Home Uncategorized Cara Membuat Minyak Kelapa Dirumah Dengan Mudah
Cara Membuat Minyak Kelapa

Cara Membuat Minyak Kelapa Dirumah Dengan Mudah

by Happy Puspa

Minyak kelapa ternyata memiliki banyak manfaat. Karena manfaatnya yang banyak, sehingga kita bisa membuat minyak kelapa dirumah. Simak cara membuat minyak kelapa dibawah ini!

Minyak Kelapa 

Minyak kelapa adalah minyak nabati yang diekstraksi dari kelapa tua. Harap dicatat, bagaimanapun, bahwa minyak kelapa berbeda dari minyak kelapa biasa dalam cara ekstraksi dan manfaat kesehatannya.

Penyebutan Virgin disini berarti minyak tersebut dibuat dari ekstrak kelapa tanpa menggunakan bahan kimia dan menggunakan panas atau suhu rendah, bahkan tidak sama sekali.

Minyak kelapa murni memiliki rasa dan aroma yang kuat serta mengandung lebih banyak antioksidan, protein, vitamin, dan asam lemak sehat dibandingkan produk manufaktur.

Tradisi membuat minyak sendiri berawal dari kebiasaan orang jaman dahulu yang berhati-hati dalam mengekstrak cairan dari kacang-kacangan, biji-bijian, atau bahan lain yang kemudian disimpan untuk keperluan memasak.

Untuk memenuhi kebutuhan dan kenyamanan kami, kami telah beralih ke minyak buatan pabrik selama bertahun-tahun, yang sering kali sarat dengan campuran senyawa, aditif, dan lemak terhidrogenasi. Oleh karena itu, pemilihan minyak goreng yang digunakan untuk menyiapkan hampir setiap hidangan haruslah berkualitas tinggi.

Selain digunakan untuk memasak lho Bunda, minyak kelapa memiliki banyak manfaat diantaranya sebagai pelembab yang baik terutama untuk bayi yang baru lahir, karena ringan dan segar. Selain itu juga baik untuk lambung dan pencernaan dengan cara mengkonsumsi satu sendok teh minyak kelapa sebelum sarapan pagi.

Minyak kelapa murni juga dapat membantu menurunkan kolesterol dan menjadi bahan perawatan kulit alami yang dapat membantu mencegah timbulnya jerawat di wajah. Selain itu dapat meredakan gatal pada kulit kepala dan ketombe.

Minyak kelapa murni juga bagus sebagai obat sariawan. Caranya adalah dengan mengoleskan sedikit minyak kelapa ke area sariawan dan diamkan semalaman.

Cara Membuat Minyak Kelapa

Alat dan Bahan :

  • 3-4 butir kelapa matang dan segar untuk 1 liter santan dan 50 gram minyak dapat diekstrak.
  • Air secukupnya
  • Penggosok
  • Penyaring
  • Botol penyimpanan

Cara Membuat Minyak Kelapa :

  1. Kupas kelapa, ambil dagingnya dan bersihkan. Kemudian parut daging kelapa tersebut.
  2. Peras daging kelapa parut dengan kain untuk mengekstrak santan. Kemudian dapat ditambahkan sedikit air panas agar mudah diperas.
  3. Setelah santan diekstraksi, saring dengan kain untuk memisahkan kotorannya.
  4. Masukkan santan ke dalam wajan dan taruh di atas kompor. Masak selama 2 hingga 3 jam, tetapi jaga agar api tetap rendah.
  5. Aduk terus sampai santan berubah warna menjadi coklat. Pada titik ini, air kelapa menguap dan terpisah untuk menghasilkan minyak dan pulp.
  6. Setelah santan pekat, angkat panasnya dan biarkan dingin. Masukkan santan kental yang sudah dingin, lalu peras dengan kain untuk memisahkan minyak. Kumpulkan dalam mangkuk lalu simpan dalam kaleng atau botol plastik.

Pembuatan miyak kelapa juga bisa lebih memanfaatkan kelapa. Bagian bagian dari kelapa memang banyak yang dimanfaatkan. Seperti sabutnya dibuat cocomesh jaring sabut kelapa, cocopot, cocosheet, kemudian tempurungnya dibuat mangkok dan lain lain.

Demikian pembahasan cara membuat minyak kelapa yang bisa kalian praktikkan dirumah. Semoga bermanfaat.

Related Posts