Home Uncategorized Cara Membuat Nasi Goreng Mawut Spesial
cara membuat nasi goreng mawut spesial

Cara Membuat Nasi Goreng Mawut Spesial

by Happy Puspa

Hello teman teman semuanya, pada artikel kali ini saya mau membagikan kepada kalian bagaimana cara membuat nasi goreng mawut spesial, yang pastinya nasi goreng kali ini ga akan kalah spesialnya dengan yang dijual di warung makan ataupun restoran diluar.

Tetapi sebelum masuk ke pembahasan tersebut, yakni pembahasan mengenai cara membuat nasi goreng mawut spesial, saya mau sedikit membahas latar sekaligus beberapa hal yang masih terkait dengan nasi goreng ini. Barangkali terdapat informasi yang bisa membantu sobat sekalian untuk mengenal lebih dalam soal nasi goreng mawut ini.

Kalau gitu ga perlu lagi berlama lama kita dengan basa basinya, langsung masuk ke dalam pembahasan dari yang terkait dengan nasi goreng mawut ini.

Nasi Goreng Mawut

cara membuat nasi goreng mawut spesial

Sebagai pembuka dan pemanasan, tahukah kamu apa itu Magelangan atau nasi goreng mawut ini? Bagi anda yang mungkin belum tahu, nasi goreng atau mawut dalam artikel ini adalah makanan atau sajian nasi goreng yang dicampur dengan mie goreng. Teman-teman semua mungkin membayangkan betapa enaknya? Hehehe.

Nasgor mawut juga memiliki nama lain yang populer di masyarakat, Magelang. Hal ini bisa terjadi dan disebabkan karena banyaknya orang yang berpendapat dan mengira bahwasannya nasgor mawut ini diciptakan serta dibuat pertama kali di daerah Magelan.

Namun, asal usul atau asal usul nasi goreng ini belum ditemukan. Tapi satu hal yang pasti adalah makanan Jawa.

Bukan tanpa alasan, karena Nasi Goreng Mawut atau yang lebih dikenal dengan sebutan Magelang memiliki kemiripan yang mencolok dengan nasi goreng jawa baik dari segi gaya penyajiannya maupun bumbu yang digunakan dalam masakan ini.

Cara Membuat Nasi Goreng Mawut Spesial

cara membuat nasi goreng mawut spesial

Setelah tadi saya sudah selesai dengan pembahasan latar serta hal yang berkaitan dengan nasi goreng mawut, kini saatnya saya akan mulai masuk ke dalam pembahasan dari cara membuat nasi goreng mawut spesial.

Pastinya pembahasan cara membuat nasi goreng mawut spesial ini yang sudah kalian tunggu sejak awal bukan ? hehe. Tanpa perlu berlama lama lagi dengan basa basi sejenisnya, kita mulai masuk ke dalam pembahasan dari cara membuat nasi goreng mawut spesial.

Bahan:

  • Nasi
  • 1 bungkus mie (bisa juga pakai mie telur)
  • kecap manis (sesuai selera)
  • 1 telur
  • Cabai (bisa digunakan atau tidak)
  • Bakso (sesuai selera dan potong kecil-kecil)
  • Sosis (sesuai selera dan potong kecil-kecil)
  • Daun bawang
  • Sayur-sayuran (bisa pakai cimim atau sawi)
  • saus tiram
  • Garam secukupnya

Langkah-langkah cara membuatnya:

  1. Hal pertama yang harus dilakukan adalah merebus mie yang sudah Anda siapkan (lakukan hal yang sama jika Anda menggunakan mie telur).
  2. Jika mie sudah matang, angkat dan tiriskan. Kemudian Anda bisa melanjutkan untuk membuat telur terlebih dahulu.
  3. Kemudian tambahkan nasi dan campur dengan telur orak-arik.
  4. Untuk beberapa saat, tambahkan sosis dan bakso yang sudah disiapkan sebelumnya dan potong-potong, Anda juga bisa menggunakan mesin pengiris agar lebih hemat.
  5. Kemudian Anda bisa mencampurnya kembali hingga semuanya merata.
  6. Setelah semuanya tercampur rata. Tambahkan kecap asin, garam dan mie (jika menggunakan mie) lalu aduk kembali hingga semuanya merata kembali.
  7. Kemudian tambahkan sayuran yang sudah disiapkan untuk memastikan sayuran yang akan digunakan dicuci bersih.
  8. Kemudian tambahkan bawang putih dan kecap asin lalu aduk kembali hingga semuanya merata.
  9. Setelah tercampur rata, masukkan mie. Jika perlu, taburi bawang goreng agar lebih enak disantap.

Akhiran

Itulah tadi pembahasan pada artikel kali ini yang membahas bagaimana cara membuat nasi goreng mawut spesial yang mungkin bisa berguna sekaligus bermanfaat untuk kalian semua yang sedang tertarik ataupun membutuhkan informasi yang terdapat pada artikel kali ini.

Sampai berjumpa lagi semuanya di postingan lain yang pastinya juga berguna dan ga akan kalah menariknya dengan artikel kali ini, see you guys and goodbye !.

Related Posts