Home Uncategorized Cara Membuat Minyak Cengkeh Manual
cara membuat minyak cengkeh

Cara Membuat Minyak Cengkeh Manual

by Happy Puspa

Cara membuat minyak cengkeh manual dengan mudah. Minyak cengkeh adalah minyak atsiri yang dihasilkan dari penyulingan bagian tanaman cengkeh, terutama bagian daun dan bunga cengkeh.

Memang seluruh bagian tanaman cengkeh mengandung minyak, tetapi bunganya memiliki kandungan minyak yang paling banyak karena daun dan cengkeh juga menghasilkan minyak

Pembaruan bidang kedokteran asal Swiss, Philippus Aureolus Paracelcus pada abad ke 16 mendapatkan perkiraan bahwa tanaman yang berbau harum aromanya dari senyawa tertentu di dalamnya. Ia disebut quinta essentia. Hipotesanya menjadi kunci lahirnya industri minyak atsiri di Eropa.  

Sekilas Tentang Minyak Cengkeh

Produksi pertama minyak cengkih tidak terlepas dari sejarah bangsa Belanda di Indonesia. Di Eropa ketika sedang populer minyak lavender, yaitu minyak atsiri yang merupakan hasil penyulingan bunga lavender.

Tak lama kemudian dengan kehadiran cengkih ke Eropa, berbagai tanaman yang berbau harum, termasuk cengkih, disuling untuk mendapatkan minyaknya.

Minyak cengkih atau minyak cengkih adalah minyak atsiri yang dihasilkan dari penyulingan bagian tanaman cengkih, terutama daun dan bunga cengkih.

Seluruh bagian tanaman cengkih mengandung minyak, tetapi bunganya memiliki kandungan minyak yang paling banyak Karena daun dan cengkih juga menghasilkan minyak,

Keduanya menjadi penghasilan sampingan bagi petani cengkih yang memanen bunga cengkih untuk rokok. Mereka cukup mengumpulkan daun dan mengomel yang runtuh di sekitar pohon dan melakukan penyulingan sederhana untuk mendapatkan minyak cengkih kasar.

Minyak cengkeh merupakan minyak atsiri yang berasal dari pohon cengkeh (Syzygium aromaticum). Minyak ini diproduksi dengan mengekstraksi kuncup bunga cengkeh kering.

Ciri minyak cengkeh memiliki warna kuning pucat hingga coklat muda, dan memiliki aroma pedas yang kuat. Seminyak kaya akan fenilpropanoid yang merupakan kelompok senyawa dari tumbuhan dengan senyawa utama eugenol. Senyawa bioaktif lain yang terdapat pada minyak cengkeh yaitu timol, carvacrol, dan cinnamaldehyde.

Kandungan Minyak Cengkeh

Meski proses pembuatan minyak cengkeh cukup memerlukan waktu yang cukup lama. Minyak cengkeh memiliki kandungan yang berkhasiat bagi kesehatan.

Minyak cengkeh diperkaya oleh antioksidan eugenol untuk melawan radikal bebeas dalam tubuh yang bisa memicu perkembangan kanker. Selain eugenol , cengkeh juga mengandung vitamin C sebagai antioksidan untuk membantu menetralisir radikal bebas.

Minyak cengkih mengandung eugenol sebanyak 78-98 persen. Zat tersebut dihasilkan dari kelenjar minyak yang terdapat pada permukaan badan bunga cengkih.

Secara umum, daun dan ranting cengkih mengandung eugenol dengan konsentrasi lebih banyak dibandingkan bunga cengkih. Pada minyak yang dihasilkan dari daun cengkih terdapat 82-88% eugenol, dan pada mengomel mencapai 90-95%.

Bandingkan minyak dari bunga cengkih yang hanya mengandung 60-90% eugenol, sisanya adalah eugenyl asetat, caryophyllene, dan senyawa minor lainnya. Indonesia dan Madagaskar merupakan produsen utama minyak cengkih.

Bahan baku minyak cengkeh adalah daun, gagang dan bunga cengkeh. Kadar minyak atsiri bunga cengkeh berkisar antara 15-20%, gagang cengkeh antar 5-7% dan daun cengkeh antara 1-4%. Minyak cengkeh diperoleh dengan cara penyulingan dan umumnya dengan cara penyulingan udara dan uap atau dikukus.

Cara Membuat Minyak Cengkeh Manual

Alat & Bahan

  • Cengkeh
  • Cobek dan ulekan
  • Stoples kaca berwarna gelap
  • Kain saring
  • Minyak zaitun

Langkah-Langkah Pembuatan Minyak Cengkeh

  1. Beli cengkih utuh yang segar.
  2. Hancurkan cengkih dengan cobek dan ulekan.
  3. Pindahkan cengkih ke stoples kaca kecil berwarna gelap.
  4. Lapisi cengkih yang sudah dihancurkan dengan minyak karier.
  5. Tutup stoples dan kocok dengan hati-hati beberapa kali.
  6. Diamkan stoples selama sekitar satu minggu.
  7. Pasang kain penyaring keju pada mulut stoples dan tahan menggunakan karet gelang
  8. Setelah kain terpasang lalu saring secara perlahan
  9. Minyak cengkeh siap digunakan dan simpan ditempat yang sejuk

kilk disini:Bagaimana Cara Buat Minyak Cengkeh ?

Related Posts