Home Uncategorized Cara Membuat Sapu Dari Sabut Kelapa yang Memiliki Nilai Ekonomis
Cara Membuat Sapu Dari Sabut Kelapa

Cara Membuat Sapu Dari Sabut Kelapa yang Memiliki Nilai Ekonomis

by Happy Puspa

Cara Membuat Sapu Dari Sabut Kelapa — Halo teman – teman semua! Pada artikel kali ini saya akan membagikan cara membuat sapu dari sabut kelapa yang bisa kalian coba untuk mengasah keterampilan kalian. Sabut kelapa memang banyak dimanfaatkan oleh banyak orang mulai dari kerajinan, konstruksi sampai dengan pertanian. Salah satu dari hasil pengolahan sabut kelapa ialah sapu yang biasa kita gunakan sehari – hari.

Nah, untuk informasi lebih lengkapnya mengenai cara membuat sapu dari sabut kelapa kalian bisa simak penjelasan lengkapnya dibawah ini. Pastikan juga simak sampai habis supaya kalian tidak ada informasi tentang sapu dari sabut kelapa yang tertinggal.

Sabut Kelapa

Indonesia merupakan negara kepulauan dengan banyak perkebunan kelapa. Sejak kecil kita telah mengetahui bahwa pohon kelapa memiliki banyak manfaat, dari akar hingga daunnya. Misalnya, kelapa yang biasanya dibuang, sebenarnya bisa dibentuk menjadi kelapa yang dikepang.

Sejauh ini saya telah menggunakan buah dalam susu dan minyak kelapa. Batangnya digunakan untuk membuat kayu dan daun untuk sapu dan sejenisnya. Tempurung kelapa yang baru dibuang ternyata dapat dimanfaatkan sebagai produk yang bermanfaat bagi lingkungan dan juga membawa nilai ekonomi bagi lanskap.

Pada umumnya masyarakat hanya menggunakan sabut sebagai bahan bakar untuk rumah tangga yang masih menggunakan kayu bakar untuk bahan bakar. Di daerah penghasil kelapa, kelapa ini sering dibuang, dan biasanya hanya operator komersial dalam pembuatan batu bata dan ubin yang mengharuskan kelapa menjalani proses pembakaran.

Namun beberapa pengrajin menggunakan kelapa ini untuk mengolah produk yang memiliki nilai ekonomis. Bagaimana bisnis pengolahan kelapa?

Sabut kelapa dikenal juga sebagai bahan utama dalam pembuatan berbagai kerajinan tangan. Selain itu, kelapa kasar dan halus dapat dibuat menjadi serat halus dengan dua cara, yaitu dengan teknologi tradisional dan dengan teknologi modern. Berikut ini adalah salah satu contoh dari pengolahan sabut kelapa, yaitu dibuat menjadi sapu.

Cara Membuat Sapu Dari Sabut Kelapa

Cara Membuat Sapu Dari Sabut Kelapa

Meski kini banyak sapu yang terbuat dari plastik, kelapa dan kelapa tetap menjadi favorit ibu-ibu di rumah. Dan di era milenial ini, kita melihat sangat sedikit orang yang membuat sapu ijuk dari sabut kelapa. Hanya beberapa orang yang bisa melakukannya, itu saja karena seseorang memesannya atau hanya membuatnya untuk bersenang – senang. Berikut ini adalah proses pembuatan sapu dari sabut kelapa.

Bahan dan alat yang dibutuhkan :

  • 1. Tali nilon kecil
  • 2. Bambu atau Cagak
  • 3. Cap sapu
  • 4. Kawat
  • 5. Sabut kelapa
  • 6. Sikat
  • 7. Gunting
  • 8. Besi bentuk persegi
  • 9. Tongkat kayu

Cara pembuatan :

  1. Lilitkan tali di sekitar bambu atau kayu dan tali akan kita pasang di tutup sapu.
  2. Kami mengikat fiber dengan tali yang ada pada cap sapu, lalu tarik tali agar menyatu dengan sapu piston, pekerjaan ini hampir sama dengan menjahit, lakukan sampai ijuk memenuhi tutup sapu.
  3. Kemudian haluskan serat yang masih bergelombang menggunakan setrika yang bentuknya seperti persegi.
  4. Kita sikat seratnya dengan kuas besar ya supaya serat yang kurang tahan bisa dilepas.
  5. Potong seratnya agar terlihat bagus.
  6. Lanjutkan mengikat batang sapu dan membuat sapu kelapa.

Nah, itu tadi adalah cara membuat sapu dari sabut kelapa yang memiliki nilai ekonomis dan juga bisa untuk kalian praktekkan dirumah, kalian juga bisa mendapatkan produk sabut kelapa seperti cocomesh jaring sabut kelapa di Rumah Sabut. Baiklah, saya rasa cukup sekian dulu untuk artikel “Cara Membuat Sapu Dari Sabut Kelapa yang Memiliki Nilai Ekonomis” kali ini, jangan lupa juga untuk mengunjungi artikel lainnya dan sampai ketemu lagi di postingan selanjutnya, bye – bye!

Related Posts