Home Uncategorized Cara Membuat Minyak Kelapa Untuk Wajah dan Juga Manfaat Lainnya
Cara Membuat Minyak Kelapa Untuk Wajah

Cara Membuat Minyak Kelapa Untuk Wajah dan Juga Manfaat Lainnya

by Happy Puspa

Halo teman – teman semua! Pada artikel kali ini saya akan membagikan cara membuat minyak untuk wajah kelapa beserta dengan manfaat lainnya bagi tubuh. Seperti namanya, minyak kelapa berasal dari buah pohon kelapa. Jenis minyak ini mengandung asam lemak jenuh rantai menengah trigliserida (MCT) tingkat tinggi. Oleh karena itu, lemak ini masih aman karena hati mengolahnya langsung menjadi energi.

Ada beberapa manfaat minyak kelapa yang juga baik untuk kesehatan tubuh, mulai dari menurunkan berat badan hingga menjaga kesehatan jantung. Kelapa tidak hanya dapat diolah menjadi berbagai jenis makanan, tetapi juga menjadi minyak kelapa (coconut oil). Minyak kelapa yang baik adalah minyak kelapa murni, bukan minyak kelapa murni.

Virgin coconut oil diperoleh dari buah kelapa segar tanpa diolah dengan bahan kimia lain atau diproses tanpa suhu tinggi. Tujuannya agar bahan-bahan alami, seperti senyawa fenolik, tidak hilang atau rusak. Senyawa fenolik berperan sebagai antioksidan.

Selain itu, senyawa dalam minyak kelapa seperti asam laurat, kaprilat, dan kaprat dapat mendorong pertumbuhan probiotik pencernaan yang bekerja untuk melawan bakteri jahat.

Cara Membuat Minyak Kelapa Untuk Wajah

Cara Membuat Minyak Kelapa Untuk Wajah

Langkah pertama : buang kulitnya

Pegang kelapa dengan kuat (telapak tangan ke atas) dan kocok dengan bagian belakang pisau sampai pecah. Agar lebih mudah, ibu-ibu bisa membungkus kelapa dengan handuk dapur.

Ketuk perlahan beberapa bagian kelapa dengan palu atau palu sampai kulit cokelatnya pecah. Ambil cangkang yang tersisa dengan hati-hati. Kalian bisa menyisihkan air kelapa untuk diminum.

Langkah kedua : kelapa parut

Langkah selanjutnya dalam produksi minyak kelapa adalah memarut kelapa dengan tangan menggunakan sisi parutan yang halus. Anda juga bisa menggunakan food processor atau blender untuk memarut kelapa.

Langkah ketiga : rendam dan tiriskan

Tambahkan sekitar 1 sampai 3 gelas air ke kelapa parut (cairan akan membantu memeras santan juga). Peras santan dari parutan kelapa dengan tangan, bisa juga menggunakan kain untuk memerasnya. Kemudian saring santan melalui saringan untuk menghilangkan serpihan yang tersisa sebanyak mungkin.

Langkah keempat : pemanasan

Cara membuat minyak kelapa lebih banyak, masukkan santan ke dalam panci besar dan biarkan panas. Tapi santannya jangan sampai mendidih ya. Panaskan saja dan matikan api. Dan jangan mengaduk campuran.

Langkah kelima: diamkan

Biarkan santan dingin, tapi bisa dibiarkan agak hangat, mungkin di suhu ruang, bisa juga didiamkan sebentar di lemari es.

Langkah enam: skim

Setelah dingin, Anda akan melihat bahwa lemak kelapa menumpuk di air kelapa. Gunakan sendok untuk menghilangkan lemak dan letakkan di wajan. Kalian bisa menggunakan wajan stainless steel untuk menambahkan lemak ini.

Langkah ketujuh : masak

Aduk perlahan selama proses ini. Didihkan “puding” kelapa, lalu kecilkan api menjadi sedang dan didihkan selama sekitar 45 menit (tergantung pada berapa banyak puding yang tersisa). Dalam proses ini, penampilan berubah. Anda akan melihat bintik-bintik (minyak) mengkilap dan residu abu-abu / coklat tebal.

Minyak akan terus terpisah dari limbah yang dimasak. Terakhir, Anda bisa menggunakan sendok dan memisahkannya satu sama lain.

Langkah kedelapan : tiriskan dan dinginkan

Saring minyak melalui saringan atau kain. Biarkan dingin sepenuhnya dan gunakan untuk melembabkan kulit, rambut atau sebagai pengelupasan.

Nah, itu tadi adalah penjelasan seputar cara membuat membuat minyak kelapa untuk wajah yang bisa kalian buat dirumah, kalian juga bisa mendapatkan produk mesin minyak kelapa di Rumah Mesin. Baiklah, cukup sekian dulu untuk artikel “Cara Membuat Minyak Kelapa Untuk Wajah dan Juga Manfaat Lainnya”, jangan lupa juga untuk mengunjungi artikel lainnya dan sampai jumpa!

Related Posts