Home Uncategorized Cara Membuat Sop Sumsum Tulang Sapi di Jamin Enak!
olahan tulang sapi berkuah

Cara Membuat Sop Sumsum Tulang Sapi di Jamin Enak!

by Happy Puspa

Resep sop sumsum tulang sapi ini dapat menjadi panduan ketika kamu menerima pembagian tulang sapi pada hari raya kurban kemarin. Kaldunya yang bening beserta rasa gurih dari sumsum yang enak. Yuk, simak cara membuat sop sumsum tulang sapi berikut ini yaa!

Bukan hanya daging, pembagian jatah hari raya kurban ini juga mencakup tulang kaki sapi. Jadi jangan bersedih karena ‘hanya’ mendapatkan tulang, bahan ini dapat kamu olah menjadi sajian enak dan juga praktis. Salah satunya yaitu sop sumsum tulang sapi yang akan bernutrisi dengan tambahan sayuran.

Selain enak, tulang sapi serta sumsumnya mempunyai manfaat sehat yang baik untuk kesehatan tubuh lho. Salah satunya yaitu berkontribusi dalam perbaikan serta regenerasi sel. Kandungan kalsium dalam sumsum tulang sapi ini juga lebih tinggi.

Cara Membuat Sop Sumsum Tulang Sapi di Jamin Enak dan Gurih

cara membuat sop sumsum tulang sapi

Bahan:

1 kg dengkul dan tulang sapi

250 g tetelan sapi

2 liter air

Bumbu:

2 sdm mentega tawar

50 g bawang bombay lalu cincang kasar

2 siung bawang putih, lalu memarkan

2 sdm kaldu ayam/jamur

1 sdt merica bubuk

1/2 sdt pala bubuk

2 sdt garam

Isian:

150 g wortel, kupas lalu potong kasar

500 g kentang, kupas lalu potong kasar

2 buah tomat, lalu potong-potong

1 batang daun bawang, lalu iris kasar

Cara membuat:

1. Pertama cuci bersih dengkul serta tulang sapi. Kemudian tiriskan.

2. Kemudian didihkan air di dalam panci. Setelah itu, masukkan dengkul dan tulang sapi beserta dengan tetelan dagingnya.

3. Masak dengan menggunakan api sedang saja sampai air perebus menyusut setengahnya dan sampai daging
tetelan empuk.

4. Angkatlah tulang sapi, bersihkanlah sisinya, keluarkan sumsum dari dalam tulangnya. Masukkanlah ke dalam rebusan kaldu dan tetelan.

5. Membuat bumbu: Lelehkan mentega, tumislah bawang bombay serta bawang putih hingga harum.
Angkat, lalu masukkan ke dalam rebusan kaldu.

6. Masak lagi kaldu ini dengan menggunakan api kecil saja sampai mendidih.

7. Tambahkan juga pala bubuk, kaldu bubuk, merica bubuk serta garam.

8. Masukkalah wortel, kentang dan tomat, masak sampai sayuran empuk.

9. Tambahkan juga daun bawang. Kemudian matikan api.

10. Sajikanlah sop tulang sapi ketika keadaan hangat dengan tambahan taburan bawang merah goreng.

Tips Mengolah Sumsun Sapi Supaya Enak

cara membuat sop sumsum tulang sapi

Sumsum tulang sapi adalah bagian yang lumayan digemari oleh banyak orang. Bagian sumsum ini memang terletak dalam tulang jadi proses pengolahannya juga lumayan sulit. Walau begitu, banyak orang yang tetap mencari-cari bagian sumsum tersebut.

Untuk kamu yang mungkin penasaran ingin mencoba mengolahnya sendiri dari rumah, berikut ini lima tips mengolah sumsum tulang sapi.

1. Pilih sumsum bagian tulang kaki sapi

Memang terdapat beberapa bagian dari tulang sapi yang mempunyai sumsum di dalamnya, tapi biasanya yang paling sering diambil yaitu di bagian kakinya.

Hal ini karena memang bagian tulang kaki ini dianggap mempunyai bentuk kaki yang paling vertikal. Selain itu, jumlah sumsumnya juga pastinya lebih banyak. Kamu bisa memperoleh banyak sumsum dari bagian kaki ini.

2. Potong-potong tulang menjadi ukuran lebih kecil

Disarankan untuk kamu supaya memotong tulang sekitar 5-10 cm sebelum diolah. Hal ini bertujuan untuk memudahkanmu ketika memperoleh sumsum.

Untuk memotong tulang kamu dapat dengan menggunakan mesin pemotong tulang dan daging beku, supaya prosesnya lebih mudah dan lebih cepat.

Selain untuk alasan kepraktisan, proses pemotongan ini dilakukan juga supaya kamu jadi lebih mudah ketika mengolahnya karena tidak begitu banyak mengambil tempat.

3. Ingin lebih praktis? Keluarkan sumsum dari tulang!

Kalau memang mengolah sumsum dan tulangnya cukup merepotkan untukmu, maka kamu bisa menggantinya dengan cara yang lebih praktis.

Cukup dengan keluarga sumsum dari dalam tulang yaitu dengan menggunakan pisau kecil. Pastikan kamu mengeluarkannya serapih serta sebersih mungkin.

4. Panggang sumsum sapi sebelum diolah menjadi sup

Kalau kamu ingin mengolah sumsum tulang sapi ini menjadi sup, maka kamu bisa memanggangnya dahulu selama kurang lebih 45-90 menit.

Lalu, kamu bisa merebusnya menggunakan panci yang besar. Tambahkan juga sedikit cuka supaya kandungan mineralnya meresap sempurna ke dalam kaldunya.

Pastikan juga posisi tulangnya vertikal, jangan sampai horizontal karena posisi ini akan membuat sumsumnya gampang tumpah.

5. Gunakan wadah tertutup untuk menyimpan sumsum tulang sapi

Kalau kamu tidak sedang buru-buru dalam mengolah sumsum tulang sapi, maka kamu bisa melegakannya ke dalam kulkas. Sebelum itu, pastikan juga untuk menggunakan wadah tertutup yang kedap udara terlebih dulu.

Jika kamu meletakannya dalam bagian kulkas biasa, maka akan bertahan selama sekitar 2-3 hari. Tapi, jika disimpan pada freezer, maka dapat bertahan selama dua bulan.

Pastinya tak sulit ya cara mengolah sop sumsum tulang sapi dan tipsnya yang tepat. Hasilnya juga sudah pasti akan lezat serta maksimal. Apakah kamu tertarik mencoba mengolahnya sendiri di rumah?

Related Posts