Home Uncategorized Cara Membuat Pakan Sapi Fermentasi Bernutrisi Tinggi
cara membuat pakan sapi fermentasi

Cara Membuat Pakan Sapi Fermentasi Bernutrisi Tinggi

by Happy Puspa

Kali ini kita akan membahas tentang cara membuat pakan sapi fermentasi bernutrisi tinggi. Pakan ternak fermentasi merupakan jenis pakan yang sangat penting dalam peternakan. Jenis makanan ini sangat berguna sebagai cadangan saat sumber makanan lain mulai menipis. Pakan ternak merupakan komponen utama yang harus Anda persiapkan sebagai peternak. Selain rumput, kita juga bisa memberi makan ternak seperti sapi atau kambing dengan daun. Seperti daun singkong, daun lambboro dan masih banyak lagi.

Pakan hewan alami tentunya yang terbaik untuk hewan seperti kambing atau sapi. Selain sangat penyayang hewan, pakan ini paling banyak kami pilih untuk menggemukkan hewan ternak. Kita juga bisa memberi makan daun tanaman kacang tanah kepada sapi atau kambing karena mengandung nutrisi yang cukup. rumah mesin

Berbagai jenis makanan alami dapat kita temukan di berbagai tempat, terutama saat musim hujan. Kita bisa memberikan rumput agar ternak kita cepat gemuk. Lalu bagaimana saat musim kemarau datang, apalagi gulma sangat sulit didapat? Solusinya adalah dengan memproduksi pakan ternak fermentasi. mesin pencacah rumput

Pakan fermentasi adalah pakan yang dihasilkan dengan cara menguraikan senyawa organik dari pakan ternak. Proses ini menggunakan bantuan mikroorganisme untuk mengubahnya menjadi senyawa sederhana. Cara ini sangat direkomendasikan untuk peternak sapi atau kambing besar. Jika Anda baru mengenal proses pembuatan, silakan baca ulasan di artikel ini.

Cara Membuat Pakan Ternak Fermentasi

Sapi atau kambing merupakan salah satu jenis hewan yang sering kita pelihara sebagai hewan ternak. Hewan-hewan ini memiliki sistem pencernaan yang serupa karena mereka memakan tumbuhan dan hijauan. Lalu bagaimana cara membuat pakan ternak fermentasi yang tepat? Langsung saja simak langkah-langkahnya di bawah ini.

Bahan Bahan :

Langkah pertama yang perlu Anda lakukan jika ingin membuat pakan fermentasi adalah menyiapkan bahan-bahan yang Anda butuhkan. Berikut adalah berbagai bahan yang perlu Anda siapkan. Dengan bahan alami, Anda perlu memotongnya agar hasil proses fermentasi lebih optimal.

  • Jerami atau Gedebog (pohon pisang)
  • Gula
  • Nanas
  • Air bersih
  • Ampas tahu
  • Dedak
  • Garam

Langkah Langkah :

  1. Agar produksi pakan ternak fermentasi bekerja, kita membutuhkan mikroorganisme yang mudah rusak. Kita bisa mendapatkan hewan ini melalui larutan fermentasi. Larutan ini dibuat dari campuran gula, parutan nanas, dan air.
  2. Jika menggunakan bahan jerami, kita membutuhkan 10 liter larutan air. Sedangkan untuk debog atau pohon pisang hanya dibutuhkan 1 liter air.
  3. Campur semua bahan , setelah semua bahan siap, masukkan bahan pakan fermentasi tersebut. Dimulai dengan jerami atau pohon pisang (opsional), dedak padi dan ampas tahu dalam wadah besar.
  4. Kemudian masukkan larutan fermentasi ke dalam wadah. Kemudian aduk hingga semua bahan tercampur rata. Diamkan dan diamkan selama kurang lebih 15 menit.
  5. Setelah itu, campurkan sisa larutan fermentasi dalam 10 liter air bersih dan tuang di atas bahan fermentasi. Agar mikroorganisme berkembang biak, taburi garam, lalu aduk hingga merata.

Proses Fermentasi

Setelah bahan-bahannya tercampur sempurna, saatnya melakukan fermentasi. Tuang bahan fermentasi ke dalam ember atau drum (sesuaikan jumlah pakan fermentasi yang Anda inginkan). Langkah selanjutnya dalam pembuatan pakan ternak fermentasi adalah menutup drum dengan plastik atau terpal. Hal ini berguna untuk menjaga agar udara tidak masuk dan keluar.

Untuk bahan fermentasi jerami, biarkan proses fermentasi berlangsung sehari penuh. B. Debog atau pohon pisang, waktu fermentasi biasanya hanya sekitar 1-3 jam. Siap untuk dimakan, setelah waktu pemeriksaan berlalu, Anda dapat membuka tutup drum. Ambil pakan fermentasi yang siap untuk Anda beri makan ternak Anda. Kita bisa menyimpan sisanya untuk nanti.

Anda harus menghitung kebutuhan makanan siap saji yang difermentasi ini berdasarkan jumlah hewan yang Anda pelihara. Jangan meninggalkan hewan terlalu sedikit makanan, yang dapat mempengaruhi pertumbuhannya.

Nah, itulah sekilas tentang tahapan dan langkah-langkah yang dilakukan dalam membuat makanan hewan fermentasi. Lakukan langkah-langkah tersebut secara runtut agar proses fermentasi bisa berhasil. Jika gagal, coba lagi sampai Anda bisa membuatnya sendiri.

Itulah beberapa pembahasan tentang cara membuat pakan sapi fermentasi yang bernutrisi tinggi.

Related Posts