Home Uncategorized cara membuat popcorn caramel

cara membuat popcorn caramel

by Happy Puspa

Cara Membuat Popcorn Caramel-Biasanya camilan yang sering dinikmati saat menonton film di bioskop adalah popcorn caramel. Namun, dengan adanya kondisi pandemi COVID-19 dan adanya peraturan dari pemerintah membuat bioskop ditutup sementara sehingga kita tidak bisa menikmati camilan yang satu ini. Namun jangan khawatir, resep popcorn caramel ala bioskop bisa kamu coba di rumah.

Popcorn caramel adalah camilan yang berbahan dasar dari jagung lalu dicampur dengan rasa caramel. Camilan ini seringkali dimakan saat sedang bersantai, menonton film di bioskop, maupun berkumpul bersama keluarga. Popcorn caramel satu ini memang sangat diminati oleh semua kalangan, baik anak-anak hingga orang dewasa. 

Tenang saja, kamu dapat menonton film di akhir pekan dari rumah saja bersama keluarga sambil memakan popcorn caramel beserta dengan resepnya. Resep dari popcorn caramel ini memiliki tekstur yang renyah tanpa rasa lengket serta tidak menempel di gigi. Selain itu, kamu bisa menyimpannya di dalam toples agar lebih awet untuk dimakan di lain waktu.

cara membuat popcorn caramel

Cara Membuat Popcorn Caramel

Bahan yang perlu disiapkan:

  • 100 gram biji jagung
  • 50 gram mentega
  • 200 gram gula pasir
  • 1 sendok teh essence vanila
  • 125 gram unsalted butter
  • Garam secukupnya

Popcorn adalah makanan ringan yang terbuat dari biji jagung kering yang dipipil dan dipanaskan. Proses pemanasan yang sederhana akan membuat biji jagung mengembang dan ditandai dengan suara ledakan kecil.

Melansir dari USA Today, popcorn merupakan salah satu makanan sumber antioksidan. Bahkan, popcorn yang rendah kadar airnya memiliki kadar antioksidan yang lebih pekat dari buah dan sayuran.

Selain itu, rasanya pun lezat dan renyah di mulut. Saat memakannya, membuat ketagihan. Apalagi, berondong jagung dengan rasa caramel.

Ketimbang beli, lebih baik membuat popcorn sendiri. Tak perlu bingung mencari rasa caramel, Anda bisa menambahkan susu kental manis. Begini caranya:

Cara membuat popcorn caramel:

  1. Siapkan panci di atas kompor dengan api sedang, masukkan ¼ sendok teh mentega ke dalamnya.
  2. Tuang jagung ke dalam panci secukupnya.
  3. Tutup panci, tetapi jangan terlalu rapat agar mengeluarkan uap. Kemudian, goyangkan panci agar popcorn tidak gosong.
  4. Kecilkan api dan tunggu sampai semua popcorn mengembang.
  5. Bila biji jagung sudah berhenti meletup, tuang ke dalam wadah dan sisihkan.
  6. Selanjutnya, siapkan panci kecil lainnya di atas kompor dengan api sedang.
  7. Masukkan unsalted butter, gula pasir, dan essence vanila.
  8. Aduk sampai unsalted butter, gula pasir, dan essence vanila tercampur merata.
  9. Diamkan sampai caramel berwarna cokelat keemasan dan bertekstur kental. Kamu bisa memasak caramel lebih lama agar popcorn semakin renyah. Namun, perhatikan jangan sampai caramel menjadi gosong dan pahit.
  10. Tuang caramel ke atas popcorn, lalu aduk cepat sampai merata.
  11. Kamu bisa menambahkan sedikit garam pada caramel di atas popcorn untuk mendapatkan paduan rasa asin yang nikmat.

Manfaat popcorn bagi kesehatan tubuh

1.Mencegah Kanker

Manfaat popcorn yang pertama adalah bisa membantu mencegah penyakit kanker. Karena popcorn memiliki kandungan polifenl, yang merupakan jenis antioksidan, yang bisa mencegah radikal bebas perusak pelindung sel.

Kandungan yang terdapat di dalam popcron ini, bisa menurunkan risiko penyakit jantung, mencegah kanker payudara, kanker prostat dan kanker kulit

2. Mengontrol Kolesterol

Kolesterol terbagi menjadi dua jenis di dalam tubuh, yaitu kolesterol baik dan kolesterol jahat. Jika kadar kolesterol jahat lebih tinggi daripada kolesterol baik, maka akan berbahaya untuk tubuh dan menyebabkan penyakit yang kronis.

Popcorn memiliki kandungan mangan, yang bisa membantu mengontrol kadar kolesterol di dalam tubuh, menjaga struktur tulang, mencegah osteoporosis, arthritis dan osteoarthritis

3. Menurunkan Berat Badan

Popcorn adalah camilan yang bisa dikonsumsi kapan saja. Bahkan popcorn bisa dikonsumsi pada malam hari, tanpa takut berat badan menjadi naik, atau perut berubah menjadi buncit.

Popcorn adalah camilan yang rendah kalori, mengandung serat yang bisa mengontrol berat badan, dan juga memiliki kandungan karbohidrat yang tinggi, karena popcorn terbuat dari bahan dasar jagung.

Mesin  jagung merupakan mesin yang berfungsi sebagai perontok dan pemisah antara biji jagung dengan tongkol dalam jumlah yang banyak dan secara kontinyu. Mesin ini menggunakan bahan bakar motor yaitu bensin sebagai sumber tenaganya, dan menggerakkan mata pemipil agar bisa memipil jagung.

Mesin  jagung berfungsi untuk memisahkan biji jagung dengan tongkolnya. Dan itu merupakan pekerjaan yang sangat memudahkan kita Dengan adanya mesin

Mudah untuk membuatnya, bukan? Kalau masih bersisa, simpan popcorn caramel dalam wadah kering yang tertutup rapat selama beberapa hari agar tetap renyah di mulut.

Related Posts