Home Tips Cara Membuat Minyak Atsiri Sederhana di Rumah
cara membuat minyak atsiri sederhana

Cara Membuat Minyak Atsiri Sederhana di Rumah

by Happy Puspa

Kali ini saya akan membahas Cara Membuat Minyak Atsiri Sederhana di Rumah. Penasaran gimana caranya? Yuk di simak!

Minyak Serai

Kalaupun kamu sudah tahu cara membuat minyak jeruk nipis, masih banyak yang belum tahu apa itu minyak lemuras sebenarnya. Minyak jeruk nipis dikenal untuk mengusir serangga. Tapi, bukan hanya itu. Minyak lemon ternyata memiliki manfaat lain yang sangat bermanfaat bagi kesehatan.

Salah satu khasiat jus jeruk yang belum banyak diketahui orang adalah anti bakteri dan anti jamur. Jika Anda mengalami infeksi kulit yang belum cukup parah, Anda bisa mencoba menggunakan minyak jeruk nipis untuk mengobati infeksi tersebut.

Minyak lemon juga merupakan antioksidan alami. Minyak jeruk nipis dapat menetralisir radikal bebas dalam tubuh kita.

Salah satu ciri khas minyak sereh wangi adalah aromanya yang harum. Aroma minyak grapefruit juga memiliki manfaat meredakan mual, lho. Aroma minyak grapefruit begitu menenangkan sehingga ketidaknyamanan yang disebabkan oleh mual bisa hilang.

Selain itu, minyak jerami juga bisa dijadikan bisnis yang menguntungkan. Cara membuat minyak jeruk yang mudah membuat beberapa orang mencoba untuk sukses di bisnis ini.

Mampir Website Kami : Rumah Mesin

Cara Membuat Minyak Serai

cara membuat minyak atsiri sederhana

Cara membuat minyak jeruk nipis juga sangat mudah. Pada dasarnya cara membuat minyak jeruk nipis bisa dengan cara penyulingan atau proses penyulingan. Eits, tidak perlu khawatir. Anda tetap bisa membuat minyak jeruk nipis dari rumah dengan aman dan mudah.

Yuk, simak cara membuat minyak jeruk nipis dan bahan apa saja yang perlu disiapkan.

Bahan-bahan untuk membuat minyak serai:

  • Serai
  • Air
  • Es

Alat yang dibutuhkan untuk membuat minyak serai:

  • Pisau dan tongkat
  • Panci
  • Baskom ukuran sedang
  • Sel kecil panjang
  • Botol kaca kecil

Cara membuat minyak jerami:

  1. Potong serai yang sudah dipanen sepanjang 5 cm. Untuk hasil yang lebih lama, Anda bisa mengeringkan jeruk cincang selama 3-4 jam. Tujuannya agar serai tidak cepat busuk.
  2. lubang tutup panci. pastikan lubangnya cukup besar untuk selangnya nanti bisa dimasukkan sebagai prosedur pembuatan minyak kapur.
  3. buat lubang di sisi kanan dan kiri bak ukur diameter selang.
  4. Tambahkan air ke dalam panci, kemudian isi panci setengah lalu tutup dengan menggunakan sekat yang biasa dipakai untuk menutup makanan.
  5. Masukkan serai yang sudah dipotong-potong ke dalam panci yang bagian bawahnya sudah diisi air. Cara membuat minyak jeruk bali ini mirip dengan cara mengukus makanan pada umumnya.
  6. Pastikan panci tertutup rapat agar tidak ada uap serai yang terbuang. Pastikan tutup panci berlubang dan selang terpasang.
  7. Siapkan baskom dengan lubang di sisi kanan dan kiri lalu masukkan selang dari sisi kanan dan keluar di sisi kiri baskom.
  8. Jika sebagian selang telah masuk didalam baskom, tambahkan es batu ke dalam baskom.
  9. Siapkan botol kaca serta masukkan ujung selang ke botol.
  10. Tunggu beberapa saat dan kemudian minyak grapefruit akan menetes ke dalam botol.

Baca Juga : Produk Alat Destilasi Minyak Astiri

Proses destilasi adalah cara pembuatan minyak serai untuk mengekstrak minyak atsiri yang terkandung dalam tanaman serai. Pada dasarnya, Anda dapat membeli alat distilasi ini atau membuatnya sendiri. Namun, jika Anda penasaran dan ingin menggunakan bahan-bahan yang ada di sekitar Anda, tidak ada salahnya mencoba membuat minyak jeruk bali.

Cara Membuat Minyak Serai Dengan Destilasi Gaya Rumah

cara membuat minyak atsiri sederhana

Cara membuat minyak jerami dengan cara penyulingan sangatlah penting. Selama proses penyulingan, selang dari pot daun serai dimasukkan ke dalam lubang baskom.

Setelah selang diatur sedemikian rupa seperti di baskom, Anda bisa menjatuhkan es batu ke dalam baskom. Uap dari serai akan melewati es batu serta minyak esensial akan bisa disaring di ujung selang.

Sekian pembahasan cara membuat minyak atsiri sederhana, semoga bermanfaat. Terimakasih.

Related Posts