, benzil asetat, amil asetat atau aldehida sinamat. Perasa permen karet alami dapat dibuat dengan menggabungkan pisang , nanas , kayu manis , cengkeh , dan wintergreen. Minyak vanila, ceri, lemon, dan jeruk juga disarankan sebagai bahan.

Sejarah Permen Karet

Cara membuat minuman es permen karet

Sejak beribu-ribu tahun yang lalu para penduduk pantai Laut Tengah di Eropa gemar mengunyah-ngunyah getah pohon mastic. Konon getah tersebut bisa menyegarkan napas dan membersihkan gigi.

Namun, jauh sebelum itu orang Indian kuno di Jazirah Yucatan di benua Amerika pun ternyata mempunyai kebiasaan yang sama. Hanya saja, getah yang mereka kunyah berasal dari pohon sawo. Para orang-orang Eropa yang bermigrasi ke Amerika beberapa ratus tahun yang lalu pun ikut-ikutan mengunyah getah yang beraroma khas tersebut.Kebiasaan mengunyah-ngunyah serupa pun telah dilakukan orang Eskimo dekat Kutub Utara sejak dulu.

Bedanya, bukan bahan yang mereka konsumsi bukan dari berasal dari bahan, melainkan berasal lemak ikan.Pada pertengahan abad ke-19, diktator Meksiko, Jenderal Antonio Lopez de Santa Anna, terpaksa melarikan diri ke Staten Islanddi New York. Antonio berbekal banyak sekali chicle, getah pohon sawo yang ia bawa dari Meksiko.

Konon ketika mengunyah chicle bisa menghilangkan ketegangan. Lalu, beberapa bulan kemudian, ketika Antonio kembali ke Meksiko. Chicle-nya ditinggalkan di laci mejanya.

Chicle tersebut lantas ditemukan oleh Thomas Adams, kenalan Antonio yang kebetulan seorang penemu. Adams mengotak-atik getah pohon yang kenyal ini. Adams bermaksud mencari tahu apakah bahan ini bisa dipakai untuk menggantikan karet yang disadap dari pohon karet atau tidak.

Ternyata, tidak bisa. Lantas Adams menguji chicle tersebut siapa tahu bisa dipakai menempelkan gigi palsu, pikirnya.Nyatanya, hal itu pun tidak bisa dilakukan. Akhirnya, benda tersebut itu direbus dan digilas dengan gilingan kue sampai tipis. Hasilnya, permen karet yang lebih baik daripada yang biasa dikunyah oleh sang Diktator.Permen karet itu akhirnya diberi gula dan aroma.

Ketika dijual di sebuah toko permen di New Jersey, ternyata permen karet tersebut laku keras. Lantas, Adams meminta hak paten untuk mesin pembuat permen karetnya. Melihat suksesan yang dialami oleh Adams, banyak orang ikut-ikutan membuat permen karet. Hingga menciptakan rasa dan warna yang bervariasi.

Pengusaha permen karet yang paling terkenal saat itu adalah William Wringley, Jr. Semula, William dikenal sebagai anak yang malas bersekolah dan selalu membuat ulah. Sampai ketika ia menginjak umur 12 tahun (1873), William dikeluarkan dari sekolahnya. Namun, sebagai catatan, William bukanlah anak yang malas bekerja. Ia membujuk ayahnya agar diperbolehkan menawarkan sabun buatan pabrik keluarga mereka.

Ternyata, William merupakan salesman yang rajin dan ulet. Ia menawarkan juga barang-barang lain, di antaranya baking powder, yaitu bahan untuk membuat kue. Orang yang hendak membeli satu kaleng baking powder miliknya akan diberinya bonus dua permen karet.

Ternyata permen karet saat itu mempunyai banyak peminat, sehingga William beralih menjadi penjual permen karet. Walaupun sempapt dilanda berbagai kesulitan, di antaranya krisis ekonomi dunia ia tidak pantang menyerah. Bahkan usahanya mampu bertahan hingga sekarang.

Sejatinya, ada dua sosok lain yang berperan besar dalam sejarah permen karet. Henry Fleer, pada tahun 1910 berhasil memberi “baju” pada permen karet. Lapisan luar putih, manis dan renyah. Ia menamai permen karet versinya itu dengan “Chiclets”.

Lalu, Frank, yang masih saudaranya, setelah sekian lama bersusah payah akhirnya berhasil membuat permen karet yang bisa ditiup sampai melembung besar seperti balon. Permen karetnya itu dinamai bubble gum atau karet gelembung.Pada akhir abad ke-19, penggemar dari permen karet kebanyakan adalah perempuan.

Namun pada tahun 1914, laki-laki maupun perempuan, anak-anak maupun dewasa, menyukai permen yang bertekstur kenyal tersebut. Dalam sejarahnya, bahkan Amerika Serikat pernah menjatuhkan permen karet dari pesawat terbang di Filipina ketika negara tersebut diduduki oleh Jepang.

Pada kemasan permen karet itu tertulis janji Jenderal Douglas MacArthur, “I shall return” (saya akan kembali). MacArthur memang berjanji akan datang kembali untuk mengusir Jepang yang akhirnya memang ditepati.

Jangan lupa untuk membaca artikel tentang cara membuat minuman rasa permen karet juga ya.

Cara Membuat Minuman Es Permen Karet

Yuk simak resep es permen karet yang viral ini.

Bahan-bahan:

-150 ml bubuk buble gum
-150 ml susu kreemer
-100 ml kental manis
-200 ml sirup strawberry atau sirup merah
-Es batu secukupnya
-Sedikit air matang

Cara membuat

1. Blender bubuk kreemer, bubuk permen karet dan air hingga tercampur rata.

2. Sesudah rata, tambahkan sirup merah lalu aduk, tambahkan susu kental manis hingga mengental.

3. Jika sudah mengental pindahkan ke wadah yang cukup besar lalu tambahkan es batu dan aduk hingga es batu sedikit mencair tunggu hingga sirup permen karet tercampur merata ke seluruh es batu.

4. Es permen karet siap dinikmati dapat digunakan untuk acara buka bersama teman maupun keluarga.

Tertarik? Anda dapat mencobannya sendiri dirumah ya. Selamat mencoba dan semoga sukses dengan Minuman Es Permen Karet Anda.

Related Posts